Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia Alasan Mengapa Selera Makan Orang Berbeda-beda!

List Artikel
15 Januari 2020 | 0 Komentar

Kamu merupakan seorang pecinta kuliner? Pernah tidak ketika kamu kulineran bersama dengan teman-teman, lantas ada salah satu temanmu yang merasa kalau makanan yang disajikan terlalu asin atau kurang garam. Padahal kamu sendiri tidak merasa ada yang aneh dari makanan tersebut alias tidak keasinan atau kurang garam dan merasa kalau cita rasanya pas sesuai dengan seleramu. Hal seperti ini seringkali terjadi pada seseorang. Inilah yang dinamakan selera makan yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap suatu rasa dan ada yang tidak sehingga meski disajikan makanan yang sama, belum tentu cita rasa yang dirasakan bisa sama persis. Lantas kenapa hal seperti ini bisa terjadi? Nah, coba kita ungkap alasan ilmiahnya!



Sumber : Pergikuliner.com


Alasan yang pertama adalah karena ternyata selera makan ini berbeda diakibatkan dari jumlah papila pada lidah manusia yang berbeda-beda. Papila ini sendiri adalah titik-titik pada lidah yang fungsinya sebagai reseptor rasa. Rasa sendiri memiliki lima bagian, yakni rasa asam, manis, pahit, asin dan gurih. Perbedaan dari jumlah papila ini yang menjadikan masing-masing orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap suatu rasa pada satu makanan. Secara umum, lidah seseorang akan terbagi menjadi dua jika dilihat dari jumlah papilanya, yakni supertaster dan subtaster. Supertaster adalah seseorang yang memiliki lidah super sensitif sehingga mereka bisa dengan mudah mengenali berbagai rasa pada makanan atau minuman tersebut. Misalkan, baru mencecapnya sedikit saja sudah bisa merasakan apakah kuliner tersebut memiliki rasa manis, asin, gurih, asam, atau pahit.



Sumber : Pergikuliner.com

 

Kebalikannya dari supertaster, untuk subtaster adalah orang yang lidahnya tidak terlalu sensitif terhadap suatu rasa. Hanya saja, biasanya untuk orang subtaster ini justru lebih sensitif terhadap rasa pedas. Jadi ketika ia menyantap makanan yang pedas sedikit saja, maka lidahnya langsung kebas dan banjir keringat. Selain karena jumpah papilanya, ada alasan lain yang juga menjadikan selera makan orang berbeda-beda yakni karena faktor genetik dan selera makan ibu. Saat masih berada dalam kandungan, asupan makanan yang disantap oleh ibu hamil ternyata bisa mempengaruhi selera makan bayi dan hal itu akan berlanjut hingga mereka besar dan dewasa. Selain itu, kebiasaan makan yang dimiliki oleh ibu juga bisa mempengaruhi selera makan anaknya.



Sumber : Pergikuliner.com

 

Misalkan saja, masakan di rumahmu kebanyakan adalah makanan yang gurih dan asin, maka kamu akan terbiasa merasakan cita rasa gurih tersebut dan saat menyantap makanan di restoran atau rumah makan yang cita rasanya tidak terlalu gurih, maka kamu akan merasa ada yang kurang. Inilah yang dinamakan selera makan yang diakibatkan oleh faktor kebiasaan seseorang.


Nah, itulah beberapa alasan mengapa selera makan orang bisa berbeda-beda, sekarang kamu sudah paham kan? Meski seleranya berbeda, tapi tetap saja kamu termasuk orang yang gemar makan bukan? Oleh karena itu, mari mampir dulu yuk ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini!

Ayam Gepuk Pak Gembus

Foto Ayam Gepuk Pak Gembus
Foto Ayam Gepuk Pak Gembus
Foto Ayam Gepuk Pak Gembus

Babi Guling Ko Made

Foto Babi Guling Ko Made
Foto Babi Guling Ko Made
Foto Babi Guling Ko Made

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?