Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Pisang Goreng Khas Indonesia yang Bikin Kamu Jadi Suka Nyemil

List Artikel
18 Mei 2017 | 0 Komentar

Pisang goreng, camilan yang banyak ditemui di Indonesia ini memang tak boleh diragukan kelezatannya. Bahan baku pisang goreng yakni pisang bisa dengan mudah ditemui di Indonesia karena pisang bisa tumbuh dengan sangat subur di negera beriklim tropis seperti Indonesia. Banyaknya pisang di Indonesia membuat panganan yang satu ini dijadikan aneka kuliner seperti kolak, es, hingga camilan seperti pisang goreng. Ketenaran pisang goreng sebagai camilan favorit ini membuat banyak penjual pisang goreng berinovasi sehingga memunculkan aneka varian pisang goreng yang tak akan membuat kamu bosan, seperti yang ada di bawah ini!

 

1. Pisang Goreng Pasir



Sumber: wisataseru.com


Pisang goreng pasir bukanlah pisang yang digoreng dengan pasir, melainkan pisang yang diselimuti dengan tepung panir yang menyerupai butiran pasir. Varian pisang goreng yang satu ini biasanya menggunakan jenis pisang kepok atau pisang tanduk yang dicelup dengan adonan tepung terigu yang dicampur dengan susu bubuk dan gula pasir. Setelah dicelup dalam adonan tepung, pisang dicelup ke dalam telur lalu digulingkan di atas tepung panir kemudian digoreng hingga matang.

 

2. Pisang Goreng Kipas



Sumber: pergikuliner.com


Pisang goreng kipas terkenal karena bentuknya yang menyerupai kipas. Pisang yang digunakan untuk varian ini adalah jenis pisang kepok. Belah pisang kepok hingga menyerupai kipas lalu celupkan dalam adonan tepung beras yang dicampur dengan air, vanili, telur, dan garam lalu goreng dalam minyak panas. Kunci menggoreng pisang goreng kipas ini adalah pisang yang digoreng harus benar-benar terendam minyak agar bentuk kipasnya tak berubah.

 

3. Pisang Goreng Kremes



Sumber: diajar-masak.blogspot.com


Setelah hits ayam goreng kremes, pisang pun tak mau kalah dengan hadir dalam varian pisang goreng kremes. Pisang goreng kremes ini terbuat dari jenis pisang kepok tua atau pisang uli yang dibalur dengan tepung beras, vanilli, serta santan encer sehingga rasanya jadi sangat gurih serta aromanya wangi. Cara membuatnya memang membutuhkan trik khusus agar dapat menciptakan kremesan yang garing dan renyah.

 

4. Pisang Goreng Madu



Sumber: pergikuliner.com


Mendengar nama pisang goreng madu, pasti yang teringat dalam pikiran kamu adalah pisang goreng Madu Bu Nanik yang rasanya sukses membuat kamu ketagihan. Pisang goreng madu terbuat dari jenis pisang raja atau pisang uli yang dibalur dengan campuran tepung terigu, tepung beras, sedikit garam, air, dan pastinya madu asli. Pisang yang sudah dilumuri tepung kemudian digoreng hingga matang. Setelah itu matang, pisang dilumuri dengan madu kembali agar aromanya lebih wangi. Warna pisang goreng madu ini memang cokelat agak kehitaman karena proses karamelisasi, tapi rasanya tak boleh kamu ragukan.

 

5. Pisang Goreng Molen



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada pisang goreng molen yang dari segi visual bentuknya sangat berbeda dengan pisang goreng kebanyakan. Pisang goreng molen terbuat dari jenis pisang raja yang dibalut dengan adonan kulit molen. Kulit molen ini dibuat dari tepung terigu, telur, gula halus, margarin, baking powder, dan air es. Semua adonan kulit dicampur menjadi satu lalu digiling hingga berbentuk lembaran. Lembaran inilah yang digunakan sebagai pembungkus pisang sebelum akhirnya digoreng hingga matang. Tekstur pisang goreng molen sangat garing dan renyah di luar namun terasa sangat lembut di dalam.


Itu dia aneka pisang goreng khas Indonesia. Sekarang, mulai banyak tempat makan yang mengkreasikan aneka pisang goreng seperti menambahkan keju, coklat dan aneka campuran lainnya sehingga menjadikan pisang goreng sebagai makanan yang naik kelas. 
Nah, Kamu jadi kepingin makan pisang goreng? Tenang! PergiKuliner sudah memberikan rekomendasinya di bawah ini!

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta

Pisang Goreng Afong

Foto Pisang Goreng Afong

Pismanis

Foto Pismanis
Foto Pismanis

Raja Pisang Goreng Ameng

Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng
Foto Raja Pisang Goreng Ameng

Pisang Goreng Collay Pontianak

Foto Pisang Goreng Collay Pontianak

Yuk cari tau tempat makan lainnya di Pergikuliner.com!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?