Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Daging yang Paling Sering Dijadikan Menu Lauk Bento

List Artikel
23 Mei 2023 | 0 Komentar
Siapa di antara kalian yang suka menyantap bento untuk bekal makan siang atau piknik? Bento merupakan bekal ala Jepang yang menyajikan nasi bersama dengan aneka lauk-pauk khasnya. Bento sudah ada sejak abad ke-17, tapi baru populer sejak abad ke-19 karena semakin sering dibawa saat pergi bekerja ke ladang. Berhubung isiannya adalah nasi dengan lauk-pauk, maka tak heran kalau bento bisa membuat perut kenyang. Lauk-pauk yang disajikan dalam bento bisa berupa aneka olahan daging, sayuran, hingga gorengan. Kali ini, kita akan membahas jenis olahan daging yang paling sering dijadikan lauk bento. Apa saja itu?

1. Katsu


Sumber: pergikuliner.com

Olahan daging yang paling sering dijadikan lauk-pauk bento adalah katsu. Kuliner ini sering dijumpai pada bento karena memiliki rasa yang gurih dan pastinya enak. Katsu adalah daging yang dibumbui dan dilapisi dengan adonan telur serta tepung panir kemudian digoreng hingga matang dan bagian luarnya renyah. Jenis daging yang digunakan bisa berupa daging sapi ataupun ayam. Biasanya, katsu akan disandingkan dengan cocolan saus yang bisa berupa saus steak, lada hitam, mayones, hingga saus sambal. Untuk menyeimbangkan nutrisinya, katsu juga kerap dihidangkan dengan salad sayur sehingga kamu akan mendapatkan kombinasi unik antara katsu yang garing dan salad sayur yang segar.

2. Kroket


Sumber: justonecookbook.com

Kroket juga merupakan salah satu jenis olahan daging yang sangat sering dijumpai sebagai menu lauk bento. Sekilas, kroket ini mirip dengan katsu karena sama-sama dibalur dengan tepung panir. Hanya saja jika diperhatikan, keduanya ini punya bentuk yang sedikit berbeda. Katsu punya bentuk yang jauh lebih pipih, sedangkan kroket punya bentuk yang lebih gemuk dan tebal. Berbeda dengan kroket Indonesia, kroket Jepang punya ukuran yang cukup besar sehingga cocok dijadikan lauk bento yang mengenyangkan. Kroket dibuat dari bahan dasar kentang yang dikukus lalu dihancurkan dan diberi daging cincang, bawang, dan bumbu lainnya kemudian dibentuk dan dibalur dengan tepung panir sebelum digoreng hingga matang.

3. Beef Teriyaki


Sumber: masakapahariini.com

Jika tak suka gorengan, ada beef teriyaki yang juga populer sebagai lauk bento. Beef teriyaki adalah daging yang dimasak dengan bumbu teriyaki. Bumbu teriyaki ini dibuat dari bawang putih, jahe, mirin, kecap asin, kecap manis, dan sebagainya. Setelah daging dibumbui dan dimarinasi, maka daging akan ditumis hingga matang. Beef teriyaki memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Selain daging sapi, teriyaki juga bisa digunakan pada ikan dan ayam. Khusus untuk ikan, biasanya durinya akan dibuang terlebih dahulu baru kemudian dimasak.

4. Eggroll


Sumber: pikiran-rakyat.com

Eggroll daging sangat difavoritkan sebagai olahan daging paling favorit untuk bento anak-anak. Hidangan ini terbuat dari kocokan telur yang digoreng dan digulung serta diberi bahan isian daging giling. Daging yang digunakan bisa berupa daging sapi ataupun daging ayam.  Daging yang sudah digiling akan dicampurkan dengan bumbu lalu digulung dengan telur dadar dan dikukus hingga matang. Setelah matang, adonan eggroll akan diiris-iris lalu digoreng hingga kecoklatan. Eggroll bisa langsung digoreng begitu saja atau dicelupkan ke dalam kocokan telur lagi lalu digoreng hingga garing.

5. Tori Ball


Sumber: hokben.co.id

Olahan daging yang sering dijadikan lauk bento ini memiliki rasa yang gurih, dengan tekstur garing di luar dan kenyal di dalam. Tori ball, yang memiliki artian bola-bola ayam, adalah kuliner khas Jepang yang dibuat dari bahan dasar daging ayam cincang yang dicampur cincangan sayuran dan dibentuk bulat pipih, lalu dilumuri dengan tepung panir dan digoreng hingga garing. Kuliner ini tak hanya cocok dijadikan sebagai lauk-pauk bento, tetapi juga camilan yang mengenyangkan.

Bagaimana menurut kamu tentang aneka olahan daging yang paling sering dijadikan lauk-pauk bento di atas? Dari kelimanya, manakah yang paling kamu suka? Jika kamu ingin menyantap aneka kuliner khas Jepang, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi!

Bentoya

Foto Bentoya
Foto Bentoya
Foto Bentoya

Katsutoku

Foto Katsutoku
Foto Katsutoku
Foto Katsutoku

Okuzono Japanese Dining

Foto Okuzono Japanese Dining
Foto Okuzono Japanese Dining
Foto Okuzono Japanese Dining

Kimukatsu

Foto Kimukatsu
Foto Kimukatsu
Foto Kimukatsu

Sushi Kaiyo

Foto Sushi Kaiyo
Foto Sushi Kaiyo
Foto Sushi Kaiyo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?