Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Berbahan Dasar Nasi Khas Korea yang Lezat

List Artikel
6 September 2020 | 0 Komentar

Korea merupakan salah satu negara yang terkenal akan kulinernya. Kuliner Korea memang memiliki beberapa ciri khas khusus yang menjadikannya banyak disukai. Mulai dari tampilannya yang memiliki warna-warni menarik hingga cita rasanya yang sangat khas karena menggunakan bumbu tradisional. Beberapa bumbu tradisional khas Korea adalah gochujang (pasta cabai), donjang (pasta kedelai), gochugaru (bubuk cabai). Selain ketiga bumbu tradisional tersebut, masakan Korea juga identik dengan penggunaan bawang putih, minyak wijen, biji wijen, kecap asin, serta acar atau makanan yang difermentasikan. Meski bumbu yang digunakan berbeda, tapi layaknya negara Asia kebanyakan, kuliner Korea juga dominan dengan penggunaan nasi. Ada beberapa kuliner Korea yang dibuat dengan bahan dasar nasi. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Kimbap



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner berbahan dasar nasi khas Korea adalah kimbap. Kimbap merupakan nasi gulung ala Korea yang dibuat dari bahan dasar nasi yang telah dibumbui dengan kecap asin, minyak wijen, dan biji wijen lalu digulung bersama dengan nori atau rumput laut kering yang di dalamnya juga ada acar lobak, wortel, bayam, dan daging cincang berbumbu. Kimbap paling sering disantap sebagai bekal atau makanan piknik.


2. Bibimbap



Sumber: Pergikuliner.com


Buat kamu penggemar Korea pasti tahu betul dengan kuliner yang satu ini karena bibimbap sering muncul dalam drama Korea. Bibimbap adalah nasi campur ala Korea yang tentunya dibuat dari bahan dasar nasi yang dicampur dengan aneka sayur-sayuran, daging, pasta cabai Korea, minyak wijen, dan kecap asin. Setelah semua bahan dicampur rata maka bagian atasnya diberi telur ceplok setengah matang dan taburan biji wijen.


3. Bokkeumbap



Sumber: Idntimes.com


Bukan hanya Indonesia saja yang punya nasi goreng, Korea juga punya  nasi goreng ala Korea yakni bokkeumbap. Berbeda dengan nasi goreng Indonesia yang banyak bumbu rempahnya, bumbu bokkeumbap justru sangat simpel karena hanya mengandalkan garam, sedikit gula, minyak wijen, dan kecap asin. Ciri khas dari bokkeumbap adalah penggunaan kimchi di dalamnya sehingga membuat cita rasa nasi goreng Korea ini berbeda. Selain kimchi, ada tambahan irisan daun bawang di dalamnya.


4. Jumeokbap



Sumber: Ytimg.com


Selanjutnya ada jumeokbap yang merupakan nasi kepal ala Korea. Dalam bahasa Korea, jumeok artinya kepalan dan bap yang artinya nasi. Bahan dasar yang digunakan adalah nasi yang dicampur dengan sayuran cincang, daging cincang berbumbu, dan nori yang dihancurkan. Sama seperti kimbap, jumeokbap juga sering dijadikan sebagai bekal karena mudah dibawa.


5. Hoedeopbap



Sumber: Twimg.com


Terakhir hoedeopbap yang merupakan hidangan laut khas Korea yang dipadukan dengan nasi putih. Kuliner ini dibuat dengan campuran nasi putih dan makanan laut mentah seperti ikan, cumi, gurita, dan lain sebagainya. Nantinya hoedeopbap akan disajikan bersama dengan gochujang, minyak wijen, biji wijen, dan daun selada. Sebelum menyantapnya, kamu harus mengaduk semuanya menjadi satu seperti bibimbap. Hoedeopbap lebih banyak dijumpai pada musim panas karena rasanya menyegarkan.


Itulah beberapa kuliner berbahan dasar nasi asal Korea. Dari kelimanya, manakah yang sudah pernah kamu coba dan manakah yang kamu suka?

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Oppa Korean Food Cafe

Foto Oppa Korean Food Cafe
Foto Oppa Korean Food Cafe

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

SGD The Old Tofu House

Foto SGD The Old Tofu House
Foto SGD The Old Tofu House

Itaewon Korean Barbecue

Foto Itaewon Korean Barbecue
Foto Itaewon Korean Barbecue

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?