5 Makanan Penambah Imun yang Bisa Dikonsumsi Sehari-hari

4 Oktober 2021 | 0 Komentar

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, Teman Kuliner bisa mengonsumsi makanan penambah imun. Sistem kekebalan tubuh yang tinggi bisa membuat kita tidak mudah sakit. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mulai dari rutin berolahraga hingga menyantap makanan penambah imun. Cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan makanan penambah imun ini terbilang sangat mudah dan pastinya sangat kita sukai sebagai pecinta kuliner. Makanan penambah imun adalah makanan yang kaya akan nutrisi di dalamnya sehingga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas adalah vitamin A, C, B kompleks, E,  hingga beberapa mineral serta antioksidan. Beberapa makanan penambah imun yang bisa dikonsumsi sehari-hari adalah: 


1. Buah Berry



Sumber: Jenis.net


Makanan penambah imun yang pertama adalah buah berry. Jenis buah berry memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, di dalam buah berry juga ada kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan alami sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada banyak jenis buah berry yang bisa Teman Kuliner konsumsi sehingga bisa berganti-ganti setiap harinya supaya tidak bosan. Jenis buah berry yang punya nutrisi tinggi adalah blueberry, strawberry, rasberry, hingga blackberry.


2. Sayuran Hijau



Sumber: Scientificamerican.com


Sayuran hijau juga bagus dikonsumsi sebagai makanan penambah imun yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Sayuran hijau mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat tinggi. Selain itu juga ada kandungan flavonoid dan betakaroten. Jenis sayuran hijau yang punya kandungan nutrisi tinggi adalah brokoli, sawi atau pokcoy, kangkung, dan bayam. Teman Kuliner bisa mengonsumsinya secara bergantian setiap hari. Sayuran hijau bisa dikonsumsi ini bisa dijadikan sebagai sup, tumisan, hingga dikukus untuk disantap bersama dengan makanan lainnya.


3. Kacang Almond




Sumber: Dinigifts.com


Kacang almond adalah salah satu makanan penambah imun yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Kacang almond sangat kaya akan kandungan vitamin E dan C. Selain itu juga ada kandungan fosfor, magnesium, dan antioksidan. Teman Kuliner bisa mengonsumsi kacang almond setiap harinya sebanyak 50 gram saja untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain kacang almond, jenis kacang lainnya juga bisa menjadi makanan penambah imun yang bisa dikonsumsi sehari-hari seperti kacang walnut hingga kenari.


4. Dark Chocolate



Sumber: Ieka.co.id


Siapa yang tidak suka cokelat? Cokelat merupakan makanan yang tak hanya bisa meningkatkan mood seseorang, tapi juga bisa bisa meningkatkan imunitas tubuh. Tentunya tidak semua jenis cokelat yang bisa menjadi makanan penambah imun. Hanya cokelat hitam atau dark chocolate saja yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya jenis cokelat ini tidak memiliki campuran lain seperti gula yang menjadi pemanis hingga susu. Inilah yang membuat dark chocolate sangat aman dikonsumsi setiap hari.


5. Yoghurt



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan penambah imun yang terakhir adalah yoghurt. Yoghurt dibuat dari susu yang difermentasikan. Di dalamnya terdapat kandungan nutrisi vitamin D yang sangat tinggi. Selain itu, yoghurt yang mengandung bakteri baik akan bagus untuk sistem pencernaan tubuh. Jika sistem pencernaan baik, maka tubuh bisa menyerap nutrisi dari makanan yang kita santap dengan maksimal. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan nutrisi cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi yoghurt bisa dalam bentuk minuman, tapi juga bisa disantap dalam bentuk frozen atau froyo.

 

Sekarang Teman Kuliner sudah tahu kan ada makanan penambah imun apa saja yang bisa dikonsumsi setiap hari. Jadi mulai sekarang, Teman Kuliner bisa mengonsumsi salah satunya di bawah ini!

Yomie's Rice X Yogurt

Better Chocolate Than Never

Mie Kangkung Jimmy

Lula Kitchen & Coffee

Nutrisi Cafe


Topik artikel ini: