Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Lauk Pendamping Sayur Sop untuk Meningkatkan Selera Makan

List Artikel
9 Maret 2024 | 0 Komentar

Makanan sehat seperti sayur sop sering kali diidentikkan dengan kuliner yang cocok untuk berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, serta cocok disajikan di berbagai momen perayaan seperti pernikahan atau hajatan. Sayur sop konon berasal dari daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur, tapi sebenarnya hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti asal muasalnya. Sayur sop adalah sayur bening yang terbuat dari aneka sayuran yang dimasak dalam kuah kaldu ayam atau sapi sehingga rasanya menjadi sangat gurih. Jenis sayuran yang paling sering digunakan dalam sayur sop adalah wortel, buncis, kentang, kubis, kembang kol, hingga daun bawang seledri. Sayur sop ini biasanya disantap dengan nasi putih hangat dan lauk-pauk.  Nah, ada beragam jenis lauk yang tentunya cocok disantap bersama dengan sayur sop. Namun, hanya ada beberapa jenis lauk favorit yang bisa semakin meningkatkan selera makan saat menyantap sayur sop. Apa saja itu?

 

1. Perkedel Kentang



Sumber: resepkoki.id


Lauk pendamping sayur sop yang paling sering disajikan adalah perkedel kentang. Lauk ini seolah sudah menjadi lauk wajib yang disajikan di antara kuliner rumahan. Perkedel kentang dibuat dari bahan dasar kentang yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus, kemudian dihancurkan dan diberi tambahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, garam, dan pala. Setelah itu, dibentuk bulat pipih dan dicelupkan dalam kocokan telur lalu digoreng hingga luarnya berwarna cokelat keemasan. Teksturnya sangat lembut dan rasanya gurih asin.

 

2. Telur Dadar



Sumber: detik.net.id


Telur dadar menjadi lauk pendamping sayur sop yang biasanya diberikan untuk anak-anak karena kaya akan gizi dan tidak pedas. Telur dadar yang dijadikan sebagai lauk pendamping sayur sop ini adalah telur dadar yang digoreng garing dengan campuran irisan daun bawang, lada, dan garam. Tekstur telur dadar cenderung agak garing pada bagian pinggiran tetapi tetap lembut pada bagian tengah. Selain telur dadar biasa seperti ini, sayur sop juga cocok disantap dengan telur dadar Padang.

 

3. Ayam Goreng



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, ada ayam goreng yang pastinya sangat disukai oleh hampir setiap kalangan masyarakat, tidak hanya oleh anak-anak tetapi juga orang tua. Di Indonesia, ada banyak varian ayam goreng, tapi yang paling sering dijadikan sebagai lauk pendamping sayur sop adalah ayam goreng lengkuas karena aromanya yang wangi dan teksturnya yang cukup garing pada bagian luar tetapi lembut pada bagian dalam. Selain ayam goreng lengkuas, ada ayam goreng kalasan dan ayam goreng kremes yang juga cocok sebagai lauk pendamping sayur sop.

 

4. Sambal Goreng Kentang Ati



Sumber: astronauts.id


Buat pecinta kuliner pedas, menyantap sayur terkadang terasa agak hambar karena rasa aslinya cenderung gurih asin. Untuk meningkatkan selera makan saat menyantap sayur sop, maka padukanlah sayur sop dengan sambal goreng kentang ati yang rasanya pedas. Sesuai dengan namanya, sambal goreng kentang ati dibuat dari bahan dasar kentang, ati, dan sambal goreng. Kentang dipotong-potong berbentu dadu terlebih dahulu sebelum digoreng, sedangkan ati direbus terlebih dahulu lalu dipotong dadu dan digoreng. Setelah itu, bumbu sambal atau bumbu merah ditumis bersama dengan kentang dan ati. Jenis ati yang digunakan bisa berupa ati sapi ataupun ati ayam. Tekstur ati sapi lebih kenyal, sedangkan ati ayam lebih lembut.


5. Udang Goreng Tepung



Sumber: pergikuliner.com


Menu lauk pendamping sayur sop yang terakhir adalah udang goreng tepung. Udang goreng tepung dibuat dengan cara menggoreng udang yang sudah dikupas kulitnya, lalu dibalur dengan adonan tepung, kemudian digoreng hingga luarnya garing. Tekstur garing dan renyahnya inilah yang bisa meningkatkan selera makan saat menyantap sayur sop. Selain dimasak dengan cara digoreng dengan baluran tepung, udang juga bisa dimasak dengan bumbu sambal goreng untuk rasa yang lebih pedas.


Bagaimana menurutmu mengenai kelima lauk pendamping sayur sop yang telah dibahas di atas? Manakah jenis lauk pendamping sayur sop yang menjadi favorit dan paling meningkatkan selera makanmu? Nah, buat kamu yang sedang ingin menyantap sayur sop atau kuliner berkuah khas Indonesia lainnya, kamu bisa kunjungi salah satu dari beberapa rekomendasi tempat di bawah ini!

Sop Buntut Sapi Ma' Emun

Foto Sop Buntut Sapi Ma' Emun
Foto Sop Buntut Sapi Ma' Emun
Foto Sop Buntut Sapi Ma' Emun

Sop Ayam Pak Min Klaten

Foto Sop Ayam Pak Min Klaten
Foto Sop Ayam Pak Min Klaten
Foto Sop Ayam Pak Min Klaten

Sop Ikan Batam

Foto Sop Ikan Batam
Foto Sop Ikan Batam
Foto Sop Ikan Batam

Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo
Foto Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Soto Mie Kota Udang

Foto Soto Mie Kota Udang
Foto Soto Mie Kota Udang
Foto Soto Mie Kota Udang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?