Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Keju yang Sering Digunakan untuk Mac and Cheese

List Artikel
15 April 2020 | 0 Komentar

Kamu penyuka keju? Bagi para penyuka keju, pastinya kamu sudah pernah atau bahkan sering menyantap kuliner mac and cheese. Mac and cheese merupakan salah satu olahan keju yang berasal dari Inggris. Meski asalnya dari Inggris, tapi mac and cheese sangat populer di dunia, terutama di Amerika. Tak heran kalau olahan keju ini sering disangka sebagai kuliner khas dari negeri paman Sam tersebut. Sesuai dengan namanya, mac and cheese dibuat dari bahan dasar makaroni dan keju yang dimasak bersama. Cita rasanya gurih asin dengan tekstur lembut yang lumer di mulut. Keju yang digunakan untuk mac and cheese ini sebenarnya bisa keju apa saja, tapi tentu saja beda jenis keju yang digunakan, hasilnya akan berbeda. Dari sekian banyak keju, ada lima yang paling sering digunakan, yaitu:

 

1. Sharp Cheddar Cheese



Sumber : Webstaurantstore.com


Pertama ada sharp cheddar cheese yang menjadi salah satu jenis keju untuk mac and cheese. Keju ini berbeda dengan keju cheddar biasa karena sharp cheddar cheese punya titik leleh yang sangat rendah sehingga mudah menyatu dengan makaroni. Mac and cheese yang dipadukan dengan sharp cheddar cheese membuat teksturnya jadi lebih lembut. Sebaiknya sharp cheddar cheese dibeli dalam bentuk batangan kotak, jangan yang sudah diparut karena tekstur dan cita rasanya akan berbeda.

 

2. Cream Cheese



Sumber : Biggerbolderbaking.com


Cream cheese tak hanya cocok dijadikan sebagai campuran cake dan puding, tapi juga cocok dijadikan campuran pada mac and cheese. Cream cheese punya cita rasa gurih asin yang sangat kuat sehingga bisa membuat sajian mac and cheese jadi lebih enak. Cream cheese juga punya titik leleh yang sangat rendah sehingga kalau kamu melelehkannya dengan metode slow cooker, maka teksturnya akan lembut sempurna.

 

3. Keju Gouda



Sumber : Boxed.com


Keju gouda menjadi salah satu jenis keju yang juga cocok untuk mac and cheese. Tampilannya memang menunjukkan kalau keju ini adalah jenis keju keras yang tak mudah meleleh. Tapi kamu salah guys, meski titik lelehnya tidak serendah sharp cheddar cheese dan cream cheese, keju ini saat sudah meleleh punya tekstur yang kental dengan cita rasa gurih asin yang sangat nikmat. Selain untuk mac and cheese, keju gouda ini juga sering digunakan pada olahan cheese fondue.

 

4. Keju Parmesan



Sumber : Thespreceeats.com


Berikutnya ada keju parmesan yang sudah sangat terkenal keberadaannya di Indonesia. Keju parmesan ini paling sering digunakan pada taburan atau topping makanan Italia dan di Indonesia sendiri lebih banyak dijual dalam bentuk bubuk. Meski kamu menggunakan keju parmesan bubuk, cita rasanya tetap sama kok. Keju parmesan punya rasa asin yang khas sehingga bisa dengan mudah dikenali.

 

5. Keju Gyuyere



Sumber : Wikimedia.org


Terakhir ada keju gyuyere yang tampilannya mirip dengan keju gouda dan keju edam. Keju gyuyere ini memang tampilannya terlihat keras, tapi saat dilelehkan, keju ini justru sangat mudah meleleh. Keju gyuyere adalah keju asli dari Swiss. Bisa dikatakan kalau keju ini adalah jenis keju klasik. Cita rasa keju ini sangat gurih sehingga cocok sebagai keju campuran untuk mac and cheese.

 

Itulah beberapa jenis keju yang paling sering digunakan untuk mac and cheese. Selain kelima keju tersebut, ada keju kambing, keju brie, serta keju-keju yang titik lelehnya rendah dan cita rasa yang cukup gurih. Jadi, kalau kamu ingin membuat mac and cheese, gunakan keju-keju di atas ya! Jika ingin menyantap hidangan lainnya yang berbahan dasar keju, bisa mampir aja ke salah satu tempat makan di bawah ini!

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

Say Cheese To The Wheel

Foto Say Cheese To The Wheel
Foto Say Cheese To The Wheel
Foto Say Cheese To The Wheel

Pizza Hut

Foto Pizza Hut
Foto Pizza Hut
Foto Pizza Hut

Ohayou! Cheese Toast

Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?