Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wah, Ternyata Ini Loh Manfaat Menyantap Makanan yang Dikukus

List Artikel
31 Maret 2017 | 0 Komentar

Ada berbagai macam teknik memasak di dunia kuliner seperti menggoreng, membakar, memanggang, merebus, dan mengukus. Dari sekian banyak teknik memasak tersebut, menurut para ahli kesehatan, teknik memasak yang paling baik untuk tubuh adalah mengukus. Makanan yang digoreng memiliki kadar lemak yang cukup tinggi sedangkan makanan yang dibakar rentan dengan penyakit kanker, sementara makanan yang dipanggang dan direbus bisa mengurangi kadar nutrisinya. Sejak ribuan tahun yang lalu, teknik mengukus ini sudah digunakan untuk mematangkan makanan. Buat kamu yang masih meragukan kesehatan makanan yang dikukus ini, kamu bisa simak manfaatnya di bawah ini!




Sumber: pergikuliner.com

 

1. Kadar Nutrisi Lebih Terjaga

Dengan mengukus makanan, kadar nutrisi suatu makanan jadi lebih terjaga. Meski teknik mengukus dan merebus sama-sama sehat, tapi memasak dengan cara direbus akan mengurangi kadar nutrisi suatu makanan. Contohnya saja brokoli yang direbus, kadar vitamin C nya hanya tersisa 30% saja, sedangkan jika dikukus, kadar vitamin C nya masih tersisa sebanyak 81%. Begitu juga dengan kandungan nutrisi yang lainnya.

 

2. Tekstur dan Warna Makanan Tidak Berubah

Mengukus makanan seperti daging dan sayuran tidak akan merubah tekstur makanan karena ada banyak sayuran yang bentuk aslinya berubah setelah dimasak, tentunya hal ini bisa menghilangkan nafsu makan kita. Warna makanan yang dikukus juga terlihat lebih cerah sehingga bisa menambah selera atau nafsu makan kamu.

 

3. Semua Makanan Bisa Dikukus

Hampir semua makanan bisa kamu olah dengan cara dikukus, mulai dari sayuran, daging ayam, daging sapi, hingga daging ikan. Kamu bisa mengkreasikan makanan apa saja dengan cara dikukus dengan hanya menambahkan sedikit garam untuk citarasa yang lebih gurih. Selain makanan utama, masih ada aneka dessert manis yang dimasak dengan cara dikukus seperti puding roti, hingga jajanan tradisional.

 

4. Terhindar dari Berbagai Macam Penyakit

Mengukus makanan bisa membuat tubuh kamu lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kanker, kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga obesitas. Makanan yang dikukus sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang sakit, dalam masa pemulihan setelah sakit, dan juga pas untuk menu diet sehat kamu. 


Kamu jadi berminat untuk mengkonsumsi makanan yang di kukus? Coba ke restoran-restoran di bawah ini yuk!

48 DimSum Place

Foto 48 DimSum Place
Foto 48 DimSum Place
Foto 48 DimSum Place

Imperial Kitchen & Dimsum

Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum
Foto Imperial Kitchen & Dimsum

Dragon Flames

Foto Dragon Flames
Foto Dragon Flames
Foto Dragon Flames

The Seafood Tower

Foto The Seafood Tower
Foto The Seafood Tower
Foto The Seafood Tower

Bakpau A Satu

Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu
Foto Bakpau A Satu

Mau tau lebih banyak tentang tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek PergiKuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?