Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Sehat Minum Kopi, Ini Caranya!

List Artikel
10 Januari 2021 | 1 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman terfavorit di dunia. Kopi pertama kali ditemukan bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu. Kopi kemudian terus menyebar dan berkembang sehingga bisa dengan mudah kamu temukan di belahan dunia manapun. Meski menjadi minuman favorit, tapi tak semua orang bisa menyeruput kopi karena kandungan kafein yang tinggi. Meski kopi memiliki banyak manfaat, tapi sebagian orang selalu merasa bersalah setelah menyeruput kopi karena mereka justru takut kopi akan berdampak buruk bagi kesehatan mereka. Tapi sekarang kamu tak perlu khawatir lagi karena kopi bisa diminum dengan cara yang sehat seperti di bawah ini kok!




Sumber: Pergikuliner.com


1. Memberi Jeda Saat Minum Kopi

Kopi memang bisa bikin kamu ketagihan, jadi tak heran jika kamu bisa menghabiskan dua hingga tiga cangkir kopi sekali minum. Sebaiknya kamu memberi jeda terlebih dahulu setelah menghabiskan cangkir pertama sebelum lanjut ke cangkir kedua. Di antara jeda tersebut, kamu bisa meminum air putih untuk menghilangkan efek diuretik yang bisa memicu seringnya buang air kecil. Minum air putih setelah minum kopi juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang setelah buang air kecil.

 

2. Waktu yang Tepat Minum Kopi

Biasanya orang minum kopi di pagi hari saat mereka bangun tidur. Saat bangun tidur, tubuh cenderung memiliki tingkat koriston yang sangat tinggi, sehingga kafein tidak disarankan. Minumlah kopi 3-4 jam setelah bangun tidur. Selain waktu tersebut, meminum kopi sebelum tidur siang sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan produktivitas yang baik setelah kamu bangun tidur nanti. Minum kopi sebelum berolahraga juga sangat baik bagi tubuh karena kafein yang terkandung dalam kopi mampu meningkatkan energi dengan menggunakan lemak sebagai bahan bakarnya.

 

3. Jangan Minum Kopi Sambil Makan

Meminum kopi sambil makan berat tidaklah dianjurkan. Makanan berat yang dimaksud adalah makanan yang memiliki tingkat karbohidrat serta protein yang tinggi seperti nasi, daging, dan lain sebagainya. Hal ini bisa membuat tubuh kamu tidak bisa menyerap nutrisi yang ada pada makanan yang kamu santap. Sebaiknya minumlah kopi satu hingga dua jam setelah makan untuk menghilangkan rasa kantuk akibat kekenyangan.

 

4. Kopi dan Campurannya

Apa saja sih campuran yang biasa dicampurkan dalam secangkir kopi? Cream, gula, hingga susu sudah menjadi hal yang biasa dicampurkan dalam kopi. Tapi tahukah kamu kalau gula bisa mengurangi khasiat serta manfaat utama kopi. Cobalah mengganti gula yang biasa kamu campurkan dengan madu agar lebih sehat. Jika ingin menambahkan susu, kamu bisa menggunakan susu dari tumbuhan alami seperti susu almond atau susu kedelai agar lebih sehat.   


Itu dia beberapa tips sehat minum kopi yang bisa teman kuliner ikuti tipsnya sebelum atau ketika berburu kop nanti. Kali ini PergiKuliner juga akan merekomendasikan lima coffee shop yang bisa kamu tuju untuk lokasi perburuan kopi kamu pekan ini ya. Selain bisa beruru kopi enak di tempat yang lucu dan nyaman, kamu juga bisa mengumpulkan stamp berburu kopi ditempat-tempat ini loh. Untuk informasi mengenai PergiKuliner Berburu Kopi & Minuman Kekinian selengkapnya bisa cek di sini!

Kullerfull Coffee

Foto Kullerfull Coffee
Foto Kullerfull Coffee
Foto Kullerfull Coffee

Norte Coffee

Foto Norte Coffee
Foto Norte Coffee
Foto Norte Coffee

Coffee Zen

Foto Coffee Zen
Foto Coffee Zen
Foto Coffee Zen

Chief Coffee

Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee

Lemari Kopi

Foto Lemari Kopi
Foto Lemari Kopi
Foto Lemari Kopi

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Saya suka minum kopi hitam untuk mengusir kantuk, jadi tiap hari minum kopi hitam, belum lama setelah kerja kenal shift malam, terimakasih...
fitriumisangadah@gmail.com | 18 Jan 2021 pk. 05:21 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?