Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Kaki Lima Indonesia yang Cocok Dijodohkan dengan Keju

List Artikel
3 Januari 2018 | 0 Komentar

Kuliner apa yang biasanya wajib kamu santap saat sedang berkunjung ke suatu negara? Jawabannya adalah kuliner kaki lima alias street food-nya. Kenapa kuliner kaki lima? Karena kuliner kaki lima biasanya menyajikan makanan yang khas dan autentik dari negara tersebut. Di Indonesia sendiri, kamu bisa dengan mudah menemukan kuliner khas Indonesia yang dijajakan oleh pedagang kaki lima. Dari sekian banyak kuliner kaki lima khas Indonesia yang sering kamu jumpai, ada lima yang ternyata sangat berjodoh dengan keju alias sudah dipadukan dengan keju sehingga rasanya jadi lebih lezat dan modern. Yuk, langsung lihat ada kuliner kaki lima apa saja!

 

1. Martabak Telur



Sumber : pergikuliner.com


Martabak telur di Indonesia lebih banyak dijual oleh pedagang gerobak dibandingkan di cafe atau restoran sehingga martabak mendapat julukan sebagai kuliner kaki lima. Sesuai dengan namanya, martabak telur terbuat dari campuran telur yang ditambahkan daging, dan irisan daun bawang yang kemudian dibalut dengan kulit martabak dan digoreng hingga matang. Berbeda dengan martabak manis yang sudah menggunakan keju sebelumnya, martabak telur baru mengalami inovasi dengan penambahan keju pada topping-nya. Jenis keju yang digunakan adalah keju mozarella dengan tekstur legit dan gurih.

 

2. Sate Taichan


 

Sumber : pergikuliner.com


Sate taichan juga termasuk dalam jajanan kaki lima yang awalnya dijajakan di daerah Senayan, Jakarta Selatan. Kuliner yang memiliki warna pucat ini terbuat dari daging ayam yang dipotong-potong lalu ditusuk dengan tusukan sate dan dibakar begitu saja dengan tambahan garam untuk penambah rasa. Berbeda dengan sate kebanyakan, sate taichan justru tidak menggunakan bumbu kacang dalam penyajiannya, tapi dengan perasan jeruk limau dan sambal cabai yang pedas. Berhubung sedang tren kuliner yang dipadukan dengan keju, sate taichan kini juga hadir dengan tambahan keju di atasnya sehingga rasa yang diberikan tentu jadi berbeda.

 

3. Kue Cubit



Sumber : pergikuliner.com


Kue cubit pada awalnya hanyalah kue yang sering kamu jumpai di depan sekolah-sekolah yang dijual oleh pedagang kaki lima dengan menggunakan gerobak. Kue yang memiliki bentuk kecil bermacam-macam ini awalnya hanya diberi taburan meises saja di atasnya, tapi lama kelamaan, kue cubit jadi naik kelas karena diberikan parutan keju cheddar di atasnya. Penambahan keju parut pada kue cubit ini membuatnya terasa lebih gurih dan memiliki citarasa asin.

 

4. Kue Lekker



Sumber : pergikuliner.com


Tak berbeda jauh dengan kue cubit, kue lekker ini juga awalnya merupakan jajanan anak sekolah yang dijajakan dengan gerobak oleh pedagang kaki lima. Camilan yang bentuknya mirip crepes ini juga awalnya hanya diberi taburan meises serta gula pasir di dalamnya, tapi kini kue lekker ditambahkan dengan parutan keju cheddar yang membuat citarasanya jadi gurih dan memiliki tekstur yang berbeda.

 

5. Surabi Bandung



Sumber : pergikuliner.com


Terakhir ada surabi yang tadinya hanya bisa kamu jumpai di pasar tradisional. Surabi sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yakni surabi Solo yang diberi siraman kuah santan serta gula merah, dan yang satu lagi adalah surabi Bandung yang memiliki varian lebih banyak. Surabi Bandung biasanya diberi dengan isian oncom di atasnya, kini semua varian surabi Bandung banyak yang ditambahkan dengan parutan keju. Baik itu surabi oncom, surabi durian, hingga surabi dengan sosis dan suwiran daging ayam.


Itu dia beberapa kuliner khas Indonesia yang cocok banget dipadukan dengan keju. Nah! Buat kamu yang mencicip kuliner-kuliner kaki lima dengan paduan keju seperti yang ada di atas, kamu bisa mencobanya di salah satu tempat makan di bawah ini!

Sate Taichan Bang Toyib

Foto Sate Taichan Bang Toyib
Foto Sate Taichan Bang Toyib

Serabi Notosuman

Foto Serabi Notosuman
Foto Serabi Notosuman
Foto Serabi Notosuman

Lekker Dan Kopi

Foto Lekker Dan Kopi

Martabak Gue

Foto Martabak Gue
Foto Martabak Gue

Warung Enon

Foto Warung Enon

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?