Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Yuk, Lihat Bahan Pengawet Alami untuk Makanan yang Aman Bagi Tubuh

List Artikel
16 Desember 2017 | 0 Komentar

Menggunakan pengawet pada makanan sudah bukan hal yang asing lagi dilakukan oleh para pembuat makanan. Kebanyakan bahan pengawet bisa kamu temukan pada banyak jenis makanan atau minuman kaleng dan kemasan. Penggunaan bahan pengawet memang ditujukan untuk membuat makanan tersebut tetap awet hingga jangka waktu tertentu. Ada dua jenis bahan pengawet yang biasa digunakan, yakni bahan pengawet kimia yang tentunya cukup berbahaya bagi tubuh dan bahan pengawet alami yang aman digunakan seperti yang ada di bawah ini:

 

1. Garam


Sumber: motherearthnews.com


Garam menjadi bahan pengawet alami yang paling banyak digunakan di Indonesia. Ada banyak proses pengawetan makanan yang menggunakan garam, contohnya seperti ikan laut yang digarami alalu dijemur hingga kering untuk dijadikan ikan asin. Garam mengawetkan makanan dengan cara menghidrasi sehingga bakteri bikroba tidak bisa berkembang di dalam makanan. Garam juga bisa mencegah pertumbuhan jamur sehingga makanan bisa tahan lama.

 

2. Gula


Sumber: britannica.com


Tak jauh berbeda dengan garam, gula juga bisa mengawetkan makanan. Gula bisa menghilangkan kelembaban pada makanan dan mencegah tumbuhnya bakteri dan mikroba yang berperan dalam dekomposisi makanan. Makanan yang biasanya diawetkan dengan menggunakan gula adalah makanan yang bercita rasa manis seperti permen. Makanan yang diawetkan dengan menggunakan gula ini bisa bertahan dalam waktu yang lebih panjang dibanding makanan yang diawetkan dengan garam.

 

3. Cuka


Sumber: healthline.com


Di negera Eropa dan Amerika, cuka seringkali dijadikan sebagai bahan pengawet makanan. Contohnya saja seperti acar dan makanan kaleng. Kamu juga bisa mengawetkan daging sapi, ikan, dan ayam mentah dengan membalurinya dengan cuka terlebih dahulu agar tahan disimpan dalam kulkas. Cuka mengandung 5% asam asetat yang mampu membunuh mikroorganisme dan bakteri pembusuk makanan.

 

4. Bawang Putih


Sumber: www.rd.com


Bawang putih tak hanya bisa dijadikan sebagai bumbu makanan, tapi juga bisa dimanfaatkan menjadi pengawet makanan karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan dan antimikroba yang bisa menghambat pembusukan. Cara menggunakan cukup dengan menghaluskan bawang putih dan membalurkannya pada makanan atau menggeprek bawang putih lalu meletakkannya dalam air yang sudah berisi bahan makanan. Penggunaan bawang putih untuk pengawetan banyak dilakukan di negara-negara Asia Timur.

 

5. Kluwak


Sumber: ensavoirculinaire.blogspot.co.id


Terakhir ada kluwak yang menjadi bumbu rempah khas Indonesia yang bisa kamu temukan pada kuliner rawon khas Jawa Timur. Kluwak ini kerap digunakan oleh para nelayan untuk mengawetkan hasil tangkapan mereka hingga tahan kurang lebih satu minggu tanpa mengubah kualitas dari ikan tersebut. Campur kluwak dan garam dengan perbandingan 1:1 dan oleskan pada ikan mentah.


Itu dia beberapa bahan pengawet alami untuk makan yang tentunya aman bagi tubuh kamu. Di dunia kuliner, banyak makanan yang menggunakan bahan pengawet alami seperti kimchi dari Korea, asinan dari Indonesia dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika kamu ingin mencicipi makanan-makanan yang sudah terlebih dulu diawetkan dengan rasa yang sudah pasti enak, berarti kamu harus kunjungi tempat-tempat di bawah ini!

Born Ga

Foto Born Ga
Foto Born Ga
Foto Born Ga

Arasseo

Foto Arasseo
Foto Arasseo

Asinan Ny. Isye

Foto Asinan Ny. Isye

Asinan Kamboja H. Mansyur

Foto Asinan Kamboja H. Mansyur
Foto Asinan Kamboja H. Mansyur

Asinan Lan Jin

Foto Asinan Lan Jin
Foto Asinan Lan Jin

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?