Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Sunda Berbahan Dasar Mie, Favorit Banget Nih!

List Artikel
30 Oktober 2020 | 0 Komentar

Mie menjadi salah satu kuliner yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bentuknya yang panjang sehingga mudah disantap dan teksturnya yang kenyal membuat kuliner ini tampil unik dan menarik. Meski mie asalnya dari China, tapi ternyata ada banyak sekali kuliner khas Indonesia yang berbahan dasar mie, termasuk kuliner khas Sunda. Seperti yang kita ketahui, kuliner khas Sunda sangat identik dengan lalapan dan sambal. Tapi selain itu ternyata ada aneka kuliner khas Sunda yang berbahan dasar mie. Buat yang ingin tahu ada aneka kuliner khas Sunda yang berbahan dasar mie, kamu bisa mengeceknya langsung di bawah ini!

 

1. Soto Mie Bogor



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner khas Sunda yang berbahan dasar mie adalah soto mie Bogor. Kamu pasti sudah pernah atau bahkan sudah sering menyantapnya. Soto mie Bogor memang sangat terkenal, tak hanya di Bogor dan daerah yang ada di Jawa Barat saja, tapi di berbagai kota yang ada di Indonesia. Soto mie Bogor merupakan kuliner berkuah yang di dalamnya terdapat isian mie kuning, bihun, risol yang sudah diiris-iris, potongan daging sapi dan kikil, irisan tomat dan kubis. Soto mie Bogor biasanya dijajakan melalui gerobak keliling sehingga termasuk dalam streetfood khas Sunda. Cita rasanya sangat gurih dengan perpaduan tekstur yang sangat beragam.


2. Mie Kocok



Sumber: Selerasa.com


Kuliner khas Sunda yang berikutnya adalah mie kocok yang asalnya dari Bandung. Mie kocok ini sangat terkenal sebagai kuliner malamnya kota Bandung karena cocok dikonsumsi saat malam hari untuk mengenyangkan perut dan menghangatkan badan. Mie kocok ini terbuat dari miekuning berbentuk gepeng yang dimasak bersama dengan kuah kaldu dan rempah lalu disajikan bersama dengan irisan kikil, bakso, tauge, irisan daun bawang seledri, bawang goreng, serta perasan jeruj limau. Cita rasanya sangat gurih dan menyegarkan.

 

3. Mie Koclok


Sumber: Aboutcirebon.id


Ada mie kocok, ada pula mie koclok. Kamu jangan sampai salah mengenali keduanya ya! Meski sama-sama kuliner khas Sunda yang berbahan dasar mie, tapi keduanya ini berbeda dari segi tampilan dan rasanya. Mie koclok yang asalnya dari Cirebon dibuat dari mie basah yang diberi topping irisan ayam suwir, tauge, dan kubis yang kemudian disiram dengan kaldu kental yang dibuat dari campuran santan sehingga warna kuahnya terlihat lebih putih dibanding kuah mie kocok. Untuk rasanya, sudah pasti ada campuran rasa asin dan gurih di dalamnya.

 

4. Mie Glosor



Sumber: Travelingyuk.com


Mie glosor menjadi salah satu kuliner khas Sunda yang berbahan dasar mie. Mie yang digunakan ini berbeda dari yang lainnya karena baham dasar pembuatan mie ini adalah tepung kanji sehingga teksturnya jauh lebih kenyal. Mie yang terbuat dari tepung kanji tersebut direbus bersama kaldu ayam hingga matang, lalu disajikan bersama dengan suwiran daging ayam atau sapi lalu diberi tambahan sayuran dan disiram dengan saus kacang. Unik bukan?


5. Ragit



Sumber: Cookpad.com


Terakhir ada ragit yang menjadi salah satu kuliner khas Sunda yang berbahan dasar mie. Meski bahan dasarnya mie, tapi kuliner ini punya citarasa yang mewah karena ada campuran udang di dalamnya. Ragit dibuat dari bahan dasar mie yang sudah direbus lalu disajikan bersama dengan kuah udang santan yang sangat kental, irisan udang, suwiran ayam, serta bawang goreng. Untuk menambah rasa pedas biasanya ragit diberi tambahan sambal kacang pedas.


Itu dia lima kuliner khas Sunda berbahan dasar mie yang jadi favorit banya orang. Kalau teman kuliner ingin coba aneka makanan di atas, kamu bisa mampir ke tempat makan rekomendasi Pergikuliner di bawah ini ya!

Soto Mie Karang Anyar

Foto Soto Mie Karang Anyar

Soto Mie Theresia

Foto Soto Mie Theresia

Soto Mie Puri H.Darjo

Foto Soto Mie Puri H.Darjo
Foto Soto Mie Puri H.Darjo

Soto Mie & Bakso Sarodja

Foto Soto Mie & Bakso Sarodja
Foto Soto Mie & Bakso Sarodja
Foto Soto Mie & Bakso Sarodja

Gula Merah

Foto Gula Merah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?