Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Harus Kamu Ketahui

List Artikel
2 Desember 2020 | 0 Komentar

Menikmati secangkir kopi di pagi hari memang menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Minum kopi diketahui bisa memberikan efek penyemangat dan penghilang rasa ngantuk. Lalu, bagaimana dengan manfaat minum kopi di pagi hari? Apakah bagus untuk kesehatan tubuh ataukah tidak? Ternyata minum kopi di pagi hari bisa mendatangkan sejumlah manfaat bagi tubuh lho. Minum kopi di pagi hari dipercaya bisa membantu meningkatkan energi untuk beraktivitas selama seharian penuh. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikel berikut ini yang akan membahas manfaat minum kopi di pagi hari secara detail!


Sumber: Pergikuliner.com


1. Meningkatkan Fokus dan Energi

Kandungan kafein dalam kopi diketahui bisa meningkatkan fungsi otak seperti mengaktifkan sel-sel syaraf, daya ingat, suasana, dan fungsi umum lainnya. Sehingga membuat otak kita jadi lebih fokus dalam melakukan aktivitas. Selain itu, kafein juga bisa menjadi stimulan yang membuat tubuh lebih segar dan lebih bersemangat serta tidak cepat lelah. Kafein sendiri sudah dikenal sebagai bahan psikoaktif yang paling banyak digunakan di dunia. Jadi, kalau kamu merasa suka ngantuk atau sering pusing, minumlah secangkir kopi di pagi hari agar aktivitas kamu sepanjang hari terasa lebih rileks dan menyenangkan.


2. Kesehatan Jantung

Menurut hasil penelitian dari John Hopkins University, kandungan dalam kopi ternyata dapat menurunkan resiko penyumbatan arteri yang dapat berpotensi memicu serangan jantung. Diketahui kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi bisa membantu menurunkan penyumbatan kalsium di arteri koroner jantung. Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga dapat mendorong kinerja sel-sel jantung bekerja lebih efisien, sehingga mengonsumsi kopi setiap pagi hari sangat bagus untuk kesehatan jantungmu.


3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi sangat populer di kalangan orang-orang yang sedang diet, khususnya wanita. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi yang mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Sehingga membuat proses pembakaran lemak dan pencernaan makanan menjadi lebih cepat. Selain itu, minum kopi di pagi hari diketahui juga dapat membantu menurunkan berat badan, karena kandungan klorogenik dalam kopi yang bermanfaat untuk memperlambat proses penyerapan karbohidrat dan penguraian lemak. Sehingga nafsu makan menjadi berkurang jika mengonsumsi kopi di pagi hari secara rutin.


4. Melancarkan Pencernaan

Jika kamu mengalami masalah pencernaan, maka kamu bisa mulai mengatasinya dengan kopi. Minuman berkafein yang satu ini diketahui bisa meningkatkan fungsi organ pencernaan dalam perut dan menjaga sistem pencernaan. Hal itu dikarenakan kopi bisa menstimulasi cairan dalam lambung, sehingga mempengaruhi sistem pemecahan zat makanan dan penyerapan nutrisi oleh tubuh. Minumlah kopi dengan takaran yang tepat, setidaknya maksimal 2 cangkir sehari. Dan, waktu terbaik untuk minum kopi ialah pagi hari. Konsumsilah secara rutin untuk mengatasi masalah pencernaanmu.


5. Memenuhi Kebutuhan Antioksidan Tubuh

Seperti yang telah dibahas diatas, kopi sangat kaya akan kandungan antioksidan. Tak heran kalau dengan mengonsumsinya secara rutin dapat membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan antioksidan harian serta menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri diketahui bisa memicu berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, hipertensi, kanker hingga stroke. Namun jika kamu rajin meminum kopi terutama di pagi hari, maka dapat mengurangi masuknya radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit kronis tersebut.


Itulah beberapa manfaat dari minum kopi di pagi hari. Sebagai catatan, mengonsumsi kopi berlebihan juga dapat memberikan efek samping. Maka dari itu, jangan terlalu sering juga dalam mengonsumsinya. Konsumsilah kopi maksimal dua sampai tiga cangkir sehari dan waktu terbaik untuk memulainya  adalah di pagi hari. Dan kalu teman kuliner ingin ngopi, bisa langsung datengin coffee shop rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Cecemuwe Cafe and Space

Foto Cecemuwe Cafe and Space
Foto Cecemuwe Cafe and Space
Foto Cecemuwe Cafe and Space

Little M Coffee

Foto Little M Coffee
Foto Little M Coffee
Foto Little M Coffee

FC Coffee

Foto FC Coffee
Foto FC Coffee
Foto FC Coffee

Tuang Coffee

Foto Tuang Coffee
Foto Tuang Coffee
Foto Tuang Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?