Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Buntut Sapi yang Lezatnya Tiada Tandingannya

List Artikel
14 Mei 2019 | 0 Komentar
Indonesia memiliki banyak ragam olahan masakan yang kaya akan cita rasanya. Bila membahas olahan masakan Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Misalnya seperti olahan makanan yang berkuah dan segar, olahan makanan yang dibakar atau dipanggang dan masih banyak lagi. Salah satu bahan masakan yang dapat diolah menjadi berbagai macam varian makanan adalah buntut sapi. Buntut sapi dapat diolah menjadi berbagai macam varian masakan karena buntut sapi memiliki cita rasa yang gurih dengan memiliki tekstur daging yang unik. Kali ini PergiKuliner akan memberikan kalian referensi beberapa olahan buntut sapi yang sangat lezat dan tak ada tandingannya. Yuk, kita lihat apa saja referensinya!

1. Sop Buntut


Sumber : Bamburoraskutabali.com

Pertama ada sop buntut, yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Sop buntut dibuat dengan menggunakan ekor sapi yang dimasak bersama kuah kaldu sop yang segar dan gurih dengan menggunakan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, lada, biji pala, cengkeh dan garam. Kuah kaldu sop tersebut diberi bahan pelengkap seperti daun bawang, wortel, kentang, dan ditaburi bawang goreng yang garing dan renyah.

2. Buntut Bakar


Sumber : Sajiansedap.grid.id

Buntut bakar merupakan olahan makanan yang terbuat dari buntut sapi yang juga sangat digemari oleh banyak masyarakat setelah sop buntut karena cita rasanya dan tekstur daging buntut yang unik. Buntut bakar menggunakan jenis bumbu rempah seperti bawang bombay, cengkeh, kayu manis, lada, garam dan kecap lalu kemudian dibakar atau dipanggang. Buntut bakar memiliki warna hitam kecoklatan yang mengkilap sehingga dapat mengundang selera nafsu makan. Sangat nikmat bila dimakan bersama dengan nasi hangat yang ditaburi bawang goreng dan sambal sebagai pendamping.

3. Semur Buntut


Sumber : Anekaresepmasak.blogspot.com

Olahan ketiga dari buntut sapi adalah semur buntut. Hidangan olahan yang satu ini juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena cita rasa kuah semurnya yang manis dan gurih. Rasa tersebut didapat dari bumbu yang menggunakan bahan utama kecap manis, kecap inggris, bawang merah, jahe, lada, biji pala, garam, tomat, daun salam, dan juga potongan kentang sebagai bahan pelengkap. Semur buntut akan terasa lebih enak dan lezat dengan tambahan taburan bawang goreng.

4. Tengkleng Buntut


Sumber : Cookpad.com

Buntut sapi juga bisa diolah menjadi masakan yang berbeda, yaitu tengkleng buntut sapi. Tengkleng sapi menggunakan bahan bumbu makanan seperti santan, kecap manis, bawang merah, bawang putih, cabai, tomat dan daun bawang. Sebelum mengolah masakan tengkleng, ada baiknya buntut sapi di presto terlebih dahulu agar daging yang ada pada buntut sapi tersebut agar menjadi lebih lunak dan mudah untuk digigit. Rasa yang terkandung dalam tengkleng buntut ini adalah rasa gurih dan cukup pedas namun terasa lezat dan segar.

5. Pindang Buntut


Sumber : Jolygram.com

Olahan buntut sapi yang terakhir ada pindang buntut. Pindang buntut memiliki kesan rasa yang gurih, segar dengan perpaduan rasa asam dan manis di dalamnya. Membuatnya pun juga tidak begitu sulit, karena bahan makanannya juga bisa dengan mudah untuk didapatkan. Bahan bumbu makanannya terdiri dari bawang merah, bawang putih, sereh yang dimemarkan, daun salam, garam, serta tambahan potongan tomat hijau, cabai merah besar dan belimbing sayur.

Nah, dari kelima olahan buntut sapi di atas, mana yang paling kalian sukai nih? Jika kamu ingin menyantap nikmatnya makanan tersebut, kamu bisa lho mengunjunginya di beberapa restoran Indonesia berikut ini!

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Pandan Cafe

Foto Pandan Cafe
Foto Pandan Cafe

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?