Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Kentang yang Bisa Diolah Menjadi Hidangan Lezat

List Artikel
13 April 2017 | 0 Komentar

Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan sumber energi. Untuk mendapatkan makanan bersumber karbohidrat tersebut salah satunya dapat kamu temukan pada kentang. Kentang mengandung karbohidrat yang komplek, namun kadar glikemiknya sangat rendah berbeda dengan nasi yang justru indeks glikemiknya tinggi. Sehingga kentang dapat juga dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi yang sangat bagus untuk diet dan penderita diabetes. Banyak olahan kentang yang dibuat menjadi hidangan lezat, misalnya saja seperti kentang goreng. Tetapi kalau kita melihat makanan olahan dari kentang sepertinya jenis kentang yang digunakan hanya satu jenis saja ya. Padahal jenis kentang yang bisa diolah itu ada banyak loh. Yuk coba kita intip satu per satu!



Sumber: agrotani.com

1. Kentang Biasa

Kentang biasa merupakan jenis kentang yang sering diolah menjadi sup-supan yang dicampur dengan bahan sayur-sayuran lain. Umumnya berbentuk bulat dan seragam. Kentang jenis ini bertekstur kuat dan sedikit lengket. Serta memiliki umbi yang berwarna putih dan tentunya sangat bergizi bagi tubuh.


2. Kentang Mentega

Kentang mentega memiliki umbi yang berwarna kuning kecoklatan dan paling sering disajikan menjadi berbagai makanan olahan karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang lebih enak. Kentang mentega terbagi menjadi dua jenis lagi yaitu kentang granola yang memiliki permukaan lebih halus dengan kadar air yang sangat banyak mencapai 80% lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kentang lainnya. Karena permukaan kentang ini sangat halus dan tanpa pori-pori maka sebaiknya mengolah kentang ini lebih cocok dengan cara direbus untuk mengeluarkan sebagian kadar airnya.


3. Kentang Tes

Selanjutnya, ada kentang tes yang memiliki permukaan lebih kasar dan kandungan air yang lebih sedikit daripada kentang granola. Oleh sebab itu, kentang jenis ini lebih sering diolah dengan cara digoreng atau dipanggang untuk menjaga kadar air yang ada di dalamnya. Ada beberapa pilihan makanan olahan yang cocok untuk kentang jenis ini seperti camilan kentang goreng atau baked potato.


4. Kentang Merah

Sementara, kentang merah lebih sering dikonsumsi oleh penderita diabetes ataupun seseorang yang sedang diet karena kentang jenis ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah diantara jenis kentang lainnya. Selain itu, kentang merah juga mengandung zat karotenoid yang sangat bermanfaat untuk provitamin A yang bagus bagi kesehatan penglihatan dan sistem kekebalan tubuh.


5. Kentang Kecil

Kalau kentang kecil ini mungkin kamu lebih mengenalnya dengan sebutan baby potato. Karena bentuknya yang sangat kecil seperti bayi-bayi kentang. Kentang kecil lebih sering ditemui pada masakan-masakan eropa seperti steak, salad, dan sebagainya. Tak ketinggalan, ada juga masakan Indonesia yang menyajikan baby potato di dalamnya seperti masakan rendang dari Sumatera Barat.


Sekarang ini, beragam olahan kentang dapat dengan mudah di temui. Apalagi sudah banyak inovasi menarik pada kentang yang membuat orang semakin tertarik dan gemar untuk mengkonsumsinya. Nah, apakah kamu salah satu orang yang suka makan olahan kentang seperti kentang goreng, donut, mash potato dan lain sebagainya? Kalau belum, cobain deh berbagai makanan dari olahan kentang di bawah ini, di jamin kamu bakal ketagihan deh!

Hi Fries

Foto Hi Fries
Foto Hi Fries
Foto Hi Fries

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

Pappetat

Foto Pappetat
Foto Pappetat
Foto Pappetat

The Fool

Foto The Fool
Foto The Fool

Mau tau lebih banyak lokasi tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu dong sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?