Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Korea Berbahan Dasar Tauge yang Rasanya Unik

List Artikel
9 Agustus 2021 | 0 Komentar

Kuliner Korea sudah sangat terkenal di dunia. Selain karena rasanya yang enak, kebanyakan kuliner Korea sangat sehat untuk dikonsumsi karena terbuat dari sayur-sayuran. Salah satu sayuran yang banyak digunakan dalam kuliner Korea adalah tauge. Tauge bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun matang, teksturnya renyah dan tidak punya aroma khusus. Tauge ini sangat bagus dikonsumsi karena memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.



Sumber: IDN Times


Menurut jurnal penelitian yang berjudul Pemanfaatan Kecambah Kacang Hijau, ada beberapa manfaat dari tauge seperti bisa mencegah anemia, meningkatkan kesuburan, melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan fungsi jantung, mengurangi kadar kolesterol, hingga melancarkan pencernaan. Di Indonesia sendiri, tauge dimasak menjadi gorengan, tumisan, hingga campuran pada kuliner berkuah. Lantas di Korea, tauge diolah menjadi kuliner apa? Yuk, coba kita lihat bersama!

 

1. Kongnamul Muchim



Sumber: Koreanbapsang.com


Kuliner Korea pertama yang berbahan dasar tauge adalah kongnamul muchim. Kongnamul muchim merupakan salah satu banchan alias lauk pauk pendamping makanan nasi yang punya rasa unik karena sebenarnya tauge yang digunakan adalah tauge mentah. Untuk membuatnya, Teman Kuliner cukup mencampurkan tauge mentah dengan bawang putih, kecap ikan, bubuk cabai, minyak wijen, dan potongan daun bawang. Setelah semua bahan dicampur rata, diamkan selama beberapa menit terlebih dahulu sebelum disantap. Lebih bagus lagi kalau didiamkan semalaman sehingga bumbunya bisa meresap dengan sempurna.


2. Kongnamul Guk



Sumber: Koreaherald.com


Suka yang berkuah-kuah? Teman Kuliner harus mencoba kongnamul guk. Kongnamul guk adalah sup tauge bening yang paling banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan. Di Korea, kongnamul guk ini juga disukai untuk disantap sebagai sup penghilang pengar sehabis mabuk. Bahan-bahan yang digunakan sangat simpel karena hanya menggunakan tauge, perasa ikan, bawang putih, garam, lada, dan daun bawang saja. Kongnamul guk ini akan terasa sangat nikmat jika dikonsumsi bersama dengan nasi putih hangat.


3. Kongnamul Bap



Sumber: Koreaherald.com


Selanjutnya ada kuliner Korea berbahan dasar tauge yang juga unik nih Teman Kuliner. Kuliner ini namanya kongnamul bap. Kongnamul dalam bahasa Korea berarti tauge, sedangkan bap adalah nasi. Jadi kongnamul bap adalah nasi tauge. Kuliner ini memang menggabungkan dua bahan utama, yakni tauge dan nasi putih yang dimasak menjadi satu. Untuk memasaknya bisa menggunakan rice cooker atau menggunakan panci gerabah yang dimasak di atas kompor. Sebelum dimasak, masyarakat Korea ada juga yang menambahkan sedikit daging tumis dalam campurannya supaya kuliner ini jadi lebih kaya nutrisi.


4. Kongnamul Japchae



Sumber: Koreanbapsang.com


Kongnamul japchae termasuk salah satu kuliner berbahan dasar tauge yang cocok untuk dijadikan sebagai lauk  pauk. Kongnamul japchae dibuat dari campuran soun Korea, tauge, wortel, dan daun bawang. Terkadang, kongnamul japchae ditambah dengan irisan daging sapi sehingga tekstur sajian ini jadi lebih beragam. Perbedaan kongnamul japchae dengan jenis japchae lainnya, perbandingan soun Korea dengan tauge ini berbanding satu banding satu sehingga seimbang dan tauge tidak dijadikan sebagai pelengkap, melainkan bahan utamanya.


5. Kongnamul Jeon



Sumber: Ytimg.com


Kuliner Korea berbahan dasar tauge yang terakhir adalah kongnamul jeon. Kongnamul jeon adalah salah satu jenis jeon atau pancake ala Korea. Sesuai dengan namanya, kognamul jeon ini dibuat dari bahan dasar tauge yang dicampur dengan adonan tepung jeon dan dipanfry hingga matang. Jika tidak ada tepung jeon, biasanya akan diganti dengan tepung pancake yang original alias tidak ada rasa manisnya dan Teman Kuliner hanya perlu memasukkan taugenya saja. Seperti jeon pada umumnya, cara menyantap kongnamul jeon ini harus dicelupkan ke dalam saus khusus yang dibuat dari campuran kecap asin, minyak wijen, bubuk cabe, dan biji wijen.

 

Itulah beberapa kuliner Korea berbahan dasar tauge yang unik dan cocok disantap dengan nasi putih hangat. Teman Kuliner sudah pernah mencoba yang mana? Buat yang ingin menyantap kuliner Korea, PergiKuliner punya rekomendasi restorannya di bawah ini!

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Samwon House

Foto Samwon House
Foto Samwon House
Foto Samwon House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?