Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ups, Tahu Kupat dan Kupat Tahu Ternyata Berbeda Lho!

List Artikel
17 Juli 2019 | 0 Komentar
Indonesia memang dikenal akan kekayaan ragam kulinernya. Rasanya jika kita membahas tentang kuliner Indonesia tak akan ada habisnya. Coba saja kamu bayangkan dan hitung sendiri, kira-kira jika ditotal ada berapa jumlah kuliner Indonesia seluruhnya. Sepertinya bisa mencapai ratusan lebih. Hal ini dikarenakan masing-masing daerah yang ada di Indonesia memiliki kuliner yang khas dan tidak dimiliki daerah lain. Meskipun ada yang sedikit mirip secara tampilan maupun namanya, tapi sudah pasti cita rasanya akan jauh berbeda. Salah satu kuliner yang seringkali salah dikenali adalah tahu kupat dan kupat tahu. Kedua jenis kuliner ini memang hanya terbalik namanya saja sehingga tak sedikit orang yang salah mengenalinya. Padahal sebenarnya kedua kuliner ini memiliki perbedaan, baik itu dari segi asalnya, bahan pembuatnya dan pasti cita rasanya. Buat kamu yang belum tahu apa itu perbedaan dari tahu kupat dan kupat tahu, PergiKuliner akan memberitahukannya padamu ya!

 

Kupat Tahu


Sumber : Beritagar.id


Kupat tahu merupakan kuliner yang asalnya dari Magelang, Jawa Tengah. Kupat tahu bisa kamu temukan dengan mudah dipedagang kaki lima gerobak yang ada di kota Magelang, baik itu pada saat pagi hari hingga malam hari. Kupat tahu ini dibuat dari bahan dasar utama ketupat, tahu yang digoreng, kol, tauge dan bakwan. Biasanya kol yang disajikan ini sudah digoreng terlebih dahulu sehingga cita rasanya bisa menjadi lebih gurih. Sementara untuk saus siramannya terbuat dari bumbu kacang dan bawang yang digepuk bersama dengan gula jawa dan kecap serta diberi kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar. Cita rasanya akan semakin lezat karena ada tambahan taburan bawang goreng dan juga daun seledri di atasnya. Jika ingin mudah mengenalinya, biasanya kupat tahu ini kebanyakan menggunakan jenis tahu kuning.

 

Tahu Kupat


Sumber : Travelingyuk.com


Tahu kupat memang hanya kebalikan nama dari kupat tahu. Tapi kedua kuliner ini rasanya berbeda. Tahu kupat merupakan kuliner yang bisa dengan mudah kamu jumpai di Solo, Jawa Tengah karena memang tahu kupat adalah kuliner khas kota Solo. Sekilas tahu kupat memang terlihat sama dengan kupat tahu karena sama-sama menggunakan bahan utama ketupat, tahu, tauge, kol dan bakwan. Hanya saja pada tahu kupat ada tambahan mie kuning di dalamnya. Ciri khas lainnya yang membedakan tahu kupat dengan kupat adalah tahu yang digunakan ini merupakan jenis tahu putih yang digoreng kering hingga bagian luarnya kecoklatan. Selain itu, saus siramannya juga berbeda. Kuah siraman tahu kupat terbuat dari kecap, bawang putih dan gula merah sehingga terlihat lebih encer. Sedangkan untuk bahan taburannya ada kacang tanah goreng yang utuh dan irisan daun seledri. Untuk perbedaan cita rasanya, berhubung kupat tahu menggunakan bumbu saus kacang, maka cita rasanya lebih creamy. Berbeda dengan tahu kupat yang cita rasanya lebih segar.

 

Nah, itulah perbedaan dari kupat tahu dan juga tahu kupat. Kini kamu sudah mengerti kan? Sekarang mari simak dulu yuk beberapa restoran dengan aneka masakan Indonesia berikut ini!

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?