Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Khas Turki yang Harus Kamu Cicipi di Bulan Ramadhan

List Artikel
21 Mei 2019 | 0 Komentar

Turki dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kuliner beragam. Cita rasanya yang gurih juga membuat makanan khas Turki cocok bagi lidah semua orang, termasuk juga lidah masyarakat Indonesia. Secara umum makanan dari Turki didominasi oleh bahan baku daging yang kemudian diimbangi dengan penggunaan beragam jenis sayuran. Bumbu yang dipakai juga kebanyakan berasal dari rempah-rempah, sama seperti kuliner dari Indonesia. Sehingga tak heran kalau makanan khas Turki dapat disambut dengan baik oleh pecinta kuliner tanah air. Nah, bagi kamu yang belum sempat mencicipi kenikmatan makanan khas Turki, berikut ini PergiKuliner punya rekomendasi makanan khas Turki yang bisa kamu coba saat berbuka puasa nanti!


1. Kebab



Sumber : Pergikuliner.com


Kebab adalah salah satu makanan Turki yang paling populer di seluruh dunia. Makanan ini berupa irisan daging kambing atau sapi yang dipanggang di sebuah tiang panggangan yang berputar, lalu digulung di dalam roti pita yang gurih. Selain daging, kebab juga berisi tomat, bawang bombay, selada, jamur, dan saus sambal. Cara penyajian kebab sendiri ada yang dibungkus dengan roti pita seperti kebab yang banyak kita temukan di Indonesia, dan ada pula sate kebab yang berupa potongan daging, paprika, serta bawang yang ditusuk dan dipanggang hingga matang. Banyak pedagang kaki lima yang menjual kebab di hampir seluruh wilayah yang ada di Turki.


2. Borek



Sumber: Pixabay.com


Borek merupakan makanan khas Turki yang berisi keju, daging cincang, dan sayuran berupa bayam atau kentang. Berbagai bahan tersebut membuat makanan ini memiliki rasa yang gurih, sehingga tentu akan sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Proses pembuatan borek biasanya ada yang langsung dipanggang atau direbus terlebih dahulu sebelum dipanggang. Selain itu, borek pun dua macam varian, yaitu borek kering yang gurih atau borek basah yang lembut di dalam mulut. Sebelum disajikan, biasanya bagian atas borek akan ditaburi dengan wijen hitam.


3. Dolma



Sumber: Picmix.com


Kalau makanan yang satu ini penampilannya sedikit mirip dengan lemper khas Indonesia. Bedanya, jika lemper dibungkus dengan daun pisang, sedangkan dolma dibungkus dengan daun yang bisa langsung dimakan. Ada beberapa macam sayuran yang biasa digunakan untuk membuat dolma ini diantaranya adalah terong, paprika, tomat, kol, dan daun anggur. Isi dari dolma sendiri adalah nasi dan daging yang dicincang halus. Dolma yang telah dibungkus kemudian akan dikukus hingga matang sebelum disajikan.


4. Kofte




Sumber: Cookpad.com


Kalau tadi sudah ada kue pastri dan roti khas Turki, maka kurang lengkap rasanya jika belum mengenal hidangan main course khas Turki. Kofte adalah salah satu hidangan andalan yang tidak boleh kamu lewatkan di negara ini. Kofte merupakan sejenis steak berukuran kecil, seperti perkedel. Makanan ini terbuat dari daging ayam, sapi, atau kambing yang digiling dan dicampur dengan beraneka bumbu khas Turki. Cara mengolahnya bisa dengan dipanggang, direbus, maupun digoreng sesuai dengan selera. Kofte biasanya disantap bersama salad, nasi, dan saus.


5. Hummus



Sumber: Selerasa.com


Terakhir, ada salad khas Turki yang wajib untuk kamu cicipi yaitu Hummus. Bahan dasar untuk membuat hummus adalah kacang Arab, minyak zaitun, air lemon, lada, dan garam. Karena hummus merupakan hidangan pembuka, maka menyantap makanan ini biasanya paling enak bersama dengan roti pita. Cara menikmati hummus adalah dengan menyobek sedikit roti pita dan cocol ke dalam hummus. Dijamin kamu pasti akan ketagihan setelah mencobanya!


Itulah beberapa contoh makanan khas Turki yang wajib untuk kamu coba. Makanan-makanan diatas bisa sekaligus menjadi referensi menu buka puasa bagi kamu yang masih bingung ingin berbuka puasa dimana sore hari nanti. Selain lezat dan sehat, makanan khas Turki juga terkenal halal sehingga aman untuk dikonsumsi. 

Nah, setelah baca artikel tadi kamu jadi ingin makan makanan khas Timur Tengah? Kalau gitu, langsung mampir aja ke tempat-tempat ini yuk!

Warung Turki

Foto Warung Turki
Foto Warung Turki
Foto Warung Turki

Turkuaz

Foto Turkuaz
Foto Turkuaz
Foto Turkuaz

Ajwad Restaurant

Foto Ajwad Restaurant
Foto Ajwad Restaurant
Foto Ajwad Restaurant

Abunawas

Foto Abunawas
Foto Abunawas
Foto Abunawas

Al-Jazeerah

Foto Al-Jazeerah
Foto Al-Jazeerah
Foto Al-Jazeerah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?