Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Dunia Bebahan Dasar Kepiting yang Sukses Bikin Ngiler

List Artikel
13 September 2020 | 0 Komentar

Kepiting merupakan salah satu jenis makanan laut atau seafood yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Kepiting punya cita rasa yang gurih dengan daging bertekstur lembut dan lumer saat di mulut. Kepiting biasanya dijual dengan harga yang terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis seafood lainnya seperti ikan, cumi, dan udang. Kepiting bisa diolah dengan cara direbus, dipanggang, hingga dikukus hingga matang lalu diberi campuran saus atau disantap begitu saja. Buat kamu yang suka banget makan kepiting, ada beberapa sajian kepiting enak dari seluruh dunia yang cita rasanya sudah pasti enak banget. Yuk, lihat!


1. Bisque



Sumber: Keviniscooking.com


Pertama ada bisque yang sup asal Perancis dari bahan dasar kepiting. Kuliner ini sangat unik karena tak hanya menggunakan daging kepiting saja melainkan juga cangkangnya. Cangkang kepiting direbus dalam jangka waktu yang lama kemudian diekstraksi untuk dijadikan kaldu. Selain daging kepiting, bahan tambahan selain rempah-rempah adalah wortel dan krim. Kuliner ini selalu menjadi pilihan sebagai menu santap malam.


2. Kepiting Masala



Sumber: Masalakorb.com


Kepiting masala di Indonesia mungkin terdengar tidak asing lagi. Kuliner berbahan dasar kepiting ini memang kerap kali muncul dalam buku menu yang ada di restiran seafood. Kepiting masala adalah kepiting yang dibumbui dengan bumbu masala. Bumbu masala ini dibuat dari bahan dasar aneka rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, jinten, lada, dan lain sebagainya. Kepiting masala lebih sering disantap dengan nasi putih hangat.


3. Kepiting Cabai



Sumber: Rasasayange.co.id


Selanjutnya ada kepiting cabai yang merupakan kuliner khas Singapura. Kepiting cabai konon sudah ada sejak tahun 1956. Kuliner ini sekilas tampilannya sangat mirip dengan kepiting saus Padang khas Indonesia. Hanya saja bumbu yang digunakan sangat berbeda. Kepiting cabai dibuat dari bahan dasar kepiting yang dimasak dengan cara ditumis dengan beragam bumbu. Mulai dari kecap asin, bawang putih, saus tomat, dan lain sebagainya.


4. Ginataang Alimasag



Sumber: Goodfoodgateway.wordpress.com


Ginataang alimasag adalah sup seafood khas Filipina. Di dalamnya terdapat kepiting, udang, kerang, cumi, hingga ikan laut. Semua bahan tersebut dimasak bersama dengan santan lalu ditambahkan kacang panjang dan aneka rempah. Ginataang alimasag punya cita rasa yang gurih asin tapi ada sedikit rasa manisnya. Jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting lumpur yang dagingnya manis.


5. Bun Rieu Cua



Sumber: Squarespace.com


Terakhir ada bun rieu cua yang merupakan sajian kepiting dari Vietnam. Bun rieu cua dibuat dari bahan dasar kepiting dan bihun yang dimasak dengan kuah kaldu dan bumbu rempah merah. Selain bihun dan kepiting, ada bahan tambahan lainnya seperti tahu, sayuran hijau, dan kecambah. Cita rasanya tergolong agak pedas dan masam. Selain kepiting laut, biasanya kuliner ini juga menggunakan jenis kepiting air tawar.


Itulah beberapa kuliner dunia berbahan dasar kepiting yang pasti bikin kamu ngiler. Kalau kamu jadi kepingin makan kepiting, jangan kemana-mana! Samperin aja nih tempat-tempat di bawah ini!

Kepiting Nyinyir

Foto Kepiting Nyinyir
Foto Kepiting Nyinyir
Foto Kepiting Nyinyir

Kepiting Situngku Raja

Foto Kepiting Situngku Raja
Foto Kepiting Situngku Raja

Kepiting Keki

Foto Kepiting Keki
Foto Kepiting Keki
Foto Kepiting Keki

Bakmi Kepiting Pontianak 58

Foto Bakmi Kepiting Pontianak 58
Foto Bakmi Kepiting Pontianak 58
Foto Bakmi Kepiting Pontianak 58

Bakmi Kepiting Tanjung Pura Pontianak

Foto Bakmi Kepiting Tanjung Pura Pontianak
Foto Bakmi Kepiting Tanjung Pura Pontianak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?