Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Menyantap Makanan dalam Porsi Kecil Tapi Sering

List Artikel
2 April 2021 | 2 Komentar

Kebiasaan makan orang selalu berbeda-beda, ada yang cenderung lebih suka sarapan dan ada yang tidak, ada yang suka makan dengan kerupuk dan sambal tapi ada juga yang tidak, ada yang suka makan dalam jumlah banyak sekaligus dan ada yang tidak. Orang-orang yang cenderung makan dalam porsi banyak sekaligus ini biasanya mereka telah disibukkan dengan beragam aktivitas sehingga merasa tidak sempat makan beberapa kali dalam sehari sehingga berujung pada makan 1-2 kali sehari saja. Padahal kita selalu dianjurkan untuk menyantap dalam porsi kecil tapi sering. Sebenarnya anjuran itu sangatlah benar karena ternyata ada beberapa manfaat menyantap makanan dalam porsi kecil tapi sering, yaitu:



Sumber: Pergikuliner.com


1. Menstabilkan dan Menurunkan Berat Badan

Manfaat menyantap makanan dalam porsi kecil tapi sering adalah bisa menstabilkan bahkan menurunkan berat badan.Hal ini dikarenakan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih stabil ketika kita menyantap makanan dalam porsi kecil. Jika metabolisme tubuh bagus dan stabil, maka berat badan bisa dikontrol dengan baik. Dengan menyantap makanan dalam porsi kecil, tandanya kita akan mengonsumsi lemak, karbohidrat, serta gula dalam jumlah terbatas. Jika kamu makan sekaligus dalam jumlah banyak, maka akan ada asupan lemak, gula, dan karbohidrat yang melonjak sehingga bisa mempengaruhi metabolisme tubuh dan berdampak pada mudah naiknya berat badan.


2. Mengendalikan Nafsu Makan yang Berlebihan

Salah satu cara untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan adalah dengan menyantap makanan dalam porsi kecil tapi sering. Orang yang makan dengan porsi kecil tapi sering akan dengan mudah mengendalikan nafsu makan karena mereka hanya makan dalam porsi kecil saja. Jika memiliki kebiasaan menyantap makanan dalam porsi besar, maka kita cenderung akan sulit mengendalikan nafsu makan karena merasa baru kenyang saat makan dalam porsi banyak tersebut.


3. Mencegah Berbagai Jenis Penyakit Kronis

Tahukah kamu kalau ternyata salah satu manfaat menyantap makanan dalam porsi kecil tapi sering adalah bisa mencegah beragam penyakit kronis, terutama penyakit jantung. Hal ini dikarenakan makan dalam porsi kecil membuat pengukuran asam lemak dalam darah bisa tetap stabil. Selain itu, menyantap makanan dalam jumlah kecil tapi sering juga dapat mencegah kadar kolesterol naik. Ketika makan dalam jumlah kecil, maka lonjakan gula darah bisa dihindari dan lemak yang masuk dalam tubuh juga bisa dikontrol dengan baik. Tentu saja dampaknya adalah bisa mencegah beberapa penyakit kronis dalam tubuh.


4. Membuat Tubuh Lebih Mudah Mencerna Makanan

Tubuh kita memiliki batasan tertentu dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jika tubuh mendapat asupan makanan dalam jumlah banyak, maka otomatis tubuh akan kesulitan untuk mencernanya karena sistem pencernaan terlalu penuh. Lain halnya jika kamu makan dalam porsi kecil, maka tubuh bisa memproses makanan dengan baik karena kinerja sistem metabolisme tubuh juga bisa bekerja lebih maksimal.

 

5. Membuat Nutrisi Bisa Lebih Diserap oleh Tubuh

Manfaat menyantap makanan dalam porsi kecil tapi sering yang terakhir ini ada kaitannya dengan poin manfaat sebelumnya. Berhubung tubuh lebih mudah mencerna makanan, maka pastinya nutrisi yang ada pada makanan bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Alhasil, tubuh bisa mendapatkan nutrisi yang lebih maksimal.

 

Itulah beberapa manfaat menyabtap makanan dalam porsi kecil tapi sering. Kamu bisa melakukannya mulai dari sekarang sehingga manfaat menyantap makanan dalam porsi kecil tapi sering bisa didapat lebih maksimal. 

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Nidcielo

Foto Nidcielo
Foto Nidcielo
Foto Nidcielo

Noble by Zab Thai

Foto Noble by Zab Thai
Foto Noble by Zab Thai
Foto Noble by Zab Thai

Supergrain

Foto Supergrain
Foto Supergrain
Foto Supergrain

Golden Sense International Restaurant

Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
chqjvLUMFo
pectileax@gmail.com | 02 Apr 2021 pk. 10:54 AM
Foto user umum
cWbCuiZBePzqI
pectileax@gmail.com | 02 Apr 2021 pk. 10:54 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?