Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow, Ketahui Umur Telur Mentah Hanya dengan Segelas Air

List Artikel
2 Juli 2019 | 0 Komentar
Telur merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan dalam dunia kuliner. Ada beberapa alasan yang membuat telur sangat disukai, pertama adalah karena cita rasanya yang lezat dan unik, kedua adalah karena bisa diolah menjadi beragam jenis makanan, dan yang ketiga adalah karena kandungan gizinya sangat tinggi, terutama kadar proteinnya. Inilah yang menyebabkan telur sangat disukai oleh masyarakat banyak. Berhubung sangat banyak digunakan dalam dunia kuliner, baik itu disantap dalam keadaan matang maupun mentah, telur yang memiliki cita rasa yang lezat adalah telur yang masih segar. Lantas bagaimana cara mengetahuinya? Coba kamu cek cara mengetahui umur telur mentah cukup dengan segelas air yang ada di rumahmu. Siapkan terlebih dahulu segelas air dan telur mentah. Jika sudah, masukkan telur dan lihatlah reaksi dari telur tersebut.

 Sumber : Bloomberg.com


Telur yang Masih Muda Akan Tenggelam ke Dasar Air dalam Posisi Seimbang
Jika telur yang kamu masukkan akan langsung tenggelam ke dasar air atau dasar gelas, maka telur tersebut usianya masih sangat muda. Hal ini dikarenakan udara dalam telur sangat kecil sehingga udara bisa dengan mudah masuk melalui pori-pori cangkang telur. Semakin besar kantung udara dalam telur, semakin ringan telur tersebut. Inilah sebabnya kenapa telur yang masih segar akan terasa lebih berat dibanding telur yang berusia lama.

Telur Berusia Satu Mingguan Akan Tetap Tenggelam dengan Bagian yang Sedikit Terangkat
Jika telur tersebut tetap tenggelam tapi ada bagiannya yang terangkat atau sedikit mengambang, maka udara perlahan sudah mulai masuk. Dan tentu saja hal tersebut menandakan kalau kantung udara dalam telur mulai membesar dan usia telur sudah mulai terus bertambah lama.

Telur Berusia 2 Mingguan, Bagian Telur yang Runcing Akan Mengarah ke Bawah
Jika usia telur tersebut sudah memasuki usia 2 mingguan lebih, maka telur akan mulai kehilangan kesegarannya. Pada usia telur sekitar 2 mingguan, maka bagian ujung telur yang lebih runcing akan mengarah ke bawah karena udara semakin banyak masuk dan pada bagian yang lebih runcing tersebut yang memiliki udara sedikit.

Telur Berusia 3 Mingguan, Posisinya Berada di Antara Dasar dan Permukaan Air
Untuk telur yang usianya sudah 3 mingguan, maka posisi telur jika dimasukkan dalam segelas air adalah posisi telur akan berada di tengah-tengah alias antara bagian dasar air dan permukaan air atau yang bisa dikatakan mengambang. Ini merupakan pertanda telur sudah mulai tidak bagus karena kondisi telur sudah tidak segar lagi. Kamu juga bisa mengeceknya lagi dengan menggoyang-goyangkan telur, jika terdengar bunyi cairan, maka telur tersebut tidaklah layak untuk dikonsumsi karena kantung udara di dalamnya sudah membesar sehingga tidak enak lagi jika dikonsumsi.

Telur yang Sudah Tua Akan Mengambang di Permukaan Air
Nah, kalau telur yang kamu masukkan dalam segelas air langsung mengambang ke atas permukaan, maka tandanya telur sudah benar-benar tidak layak dimakan atau dikonsumsi. Coba saja kamu pecahkan telurnya, biasanya bagian kuning tekur akan tidak padat dan langsung melebar. Baunya juga pasti berbeda.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mudah mengetahui umur telur mentah dengan segelas air? Mudah-mudahan kamu tidak akan terkecoh lagi ya! Sekarang mari kita simak aneka makanan yang menggunakan telur sebagai pelengkap mereka yuk!

Spumante

Foto Spumante
Foto Spumante

Salty Sam

Foto Salty Sam
Foto Salty Sam

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Beatrice Quarters

Foto Beatrice Quarters
Foto Beatrice Quarters
Foto Beatrice Quarters

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?