Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

3 Tips Memilih Buah Segar yang Tepat Sesuai Waktu Makan

List Artikel
4 November 2016 | 0 Komentar

Sebagian besar, orang menyantap buah setelah makan atau sebagai makanan penutup. Tapi tahukah kamu kalau waktu terbaik untuk menyantap buah adalah pada saat perut kamu kosong? Buah paling baik disantap sebelum makan, tanpa campuran apapun karena buah cepat dicerna oleh tubuh. Ketika kamu mengonsumsi buah dalam keadaan perut kosong, nutrisi dan vitamin yang ada pada buah bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Sebaliknya, jika kamu menyantap buah setelah makan, perut akan mencerna makanan tersebut terlebih dahulu dan buah harus mengantri untuk dicerna. Padahal buah yang tak langsung dicerna bisa mengalami pembusukan dan fermentasi dalam sistem pencernaan sehingga nutrisi dan vitaminnya tak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Menyantap buah setelah makan juga dapat mengakibatkan rasa kembung dan begah. Waktu yang tepat untuk menyantap buah adalah satu jam sebelum makan dan dua jam setelah makan. Selain itu, pemilihan jenis buah juga harus tepat agar nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tetap terpenuhi. Berikut ada tiga tips memilih buah segar yang tepat sesuai dengan waktu makan. Yuk, simak!



1. Waktu Sarapan



Sumber: everythingerica.com


Ada beberapa jenis buah yang cocok untuk dijadikan santapan sebelum sarapan yakni alpukat, pisang, dan jeruk Bali. Jeruk Bali memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi sekitar 59 persen perbuahnya. Tingginya kadar vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh kamu. Tapi jika kamu sedang mengonsumsi obat-obatan, maka kamu lebih baik menyantap pisang atau alpukat. Kedua buah ini kaya akan kandungan serat sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan memberi energi tambahan tanpa membuat kamu mengantuk.  


2. Waktu Makan Siang


Sumber: tablespoon.com


Buah terbaik yang bisa kamu santap sebelum makan siang adalah buah yang memiliki kandungan serat tinggi dan kadar air yang cukup. Misalnya adalah buah pir, apel, beri, kiwi, dan juga mangga. Jika saat sarapan, kamu disarankan untuk memakan buah secara utuh, saat makan siang kamu bisa menjadikan buah tersebut sebagai salad buah dengan campuran yoghurt tawar dan bubuk kayu manis agar lebih beraroma.



3. Waktu Makan Malam



Sumber: natashakitchen.com


Buat kamu yang tak ingin makan malam, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah-buahan saja. Perpaduan buah yang kaya serat dan mineral adalah pilihan yang tepat seperti alpukat yang dicampur dengan mentimun dan tomat. Kamu bisa menjadikannya sebagai salad dengan tambahan minyak zaitun, garam, dan lada.


Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Karai Canteen

Foto Karai Canteen
Foto Karai Canteen

SNCTRY & Co

Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co

El Greco

Foto El Greco
Foto El Greco

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?