Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Dia 5 Makanan Khas Kalimantan yang Suka Bikin Orang Penasaran

List Artikel
4 Mei 2018 | 0 Komentar

Dari sekian banyak kuliner nusantara, kira-kira kamu sudah mencoba kuliner khas daerah mana saja nih, Teman PergiKuliner? Satu daerah saja memang sudah memiliki beragam jenis kuliner yang enak-enak, itulah mengapa kita patut bangga dengan kekayaan kuliner Indonesia. Bicara soal kuliner, Kalimantan menjadi salah satu daerah yang kaya akan makanan khasnya yang unik dan lezat. Nah! Untuk memperkaya pengetahuanmu akan kuliner nusantara supaya makin cinta Indonesia, yuk coba intip makanan khas Kalimantan seperti berikut ini!


1. Soto Banjar



Sumber : Pergikuliner.com


Hampir setiap daerah memiliki hidangan soto khas masing-masing. Begitu pula dengan Kalimantan yang memiliki hidangan soto bernama Soto Banjar. Soto khas Kalimantan ini sebenarnya hampir sama seperti soto lainnya. Hanya saja yang membedakannya adalah bumbunya yang unik khas Samarinda. Aroma rempah yang wangi akan tercium saat semangkuk soto Banjar mengepul asapnya sampai di meja makan kamu. Semangkuk Soto Banjar biasanya berisi bihun, perkedel kentang, suwiran ayam, dan potongan telur rebus yang membuat soto ini terasa gurih dan segar. Biasanya soto khas Kalimantan ini dimakan dengan ketupat atau lontong.


2. Kwetiau



Sumber : Pergikuliner.com


Kwetiau adalah sajian mie ala Tionghoa yang bentuknya pipih dan berwarna putih. Kwetiau terbuat dari tepung beras atau tapioka yang teksurnya kenyal. Dalam penyebarannya ke Indonesia, kwetiau yang umumnya identik degan etnis Hokkian dan Tio Ciu, memiliki perbedaan dalam penyajian. Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatra terkenal dengan kwetiau medan yang memakai bakso ikan, telur bebek dan sosis babi. Namun etnis Tio Ciu yang tinggal di Kalimantan dikenal dengan penyajian kwetiau yang memakai daging sapi dan jeroan seperti babat. Tidak hanya kwetiau kuah, namun ada juga kwetiau siram khas Kalimantan yang tidak kalah lezatnya.


3. Bakmi Kepiting




Sumber : Pergikuliner.com


Bagi kamu penggemar makanan mie dan seafood, pastinya bakmi kepiting khas Pontianak ini wajib kamu coba. Mie yang bertekstur lentur dan kenyal ini rasanya gurih, apalagi jika dipadukan dengan potongan daging kepiting. Tidak hanya itu, bakmi khas Pontianak ini biasanya juga diberi topping seperti bakso ikan hingga pangsit yang lezat. Bakmi kepiting ini disajikan bersama dengan kuah kaldu yang bertabur daun bawang. Rasa mie kepiting pun semakin enak dan gurih. Untuk menambah sensasi rasa, kamu juga bisa menambahkan potongan cabai rawit.


4. Pisang Goreng Kalimantan



Sumber : Pergikuliner.com


Pisang goreng sudah menjadi camilan sehari-hari masyarakat Indonesia yang mudah dijumpai dimana saja. Bahkan kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, kalau pisang goreng yang satu ini berbeda. Pisang goreng khas Kalimantan memiliki citarasa yang gurih dan renyah. Untuk menikmatinya pun punya cara yang unik, orang Kalimantan biasanya menambahkan pisang goreng dengan selai srikaya yang diolesi di atas pisang. Gurihnya pisang goreng berpadu dengan manisnya selai srikaya sungguh membuat sajian ini begitu spesial dan bikin ketagihan!


5. Choi Pan



Sumber : Pergikuliner.com


Kalau makanan khas Kalimantan yang satu ini biasanya dinikmati sebagai hidangan pembuka ataupun dijadikan cemilan di waktu santai. Choi pan merupakan makanan yang populer di Pontianak, Kalimantan Barat. Ketika menggigit choi pan, kamu akan menemukan sensasi rasa yang unik. Ada rasa gurih asin, manis dan pedas yang menjadi satu. Rasa manisnya berasal dari bengkoang yang menjadi isi choi pan. Sementara, rasa asin dan gurihnya berasal dari ebi, kacang, dan kucai. Choi pan biasanya dimasak dengan cara direbus atau ditumis. Sekilas tampilan choi pan mirip dengan pangsit atau dimsum. Nah! Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dimakan selagi hangat dengan cocolan sambal bawang putih.


Nah, karena sekarang kamu sudah mengenal makanan khas Kalimantan, tidak ada salahnya kamu berburu makanan-makanan di atas, entah saat berlibur ke Kalimantan ataupun saat mencari makanan khas daerah tersebut di Jakarta dan PergiKuliner sudah berikan rekomendasi tempatnya di bawah ini!

Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Foto Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78
Foto Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78
Foto Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78

Kwetiau Akang

Foto Kwetiau Akang
Foto Kwetiau Akang
Foto Kwetiau Akang

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Kenaungan Soto Banjar

Foto Kenaungan Soto Banjar
Foto Kenaungan Soto Banjar
Foto Kenaungan Soto Banjar

Bakmi Kepiting Pontianak

Foto Bakmi Kepiting Pontianak
Foto Bakmi Kepiting Pontianak
Foto Bakmi Kepiting Pontianak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?