Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner yang Dapat Mengurangi Candu Kafein

List Artikel
2 Oktober 2020 | 0 Komentar

Kafein menjadi salah satu senyawa yang bisa membuat tubuh jadi lebih bersemangat, menghilangkan kantuk, hingga menajamkan konsentrasi. Tak heran kalau kopi yang mengandung kafein sangat digemari untuk dikonsumsi karena tak hanya menjadi gaya hidup, kopi memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi sehingga menjadi minuman yang difavoritkan para pekerja kantoran maupun mahasiswa. Sayangnya, kadar kafein dalam kopi yang sangat tinggi bisa membuatmu kecanduan jika dikonsumsi terlalu sering. Misalkan saja kamu bisa menghabiskan 2-3 gelas kopi per harinya. Jika sudah kecanduan kafein, maka akan ada banyak efek yang dialami oleh tubuh. Mulai dari insomnia hingga terjadinya masalah pencernaan. Hal ini tentunya harus segera di atasi dengan mengurangi candu kafein. Caranya sangat mudah, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa kuliner yang ada di bawah ini!


1. Minuman Bersoda Tanpa Gula



Sumber: Grid.id


Kuliner pertama bisa mengurangi efek kecanduan kafein adalah minuman bersoda tanpa gula. Sebenarnya minuman bersoda tanpa gula, ada yang memiliki kadar kafein di dalamnya dan ada yang tidak. Oleh karena itu, saat akan mengonsumsinya, kamu harus mengecek terlebih dahulu label kemasannya. Jika ingin mengurangi efek candu kafein secara perlahan, kamu bisa minum minuman bersoda yang ada kafeinnya. Meski ada kafeinnya, tapi kadar kafein pada minuman bersoda tidak setinggi kafein kopi sehingga bisa membantu perlahan mengurangi efeknya.


2. Cokelat



Sumber: Pergikuliner.com


Cokelat juga bisa mengurangi rasa candu dari kafein. Meski cokelat punya kandungan kafein di dalamnya, tapi tidak sebanyak kopi sehingga dapat mengurangi candu kafein. Cokelat memiliki efek menenangkan pikiran dan membuat suasana hati jadi lebih baik. Tapi semakin gelap warna cokelat, maka semakin tinggi kafeinnya. Jadi bisa dikatakan kalau dark chocolate punya kadar kafein yang lebih tinggi dibanding milk chocolate dan white chocolate. Tapi berhubung white chocolate kadar gulanya sangat tinggi, maka lebih baik kamu mengonsumsi milk chocolate jika ingin mengurangi candu kafein.


3. Oatmeal



Sumber: Cookingclassy.com


Berikutnya ada oatmeal yang juga bisa mengurangi efek candu dari kebanyakan asupan kafein. Oatmeal punya kandungan serat tinggi serta nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, oatmeal juga bisa memberikan energi ekstra pada tubuh sehingga mampu efek kecanduan kafein. Saat mengonsumsi kafein, cobalah untuk menambahkan beberapa buah-buahan segar supaya bisa menambah asupan nutrisi harian.


4. Teh Herbal



Sumber: Pergikuliner.com


Salah satu fungsi kafein adalah bisa menghilangkan rasa kantuk pada tubuh. Tapi jika kita sedang mengurangi efek candu dari kafein, tentu saja kamu harus mengurangi minuman kopi. Oleh karena itu, sebagai penggantinya, kamu bisa mengonsumsi teh herbal yang lebih alami. Teh herbal tak hanya bisa menghilangkan rasa kantuk, tapi juga bisa menenangkan pikiran dan menghilangkan stress.


5. Es Krim



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada es krim yang bisa kamu konsumsi sebagai kuliner yang dapat mengurangi kecanduan kafein. Es krim mampu meningkatkan mood, membuat suasana hati lebih baik, menghilangkan stres, dan masih banyak lagi. Supaya kamu bisa menghilangkan efek candu kafein, pilihlah es krim dengan citarasa cokelat, thai tea, maupun kopi. Tiga rasa ini punya kandungan kafein yang sangat rendah sehingga bisa menghilangkan efek candu kafein secara perlahan.

 

Itulah beberapa kuliner yang dapat mengurangi candu kafein. Dengan mengonsumsi kuliner-kuliner yang ada di atas, kecanduan kafeinmu pasti akan berkurang. Selamat menerapkannya ya, teman kuliner!

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

BRUN Feel The Chocolate

Foto BRUN Feel The Chocolate
Foto BRUN Feel The Chocolate
Foto BRUN Feel The Chocolate

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Gelato Secrets

Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?