Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Kerupuk yang Rasanya Mantul Banget

List Artikel
18 Maret 2022 | 0 Komentar

Kerupuk menjadi salah satu pelengkap sajian makanan bagi masyarakat Indonesia. Teksturnya yang garing akan berbunyi kriuk ketika dikunyah. Bunyi kriuk ini bisa membuat nafsu makan bertambah. Selain itu, kerupuk juga memiliki rasa yang asin dan gurih sehingga cocok dijadikan sebagai pelengkap makanan khas Indonesia. Tidak hanya perpaduan rasa asin dan gurih, kerupuk juga ada campuran rasa manis di dalamnya. Menjadi pelengkap makanan khas Indonesia membuat kerupuk memiliki banyak sekali ragamnya sehingga Teman Kuliner tidak akan bosan menyantapnya. Tapi yang membuat unik dari kerupuk adalah ternyata pelengkap makanan ini juga bisa dijadikan sebagai makanan utama yang terbilang cukup mengenyangkan. Lantas apa saja olahan kerupuk yang ada di Indonesia? Yuk, lihat!

 

1. Seblak


Sumber: pergikuliner.com


Olahan kerupuk yang pertama adalah seblak. Makanan asal Bandung, Jawa Barat ini sangat populer di Indonesia sebagai salah satu kuliner terpedas di Indonesia. Hal ini dikarenakan kita bisa memilih level kepedasan dari seblak. Seblak sendiri dibuat dari bahan dasar kerupuk yang sudah direndam di dalam air panas lalu dimasak dengan kuah pedas yang sudah dibumbui dengan bawang putih, kencur, dan garam. Nantinya akan ada tambahan bahan-bahan lainnya seperti ceker ayam, bakso, sosis, telur, hingga aneka sayuran. Rasa dari seblak sudah pasti pedas dengan campuran rasa gurih dan asam di dalamnya karena sebelum disajikan seblak kebanyakan diberi perasan jeruk limau.

 

2. Sambal Goreng Krecek



Sumber: sweetrip.id


Sambal goreng krecek sangat dikenal sebagai salah satu kuliner yang berasal dari Jawa Tengah, tepatnya Yogyakarta. Sambal goreng krecek dibuat dari bahan dasar kerupuk kulit yang dimasak dalam kuah pedas yang diberi campuran santan sehingga rasanya memiliki perpaduan antara pedas, asam, dan gurih. Untuk teksturnya sendiri sudah pasti kenyal. Selain kerupuk kulit juga ada bahan tambahan lainnya yang disertakan di dalam sambal goreng krecek seperti tahu cokelat segitiga, tempe, dan kacang tolo atau kacang kedelai.

 

3. Pepes Tahu Kerupuk



Sumber: briliofood.net


Pepes tahu kerupuk menjadi salah satu olahan kerupuk yang juga sangat populer di Indonesia. Kuliner ini sering dikonsumsi oleh para vegetarian atau orang yang sedang berdiet karena tekstur dari kerupuk yang kenyal mirip dengan daging ketika dijadikan sebagai pepes. Tentunya sebelum diolah, kerupuk harus direndam terlebih dahulu di dalam air panas hingga teksturnya tidak keras lagi. Barulah setelah itu dicampur dengan tahu putih dan aneka bumbu rempahnya. Jika sudah tercampur rata, barulah adonan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

 

4. Cipuk



Sumber: resepkekinian.com


Teman Kuliner pernah menengar cipuk? Cipuk adalah makanan khas Jawa Barat yang merupakan singkatan nama dari aci kerupuk atau cireng kerupuk. Untuk bahan dasarnya adalah kerupuk warna-warni yang sebelumnya telah direndam di dalam air panas hingga teksturnya lembut. Barulah kemudian di beri campuran tepung kanji, tepung terigu, bawang putih, garam, lada, dan kaldu ayam. Kemudian tata adonan di dalam loyang dan dikukus hingga matang. Setelah matang, potong-potong adonan baru digoreng hingga luarnya keriuk.

 

5. Kerupuk Sambal



Sumber: shopee.co.id


Berbeda dengan empat olahan kerupuk yang ada di atas, kerupuk sambal ini lebih cocok dijadikan sebagai camilan. Kerupuk sambal merupakan olahan kerupuk mie yang diberi campuran atau siraman saus kacang yang sering digunakan untuk asinan. Kerupuk mie memiliki ciri khas warna yang kekuningan dengan bentuk bulat dan berjaring-jaring pada bagian tengahnya. Biasanya kerupuk ini dijadikan pelengkap asinan sayur, tapi kerupuk mie ini juga bisa disantap terpisah dengan menyiramkan saus kacang di atasnya.

 

Itulah beberapa olahan kerupuk yang memiliki rasa mantul banget. Dari kelimanya, Teman Kuliner lebih suka mengonsumsi yang mana?

 

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Kedai Malabar

Foto Kedai Malabar
Foto Kedai Malabar
Foto Kedai Malabar

Seblak Sultan

Foto Seblak Sultan
Foto Seblak Sultan
Foto Seblak Sultan

Seblak Jeletet Pademangan 4

Foto Seblak Jeletet Pademangan 4
Foto Seblak Jeletet Pademangan 4
Foto Seblak Jeletet Pademangan 4

Asinan Kamboja H. Mansyur

Foto Asinan Kamboja H. Mansyur
Foto Asinan Kamboja H. Mansyur
Foto Asinan Kamboja H. Mansyur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?