Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Ampas Kopi yang Harus Kamu Ketahui

List Artikel
14 November 2020 | 0 Komentar

Kopi merupakan salah satu minuman yang populer hampir di seluruh dunia. Namun, biasanya orang-orang akan menyisihkan atau membuang ampas kopi setelah menyeduhnya. Padahal ampas kopi punya berbagai manfaat yang patut kamu pertimbangkan lho. Baik untuk tanaman, masakan, sampai kecantikan. Sebelum membuangnya, pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis ya agar tahu manfaat ampas kopi yang ternyata sangat banyak dan bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari!



Sumber: Oldworldgardenfarms.com


1. Menyuburkan Tanaman

Manfaat ampas kopi yang pertama adalah ampas kopi dapat menyuburkan tanaman. Jika teman kuliner suka bercocok tanam atau memiliki kebun di rumah nampaknya kamu harus mempertimbangkan ampas kopi sebagai penyubur tanaman kamu nih. Ampas kopi ternyata dapat menjadi pupuk tanaman yang akan memberi nutrisi untuk tanah dan membantu pertumbuhan tanaman tersebut. Ampas kopi mengandung mineral penting pertumbuhan tanaman seperti Nitrogen, Kalsium, Kalium, Besi, Fosfor, Magnesium dan Kromium. Selain itu, ampas kopi juga bisa menjadi anti hama atau serangga yang sering mengganggu tanaman. Untuk menyuburkan tanaman, kamu bisa menaburkan sisa ampas kopi pada tanaman tersebut dan tanah di sekitar pot tanaman.


2. Menjadi Body Scrub

Partikel kasar dari ampas kopi dipercaya bisa digunakan sebagai exfoliator yang membantu kulit semakin halus. Exfoliator yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati menjadikan kulit jadi lebih halus dan cerah. Terlebih lagi, kafein dalam bubuk kopi memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan dapat meningkatkan aliran darah, yang membantu kesehatan kulit secara keseluruhan. Teman kuliner bisa rutin menggunakan lulur kopi sendiri di rumah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi ketika masa pandemi seperti ini, menjadikan ampas kopi sebagai alternatif perawatan dirasa lebih aman ketimbang harus pergi ke salon kecantikan. Membuat lulur kopi sendiri di rumah juga sangat mudah, cukup campurkan ampas kopi dengan air atau minyak zaitun lalu balurkan ke seluruh tubuh.


3. Menyamarkan Selulit

Manfaat ampas kopi selanjutnya adalah ampas kopi dipercaya mampu dapat menyamarkan selulit. Banyak wanita mengeluh tentang masalah selulit yang ada di tubuh mereka dan sulit untuk menghilangkannya. Beberapa bahkan sampai ada yang tidak percaya diri untuk memakai baju favorit mereka. Kabar gembiranya, teman bisa menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan selulit yang kerap mengganggu penampilan nih. Caranya dengan mencampurkan ampas kopi dengan essential oil kemudian gosok secara perlahan pada area selulit, diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air bersih.


4. Melunakkan Daging

Mengolah daging sapi atau daging kambing biasanya menjadi tantangan tersendiri, karena tak mudah untuk membuat daging menjadi empuk dalam sekali masak. Kamu bisa memanfaatkan ampas kopi untuk melunakkan daging yang ingin dimasak. Sifat asam dalam kopi dapat bermanfaat untuk melunakkan daging dan memperkaya cita rasa daging tersebut. Untuk melunakkan daging dengan ampas kopi, caranya cukup rendam daging dengan ampas kopi yang telah dilarutkan dan diamkan sejenak.


5. Menghilangkan Noda Pada Wajan

Selain digunakan untuk body scrub, partikel kasar pada ampas kopi ternyata juga ampuh digunakan sebagai pembersih noda pada wajan. Biasanya noda-noda hitam di wajan sangat sulit dihilangkan jika hanya dicuci biasa, namun mencucinya dengan ampas kopi maka semua noda di wajan dijamin akan hilang. Caranya juga cukup mudah,  campurkan air sabun dengan ampas kopi kemudian gosokkan pada bagian wajan yang kotor atau bernoda menggunakan spons. Lakukan berulang kali sampai noda di wajan menghilang. Setelah itu, bilas dengan air bersih.


Itu dia lima manfaat ampas kopi yang perlu kamu ketahui. Jadi, kalau teman kuliner habis minum kopi jangan langsung buang ampasnya. Tetapi tidak semua orang suka minum kopi yang berampas nih, makanya beberapa teman kuliner lebih memilih untuk ngopi di coffee shop. Apa saja coffee shop favorit teman kuliner? Pergikuliner sudah siapkan daftarnya di bawah ini!

Dia Honest Coffee and Bakes

Foto Dia Honest Coffee and Bakes
Foto Dia Honest Coffee and Bakes
Foto Dia Honest Coffee and Bakes

Clave Coffee Shop

Foto Clave Coffee Shop
Foto Clave Coffee Shop
Foto Clave Coffee Shop

Bukanagara Coffee

Foto Bukanagara Coffee
Foto Bukanagara Coffee
Foto Bukanagara Coffee

Sudut Sedjenak

Foto Sudut Sedjenak
Foto Sudut Sedjenak
Foto Sudut Sedjenak

Hours Coffee & More

Foto Hours Coffee & More
Foto Hours Coffee & More
Foto Hours Coffee & More

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?