Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Medan Maknyus yang Kamu Bisa Coba di Jakarta

List Artikel
24 Mei 2017 | 0 Komentar
Beberapa tahun belakang ini, Medan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup diminati para turis lokal maupun internasional, apalagi setelah bandara terbesar kedua di Indonesia, Bandara Internasional Kualanamu, dibuka tahun 2013. Tujuan para turis datang ke sana tidak lain karena banyaknya beragam kuliner berada di sana, yang siap memanjakan lidah para pecinta kuliner. Namun, kamu tidak perlu jauh-jauh ke sana untuk menikmati beberapa makanan khas Medan ini, karena kamu bisa menyantapnya di Jakarta. Apa aja makanan Medan yang bisa kamu coba di Jakarta? Cek daftarnya di bawah ini!

1. Bakso Medan


sumber: pergikuliner

Bakso Medan secara kasat mata tidak terlalu berbeda dengan bakso lainnya. Perbedaan yang cukup mencolok adalah penyajian kwetiaw, mie dan bihun di mangkuk terpisah. Selain itu, adanya daging sapi yang diiris di dalamnya, selain daripada basko itu sendiri. Nah, di Jakarta ini, kamu wajib mencoba Baso Akiaw 99, bakso sapi lezat, dengan daging yang manis dan juicy ditemani dengan kwetiaw atau mie yang ditaburi bawang goreng. Maknyus!

2. Mie Medan


sumber: pergikuliner

Ada beberapa jenis mie Medan yang bisa kamu nikmati, diantaranya ada mie keriting Siantar dan mie cong sim. Mie Cong Sim mempunyai bakmi yang halus dengan toping babi panggang merah khas Medan dan ditaburi bawang goreng diatasnya. Kamu bisa menikmatinya bakmi tersebut di Bakmi Cong Sim "Athek" yang sudah mempunyai beberapa cabang di Jakarta. Bakminya juga tidak mengandung micin lho, jadi selain enak, juga aman dikonsumsi. 

3. Kwetiau Medan


sumber: pergikuliner

Kwetiau khas Medan tidak menggunakan kecap pada proses memasak, sehingga menghasilkan warna kwetiau yang putih sedikit kecoklatan dari warna "hangus" saat digoreng. Kwetiau Medan juga biasa diberi toping babi, seperi lapciong atau sosi babi, seperti yang bisa kamu makan di Kwetiau Akang, di Mangga Besar.

4. Nasi Campur Medan


sumber: pergikuliner

Babi panggang siobak dan babi panggang merah madu yang enak akan tambah mantap ditemani dengan nasi hainam gurih. Nasi campur babi khas Medan ini tentunya kamu bisa coba juga di Jakarta, tepatnya di rumah makan Atek yang sudah buka beberapa cabang.

5. Bihun Bebek

sumber: pergikuliner

Bihun yang ditemui di masakan khas Medan ini berbeda dengan bihun lainnya. Bentuknya lebih tebal, hampir menyerupai soun, namun dengan warna yang lebih putih. Dan biasa kalau kamu makan bihun pakai toping ayam, kali ini bebek yang akan menambah kelezatan masakan bihun tersebut. Di Jakarta, kamu bisa merasakan lezatnya bihun bebek khas Medan tersebut di Bihun Bebek & Ayam TPI.

Nah, itu dia beberapa makanan khas Medan yang ada di Jakarta dan wajib banget kamu coba, apalagi buat teman PergiKuliner yang sedang kangen kampung halamannya. Sebelum kamu berangkat pergi kulineran mencari makanan khas Medan lainnya, coba yuk liat dulu foto-foto dan review nya dengan klik di bawah ini!

Bakso Akiaw 99

Foto Bakso Akiaw 99
Foto Bakso Akiaw 99
Foto Bakso Akiaw 99

Bakmi Congsim Medan Pasar Rame

Foto Bakmi Congsim Medan Pasar Rame
Foto Bakmi Congsim Medan Pasar Rame
Foto Bakmi Congsim Medan Pasar Rame

Kwetiau Akang

Foto Kwetiau Akang
Foto Kwetiau Akang
Foto Kwetiau Akang

Bihun Bebek & Ayam TPI

Foto Bihun Bebek & Ayam TPI
Foto Bihun Bebek & Ayam TPI

Cari tempat makan khas Indonesia lainnya di Pergikuliner.com yuk!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?