Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk, Kenalan dengan 7 Olahan Mangga dari Berbagai Negara

List Artikel
3 November 2016 | 0 Komentar

Siapa suka mangga? Mangga merupakan buah dengan rasa manis asam yang hanya tumbuh di negara tropis. Meski hanya bisa tumbuh di iklim tropis, buah ini sangat populer di berbagai negara. Beberapa ada yang menjadikannya sebagai campuran menu dessert, bahan pelengkap masakan, hingga sebagai campuran minuman. Untuk kamu penyuka mangga, simak ulasan tujuh olahan mangga dari berbagai negara berikut ini:



1. Mango Sticky Rice



Sumber: pergikuliner.com


Di urutan pertama, ada mango sticky rice atau khao niao mamuang yang berasal dari Thailand. Dessert mangga yang satu ini memang paling terkenal dan bisa kamu temui hampir di seluruh restoran Thailand. Sesuai dengan namanya, mango sticky rice menyajikan mangga dengan ketan manis yang disiram dengan santan kental. Rasa asam, manis, dan gurih yang menjadi satu membuat kuliner ini terasa sangat nikmat disantap sebagai dessert pencuci mulut.



2. Mango Mousse



Sumber: pinterest.com


Yunani dikenal dengan kelezatan yoghurt-nya. Setelah merasakan rasa mangga yang asam manis, orang-orang Yunani pun menggabungkan yoghurt khas negaranya dengan mangga menjadi dessert yang paling disukai di Yunani. Mango mousse terbuat dari yoghurt vanilla, buah mangga yang dihaluskan, krim kental, gula, serta gelatin yang dicampur menjadi satu lalu didinginkan dalam kulkas sebelum disajikan.

 


3. Salsa de Mango



Sumber: laylita.com


Di Meksiko, mangga sering dijadikan saus salsa sebagai pendamping taco, nachos, hingga quesadillas. Biasanya penggunaan mangga ini menggantikan buah tomat karena sama-sama mempunyai rasa manis asam. Buah mangga yang sudah dipotong kotak-kotak kecil dicampur dengan jalapeno, bawang bombay, paprika, garam, daun ketumbar, dan perasan jeruk lemon.



4. Mango Kulfi



Sumber: experenceofagastronomad.com


Mangga sangat identik dengan sesuatu yang segar. Di India, mangga diolah menjadi kulfi. Sekilas kulfi mirip es popbar, namun kulfi lebih padat karena terbuat dari jus buah mangga asli yang tidak menggunakan air sama sekali. Jus mangga tersebut lalu dicampur dengan susu kental atau yoghurt lalu dibekukan dalam kulkas. Kulfi biasa disajikan dengan taburan kacang sangrai cincang di atasnya.



5. Aam Ki Chutney



Sumber: thesecretingredient.com


Masih di negara India yang ternyata tak hanya membuat mangga jadi dessert saja lho! Ada satu olahan mangga lainnya yang sangat terkenal di India, yakni aam ki chutney. Berbeda dengan kulfi, aam ki chutney ini merupakan saus mangga yang digunakan untuk pelengkap makanan India seperti dosa, papadam, hingga paratha. Aam ki chutney terbuat dari mangga yang dicampur dengan gula, bubuk cabai, ketumbar, serta aneka bumbu rempah lainnya.



6. Mango Jerk Wings



Sumber: grandbaby-cakes.com


Di Amerika, mangga dijadikan tambahan bumbu masakan ayam panggang. Manggo jerk wings merupakan sayap ayam yang dimarinate dengan buah mangga yang dihaluskan lalu ditambah dengan perasan lemon, bawang bombay, bawang putih, jahe, kayu manis, serta garam lalu kemudian dipanggang dalam oven hingga matang dan crispy.  



7. Dodol Mangga



Sumber: doomangberdasi.blogspot.com


Berbicara mangga pasti tak akan lepas dari daerah Indramayu yang menjadi kota penghasil mangga terbesar di Indonesia. Mangga Indramayu memiliki rasa yang lebih manis dibanding dengan jenis mangga Indonesia lainnya. Hal itulah yang menjadikan masyarakat Indramayu menjadikan mangga ini sebagai bahan dasar dodol yang menjadi oleh-oleh khas Indramayu.


Honey Bean

Foto Honey Bean
Foto Honey Bean

Sweet Hut

Foto Sweet Hut
Foto Sweet Hut

Thai Alley

Foto Thai Alley

Jittlada Restaurant

Foto Jittlada Restaurant

White Elephant

Foto White Elephant

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?