Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk, Intip Cara Berbuka Puasa yang Baik dan Benar!

List Artikel
10 Mei 2019 | 0 Komentar

Bulan Suci Ramadan pastinya menjadi momen yang paling dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Momen dimana umat muslim bersama-sama menahan amarah, rasa haus, dan lapar. Selain mendapatkan pahala karena sudah menjalankan kewajiban sebagai umat muslim, puasa juga dapat membantumu menurunkan berat badan asal dilakukan dengan benar. Tapi nggak jarang berat badanmu malah naik. Kenapa bisa gitu?



Sumber : Honestdocs.id


1. Balas dendam. Seharian melewati hari yang melelahkan sekaligus menahan rasa haus dan lapar, sering kali kamu membayangkan minuman yang manis dan segar serta makanan yang berminyak, berkolesterol tinggi, dan berlemak. Saat waktu berbuka tiba, kamu pun melampiaskan semua itu dengan langsung mengkonsumsi makanan-makanan tadi dalam jumlah berlebih.


2. Pengurangan aktivitas. Selama berpuasa, kebanyakan orang termasuk kamu malas bergerak karena takut mengeluarkan tenaga yang akhirnya dapat menimbulkan rasa lapar. Selama sehari penuh, kamu pun hanya tidur dan bermalas-malasan sampai waktu berbuka tiba. Saat berbuka pun kamu makan dalam jumlah yang banyak. Udah makannya banyak, jarang beraktifitas pula, akhirnya jadi kegemukan.

 

Nah, agar kamu nggak kegemukan saat puasa, berpuasalah dengan cara yang baik dan benar. Gimana tuh?


1. Berbuka dengan yang manis

Memang benar bahwa selama berpuasa tubuh akan kehilangan banyak energi. Oleh sebab itu, kamu perlu mengkonsumsi gula agar asupan energi tetap terjaga. Tapi inget, konsumsilah dalam jumlah yang tepat dan jangan kebanyakan. Pilih juga gula yang alami, misalnya yang terbuat dari buah-buahan.


2. Hindari minuman dingin

Minuman yang terlalu dingin dalam jumlah yang berlebih dapat mengganggu penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh dan dapat menghilangkan keinginanmu untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Untuk melepas dahaga setelah seharian berpuasa, konsumsilah air kelapa. Kenapa? Ternyata air kelapa mengandung cairan elektrolit yang dapat menggantikan cairan elektrolit di dalam tubuhmu yang hilang selama berpuasa.


3. Jangan langsung makan makanan berat

Tahanlah keiinginan untuk langsung mengkonsumsi semua makanan yang terbayang di pikiranmu saat menanti waktu berbuka puasa. Lambung perlu penyesuaian setelah kosong dalam jangka waktu yang lama. Berilah lambungmu jeda waktu sekitar 30 menit setelah berbuka dengan yang manis. Konsumsilah makanan berat dengan porsi secukupnya dan jangan terlalu berminyak karena dapat memicu rasa kantukmu dengan cepat.


4. Makanlah dengan pelan-pelan

Otak membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang. Makan terburu-buru bisa membuatmu makan dalam porsi yang lebih banyak daripada bisanya. Maka dari itu, makanlah secara perlahan agar tubuhmu memiliki waktu untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.


Nah, sudah tau kan tipsnya? Dan buat kamu yang kebetulan lagi cari tempat untuk bukber, bisa langsung lihat daftarnya di bawah ini atau lihat fitur tema "Mari Berbuka" dari PergiKuliner ya!

Kembang Tandjoeng

Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng

Ajwad Restaurant

Foto Ajwad Restaurant
Foto Ajwad Restaurant
Foto Ajwad Restaurant

Amertha Warung Coffee

Foto Amertha Warung Coffee
Foto Amertha Warung Coffee
Foto Amertha Warung Coffee

Canting Restaurant - Teraskita Hotel managed by Dafam

Foto Canting Restaurant - Teraskita Hotel managed by Dafam
Foto Canting Restaurant - Teraskita Hotel managed by Dafam
Foto Canting Restaurant - Teraskita Hotel managed by Dafam

Warung Turki

Foto Warung Turki
Foto Warung Turki
Foto Warung Turki

Nah, itu tadi tips biar berat badanmu nggak bertambah drastis selama bulan puasa. Kamu nggak perlu takut baju lebaranmu akan kekecilan!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?