Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Menu Sarapan Paling Laris yang Banyak Ditemukan di Kaki Lima

List Artikel
24 Februari 2021 | 0 Komentar

Sarapan adalah salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan untuk memulai hari. Namun Sebagian orang justru melewatkan sarapan dengan alasan terburu-buru. Padahal sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Kalau tidak sempat membuat sarapan di rumah, teman kuliner bisa membelinya di warung-warung kaki lima kok. Ada banyak menu sarapan pagi yang bisa teman kuliner pilih sesuai selera. Setiap pagi biasanya para pedagang kaki lima akan menjajahkan aneka menu sarapan yang nikmat dan murah meriah. Aneka menu sarapan ini juga bisa dimakan di tempat maupun dibungkus untuk makan di tempat kerja. Jadi, tak ada alasan lagi untuk melewatkan sarapan pagimu ya. Sekarang beralih ke menu sarapan paling laris di kaki lima, kira-kira apa saja sih menu sarapan yang paling banyak dicari orang? Simak nih daftar lengkapnya!


1. Nasi Uduk



Sumber: Pergikuliner.com


Siapa yang belum pernah merasakan nikmatnya sepiring nasi uduk? Rasanya hampir semua masyarakat Jakarta sudah pernah menyantapnya menu sarapan yang satu ini. Lezatnya nasi uduk dengan aneka lauk seperti ayam goreng, bihun, telur balado bahkan jengkol yang makin nikmat disantap dengan sambal dan kerupuk. Banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajahkan nasi uduk di pinggir jalan setiap pagi. Dijamin deh sekali teman kuliner mencoba sarapan dengan nasi uduk pasti akan ketagihan dan tak akan melewatkan sarapan pagi lagi.


2. Bubur Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Kalau sarapan pagi pastinya jangan melupakan menu yang satu ini. Bubur ayam selalu jadi menu laris manis yang dijajahkan setiap pagi oleh pedagang kaki lima. Mulai dari anak kecil sampai orang tua menyukainya. Dengan harga 10 ribuan seporsi, teman kuliner sudah bisa menyantap semangkuk bubur ayam lengkap dengan sambal dan kerupuknya. Kalau masih kurang kenyang juga teman kuliner bisa tambah sate usus, ati ampela dan telur puyuh sebagai pelengkapnya. Bubur ayam yang dijual di kaki lima sebenarnya juga ada beragam lho. Diantaranya ada bubur ayam Cirebon, bubur ayam Cianjur, bubur ayam Sukabumi, bubur ayam Bandung dan bubur ayam Betawi. Jadi, kalau lain waktu beli bubur ayam coba perhatikan perbedaannya ya!


3. Nasi Kuning



Sumber: Pergikuliner.com


Siapa bilang nasi kuning cuma ada di acara resmi atau ulang tahun saja? Nasi kuning biasa disajikan juga sebagai menu sarapan pagi. Kini sudah banyak penjual kaki lima yang menyajikan nasi kuning enak dan murah. Biasanya nasi kuning yang dijajahkan adalah nasi kuning Cirebon. Warna kuningnya sendiri berasal dari beras yang diberi pewarna kunyit halus. Nasi kuning ini disajikan lengkap dengan aneka lauk seperti tempe orek, ayam goreng, perkedel, telur balado, dan sambal. Tekstur nasinya yang pulen serta lauk pendampingnya yang lumayan lengkap menjadi alas an mengapa nasi kuning banyak dipilih menjadi menu sarapan yang pas.


4. Ketupat Sayur



Sumber: Pergikuliner.com


Racikan ketupat yang disiram sayur yang gurih dan pedas cocok sekali untuk jadi menu sarapan. Nasi sebagai bahan dasarnya diolah menjadi ketupat atau lontong, kemudian dipadukan dengan sayur berkuah, ayam opor, semur telur dan tahu, serta tak ketinggalan kerupuknya. Ketupat sayur jadi hidangan laris manis yang paling banyak dicari kalau kehabisan menu sarapan pagi. Seporsi ketupat sayur biasanya dibanderol dengan harga 15 ribuan. Pedagang ketupat sayur kaki lima umumnya sudah menjajahkan lapaknya sejak jam 7 pagi. Jadi, pastikan teman kuliner datang lebih awal ya!


5. Nasi Pecel



Sumber: Pergikuliner.com


Kalau menu sarapan yang satu ini asalnya dari Madiun, Jawa Timur. Citarasa yang gurih, manis dan nikmat serta kesegaran sayuran yang sehat dan bergizi menjadi alasan mengapa nasi pecel banyak dipilih sebagai menu sarapan. Kelezatan rasanya terletak pada campuran bahan dan tekstur bumbunya. Semakin nikmat racikan bumbu kacangnya sudah dipastikan rasa nasi pecelnya juga makin nikmat saat disantap. Sajian ini kian eksis seiring banyaknya penjual nasi pecel yang banyak dijumpai di Jakarta. Kalau teman kuliner kebingungan cari menu sarapan apa pagi-pagi, pilih saja nasi pecel yang sudah terjamin sehat dan bergizi karena berbahan dasar sayuran.


Itu dia lima menu sarapan palung laris yang banyak ditemukan di kaki lima. Selain untuk sarapan, makanan-makanan di atas juga bisa dinikmati waktu sore dan malam hari loh. Nah, buat teman kuliner yang mau coba aneka bubur, nasi uduk dan makanan enak lainnya, cek tempat makan di bawah ini ya!

Nasi Uduk 126

Foto Nasi Uduk 126
Foto Nasi Uduk 126
Foto Nasi Uduk 126

Bubur Ayam Alfa

Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa
Foto Bubur Ayam Alfa

Nasi Kuning Plus - Plus

Foto Nasi Kuning Plus - Plus
Foto Nasi Kuning Plus - Plus
Foto Nasi Kuning Plus - Plus

Ketupat Sayur Mandala

Foto Ketupat Sayur Mandala
Foto Ketupat Sayur Mandala
Foto Ketupat Sayur Mandala

Bubur Ayam Parkiran

Foto Bubur Ayam Parkiran
Foto Bubur Ayam Parkiran
Foto Bubur Ayam Parkiran

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?