Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Apa Saja Manfaat Baik Menyantap Seafood Bagi Tubuh Kamu?

List Artikel
12 Maret 2018 | 0 Komentar

Indonesia memiliki kekayaan laut yang tak terhingga jumlahnya. Perairan Indonesia memang jauh lebih luas dibanding daratannya. Oleh karena itu, hasil laut alias seafood di Indonesia seperti ikan laut, cumi, udang, hingga kepiting bisa dengan mudah ditemukan, baik itu di pasar tradisional hingga di pasar swalayan. Berhubung hasil lautnya sangat melimpah, olahan seafood tradisional Indonesia juga sangat banyak ragamnya. Meski demikian, masih ada saja orang yang malas menyantap seafood. Buat kamu yang masih ragu menyantap seafood, PergiKuliner akan memberikan tujuh manfaatnya agar kamu suka makan seafood, yaitu:

 



Sumber : pergikuliner.com


1. Mencerdaskan Otak

Seafood mampu mencerdaskan kemampuan otak, terutama bagi anak-anak karena ikan mengandung minyak alami yang bisa merangsang otak untuk bekerja dengan lebih maksimal. Kandungan minyak alami ini bisa ditemukan pada ikan-ikan laut seperti salmon serta tuna. Tak heran jika ibu hamil sangat disarankan untuk menyantap olahan ikan laut agar nanti anaknya bisa lebih cerdas.  

 

2. Menyehatkan Jantung

Kandungan omega-3 bisa kamu temukan dalam aneka jenis seafood, mulai dari ikan tuna, salmon, sarden, makarel, cumi, hingga udang. Omega-3 yang terdapat dalam seafood ini ternyata bisa mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah dan kandungan asam lemaknya bisa mencegah penyumbatan pada arteri sehingga memperkecil resiko kamu terkena penyakit jantung. Tapi tentunya kamu harus mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar ya!

 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seafood ternyata juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kamu akan terhindar dari beragam penyakit. Kandungan selenium pada seafood, berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Lalu kandungan yodium alaminya bisa mengatur sistem pencernaan sehingga makanan lebih mudah diserap gizi dan nutrisinya. Tak heran jika ketika sedang sakit atau setelah sakit, kamu disarankan menyantap sup ikan.

 

4. Mencegah Alzheimer

Menyantap seafood secara rutin bisa meningkatkan daya ingat secara perlahan. Hal ini berlaku untuk anak-anak, sedangkan pada orang dewasa bisa mempertahankan daya ingat sehingga kamu tak mudah lupa. Jenis seafood yang baik disantap adalah jenis ikan laut. Hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya penelitian yang membuktikan kalau orang yang makan ikan minimal seminggu sekali memiliki kemampuan otak yang jauh lebih baik dibanding orang yang tidak makan ikan.

 

5. Membuat Kulit Sehat

Seafood kaya akan kandungan vitamin dan protein yang bisa menjaga agar kulit tubuh kamu tetap sehat dan terlihat lebih bersinar alias tidak kusam. Seafood juga bisa memperbaiki sel kulit yang rusak. Kandungan asam lemak dan omega-3 nya juga bisa membantu kulit terjaga dari sinar UV yang berlebihan dari matahari. Kamu juga tak perlu takut kulitmu bisa terbakar sinar matahari.

 

6. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Manfaat seafood yang satu ini memang tak diketahui orang banyak. Padahal seafood seperti salmon dan kerang tiram ternyata memiliki kandungan omega-3 dan protein yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi wanita. Jika dikonsumsi secara rutin, kemungkinan kamu bisa mendapat keturunan bisa dua kali lipat. Tapi ingat ya, seafood yang kamu konsumsi harus seafood yang benar-benar sudah matang.

 

7. Menjaga Berat Badan

Sedang berdiet? Santaplah olahan seafood yang bisa menjaga berat badan kamu. Jika kamu bandingkan dengan daging ayam, sapi, dan kambing, seafood memiliki kadar protein yang lebih tinggi dan kadar lemak yang jauh lebih rendah. Inilah yang bisa menjaga berat badan kamu agar tetap ideal. Tapi sebaiknya seafood yang akan kamu santap diolah menjadi sup atau dikukus, bukan digoreng dengan minyak yang berlebihan.


Nah! Sudah tau kan manfaat baik dari menyantap seafood? Kalau begitu sekarang waktunya kamu cobain seafood-seafood enak di bawah ini!

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94

Seafood Station

Foto Seafood Station
Foto Seafood Station
Foto Seafood Station

Seafood Arjuna

Foto Seafood Arjuna
Foto Seafood Arjuna
Foto Seafood Arjuna

Bola Seafood Acui

Foto Bola Seafood Acui
Foto Bola Seafood Acui
Foto Bola Seafood Acui

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?