Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bumbu Penyedap Rasa yang Bisa Digunakan Sebagai Pengganti Terasi

List Artikel
20 September 2020 | 0 Komentar

Terasi merupakan bumbu penyedap paling esensial di Indonesia. Mau buat sambal atau bumbu masakan pasti harus ada terasi sebagai salah satu bumbunya. Tapi, bagaimana kalau stok terasi di rumah habis ya? Bisa-bisa kamu kewalahan nih cari bumbu pengganti terasi. Terkadang sampai harus beli dulu ke pasar supaya tak kehabisan terasi di rumah. Tenang, sekarang kamu bisa menyiasatinya dengan bumbu penyedap alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti terasi dan rasanya sama-sama gurih. Ini dia bumbu alternatifnya.



Sumber : Fimela.com


1. Kecap Ikan

Seperti namanya, kecap ikan terbuat dari ikan yang sudah difermentasi, sehingga memiliki cita rasa sedap dan gurih yang khas. Tak hanya gurih, kamu juga bisa merasakan aroma ikan jika menggunakan kecap ini. Makanya kecap ini seringkali digunakan dalam berbagai olahan seafood, masakan Jepang, maupun tumisan. Kecap ikan bahkan bisa digunakan untuk menggantikan terasi dalam berbagai olahan sambal. Cukup tuangkan kecap ikan sebanyak satu sendok teh, dan jangan terlalu banyak menambahkan garam, karena rasanya sudah asin.


2. Kecap Inggris

Kecap inggris dikenal juga dengan nama worcestershire sauce, kecap ini terbuat dari berbagai campuran seperti cuka, gula jagung, molase, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, cengkeh, dan lain-lain. Tak heran jika rasanya sedikit asin dan gurih, serta memiliki tingkat kesedapan yang hampir mirip dengan terasi. Kecap inggris dapat menggantikan terasi dalam berbagai olahan tumisan dan daging-dagingan seperti bistik, sapi lada hitam, hingga ayam goreng mentega.


3. Saus Tiram

Jika kamu suka menggunakan terasi pada berbagai olahan masakan laut, Chinese food atau aneka tumisan, maka layaknya saus tiram dimasukkan ke dalam daftar bumbu alternatif pengganti terasi. Saus tiram terbuat dari tiram yang difermentasi, sehingga saus ini memiliki citarasa asin dan gurih yang kuat selayaknya bumbu terasi. Cukup tambahkan satu sendok makan saus tiram sudah memberikan citarasa yang gurih dan sedap pada masakan. Tak perlu menambahkan garam lagi, karena rasanya sudah asin.


4. Ebi

Ebi merupakan udang kecil yang sudah diasinkan lalu dikeringkan sampai benar-benar kering, sehingga ebi punya tingkat kesedapan yang sama sebagai pengganti terasi. Ebi bisa digunakan dalam aneka olahan tumisan, sambal, bahkan rujak. Menggunakan ebi sebagai bumbu penyedap masakan dapat membuat rasa makanan berubah menjadi tambah lezat dan gurih. Cukup goreng dan haluskan ebi secukupnya, kemudian masukan ke dalam masakan.


5. Rebon

Rebon menjadi salah satu bahan baku dalam pembuatan terasi, karena masih termasuk kategori udang. Hanya saja, rebon dibuat dari udang yang sangat kecil dan dikeringkan, sehingga bentuknya mirip udang kecil segar. Oleh karena itu, rebon jelas bisa menggantikan terasi jika ingin membuat sambal pada masakan. Cukup digoreng dan haluskan rebon bersama aneka bahan lainnya untuk membuat sambal. Rebon juga cocok dijadikan campuran tumisan sayur, perkedel atau dibuat rempeyek.


Itu dia beberapa bumbu penyedap rasa yang bisa kamu gunakan sebagai terasi, cocok nih buat kamu yang memang tidak suka rasa terasi. Gimana? Cocok banget kan buat kamu!

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Seafood Kalimati 94 Mulyono

Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono
Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono
Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono

Pesisir Seafood

Foto Pesisir Seafood
Foto Pesisir Seafood
Foto Pesisir Seafood

Seafood 68 Santa

Foto Seafood 68 Santa
Foto Seafood 68 Santa
Foto Seafood 68 Santa

Red Snapper Seafood & Resto

Foto Red Snapper Seafood & Resto
Foto Red Snapper Seafood & Resto
Foto Red Snapper Seafood & Resto

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?