Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Khas Rumah Makan Sunda yang Bikin Kamu Terus Nambah

List Artikel
15 Desember 2017 | 0 Komentar

Indonesia memiliki banyak sekali kuliner tradisional yang cita rasanya sangat beragam. Sebut saja kuliner Padang, Solo, Yogyakarta, Medan, hingga kuliner khas Sunda yang tergolong sehat untuk dikonsumsi karena makanan Sunda terdiri dari lauk pauk serta sayuran yang lengkap dalam setiap sajiannya. Kebanyakan rumah makan Sunda memiliki konsep makan di saung atau lesehan. Hal ini dikarenakan masyarakat Sunda suka menyantap makanan di gazebo atau saung yang ada di tengah sawah dengan cara lesehan dan menggunakan tangan. Buat kamu yang suka menyantap kuliner khas Sunda, coba perhatikan adanya lima makanan di bawah ini yang menjadi menu wajib saat kamu datang ke rumah makan Sunda, yaitu:

 

1. Aneka Nasi

Sumber: pergikuliner.com


Rumah makan Sunda tak hanya menyajikan nasi putih hangat saja, tapi juga aneka nasi dengan cita rasa yang berbeda seperti nasi bakar yang diberi tambahan ikan teri dan kemangi. Nasi tutug oncom yang diberi tambahan oncom dan rempah-rempah lainnya. Lalu ada juga nasi liwet yang dimasak dengan panci yang diisi dengan ikan asin dan bumbu rempah yang membuat nasi jadi lebih beraroma dan cita rasanya jadi lebih lezat.

 

2. Ikan Goreng


Sumber: pergikuliner.com


Ikan goreng menjadi lauk pauk wajib yang pasti dipesan saat ada di rumah makan Sunda. Jenis ikan yang dipesan bisa berupa ikan gurame goreng, ikan bawal goreng, ikan mujair goreng, hingga ikan asin. Masyarakat Sunda sangat suka menyantap ikan air tawar karena di daerah Jawa Barat ada banyak budidaya ikan air tawar sehingga hasil panennya cukup melimpah dibanding dengan daerah lain.


 

3. Sayur Asem


Sumber: pergikuliner.com


Ada ikan goreng, sudah pasti ada sayur asem yang sangat cocok diseruput dengan lauk ikan goreng. Sayur asem khas Sunda memiliki cita rasa yang berbeda dengan sayur asem Betawi. Rasa kuahnya jauh lebih asam, gurih, dan cukup pedas sehingga sanggup membuat kamu ketagihan. Sayur asem Sunda biasanya berisi kacang panjang, daun melinjo, melinjo, labu siam, kacang tanah, jagung manis, dan belimbing wuluh yang membuat rasanya jadi lebih asam.

 

4. Pepes


Sumber : pergikuliner.com


Selain ikan goreng, menu pepes juga pasti ada dalam menu makanan khas rumah makan Sunda. Pepes khas Sunda punya banyak jenis, mulai dari pepes jamur, pepes ayam, pepes tahu, hingga pepes ikan yang paling banyak dipesan. Masing-masing pepes memiliki cita rasa yang berbeda-beda, tapi ada satu kesamaan rasa di antara semuanya, yakni rasa pedas dan gurih yang bisa bikin kamu semakin mau nambah.


5. Lalapan dan Sambal


Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada lalapan dan sambal yang tak akan boleh ketinggalan dalam menu makanan khas Sunda. Tak heran jika makan di rumah makan Sunda paling enak dengan menggunakan tangan. Ada banyak pilihan sambal yang bisa kamu pilih, tapi yang paling menjadi favorit adalah sambal dadak, sambal tomat, dan sambal terasi. Sementara untuk lalapannya ada daun kemangi, mentimun, terong, tomat, petai bakar, kol, dan daun selada.

 

Dan itu dia lima makanan khas Sunda yang wajib banget kamu pesan saat berkunjung ke rumah makan khas Sunda. Apabila kamu kepingin makan makanan khas Sunda, kamu wajib tahu lima rekomendasi restoran khas Sunda rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

RM Pondok Angkasa Ciganea

Foto RM Pondok Angkasa Ciganea
Foto RM Pondok Angkasa Ciganea
Foto RM Pondok Angkasa Ciganea

Cabe Rempah

Foto Cabe Rempah
Foto Cabe Rempah
Foto Cabe Rempah

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Radja Gurame

Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?