Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Croissant yang Pastinya Enak Banget Disantap

List Artikel
1 April 2021 | 0 Komentar

Siapa yang tak kenal croissant? Croissant adalah salah satu jenis pastry yang sangat populer di Indonesia. Croissant memiliki bentuk yang unik karena berbentuk bulan sabit sehingga berbeda dari bentuk pastry kebanyakan. Selain itu, aromanya sangat wangi karena dibuat dari campuran mentega. Ditambah lagi tekstur dari croissant yang renyah pada bagian luar tapi lembut pada bagian dalamnya ini bisa membuat siapa saja ketagihan. Croissant asal Perancis ini selain bisa kita jumpai di toko roti juga bisa kita temukan di kedai kopi dan kafe karena croissant banyak dipesan sebagai menu pendamping minum kopi atau teh. Croissant pada dasarnya bisa disantap begitu saja atau dioles mentega agar lebih wangi. Croissant juga bisa disantap dengan cocolan aneka saus seperti saus cokelat, keju, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu kalau croissant bisa dinikmati dengan cara lain karena pastry ini bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat seperti yang ada di bawah ini!


1. Croissant Sandwich



Sumber: Pergikuliner.com


Olahan croissant yang pertama adalah croissant sandwich. Olahan croissant ini bisa dikatakan paling terkenal jika dibandingkan olahan croissant lainnya. Croissant sandwich merupakan croissant yang dijadikan sebagai roti sandwich. Sandwich biasanya menggunakan jenis roti tawar, tapi kamu juga bisa menggunakan croissant sehingga teksturnya jadi berbeda. Untuk isiannya sebenarnya sama saja dengan isian sandwich roti tawar biasanya yakni smoked beef, irisan dada ayam panggang, keju lembaran, daun selada, tomat, dan lain sebagainya. Croissant sandwich bisa kamu jumpai di kafe atau coffee shop karena cocok disantap sebagai menu brunch.

 

2. Croissant Casserol



Sumber: Halfbakedharvest.com


Casserol adalah kuliner khas Inggris yang dimasak dengan cara dipanggang. Casserol ini bisa terbuat dari bahan apa saja, seperti pasta, sayuran, buah, daging sapi, daging ayam, ikan, hingga pastry seperti croissant. Penggunaan croissant dalam casserol akan membuat kuliner ini punya tekstur yang lebih renyah pada bagian luarnya serta ada tambahan rasa gurih asin karena campuran mentega dalam croissant. Kamu bisa membuat croissant casserol dengan campuran keju, daging, brokoli, atau kentang di dalamnya.

 

3. Croffel



Sumber: Abangbakery.co.id


Olahan croissant berikutnya adalah croffel yang merupakan perpaduan antara kuliner waffel dan croissant. Ada dua cara yang biasanya digunakan untuk membuat croffel ini. Cara pertama adalah kamu memasukkan adonan pastry croissant ke dalam cetakan waffel dan memanggangnya. Sedangkan cara kedua lebih praktis karena kamu bisa membeli croissant yang sudah jadi lalu meletakkannya dalam cetakan waffel dan memanggangnya. Setelah dipanggang, tambahan aneka topping di atasnya seperti madu, lelehan cokelat, hingga irisan buah-buahan segar.


4. Tacros



Sumber: Twimg.com


Tacros adalah salah satu olahan croissant yang di Indonesia mungkin belum terlalu familiar. Tacros adalah kuliner taco yang dibuat dari croissant. Jadi kalau biasanya taco dibuat dengan kulit tortilla, sekarang kamu bisa menggantinya dengan croissant. Untuk membuatnya sangatlah mudah. Kamu tinggal menyiapkan croissant, lalu belah tengahnya dan isi dengan isian taco pada umumnya seperti daging cincang, telur, tomat, daun selada, dan lain sebagainya.


5. Croisant Puding



Sumber: Static.onecms.io


Tak hanya roti saja yang bisa dijadikan puding, croissant juga bisa dijadikan puding lezat untuk kamu konsumsi sebagai dessert atau makan malam. Olahan croissant ini bisa menggunakan bahan-bahan puding kesukaanmu. Kamu bisa membuat croissant puding cokelat, strawberry, hingga vanilla. Jika ingin puding panas, kamu tinggal memanggangnya, tapi kalau lebih suka puding dingin, kamu bisa membekukannya di kulkas. Sebelum dijadikam puding, sebaiknya kamu memotong-motong atau menyobek-nyobek croissant terlebih dahulu agar bisa menyatu sempurna dengan adonan puding.

 

Itulah beberapa olahan croissant yang pastinya enak banget. Terlihat enak-enak bukan? Dari kelimanya, manakah yang paling kamu suka? Nah, kalau teman kuliner lagi ngidam banget makan croissant, di bawah ini ada rekomendasi tempat membeli croissant yang bisa kamu datangi. 

Mardin Baklava Patisserie

Foto Mardin Baklava Patisserie
Foto Mardin Baklava Patisserie
Foto Mardin Baklava Patisserie

Social Affair Coffee & Baked House

Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Becca's Bakehouse

Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse

Olive Tree House of Croissants

Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?