Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Pancake Klasik Ala Italia yang Cocok untuk Sarapan

List Artikel
29 Maret 2021 | 0 Komentar

Pancake dikenal sebagai kuliner yang tak hanya cocok untuk dijadikan sebagai menu dessert tapi juga sebagai menu sarapan. Pancake tidak hanya memiliki cita rasa yang manis, tapi juga gurih sehingga cocok dijadikan untuk menu sarapan. Pancake sudah dikenal di negara Eropa sejak tahun 1430-an dan keberadaannya saat ini sudah mendunia. Berhubung asal muasalnya dari benua Eropa, maka negara-negara di Eropa selalu punya pancake klasik alias pancake tradisional yang punya ciri khas tersendiri baik dari segi tampilan maupun rasa. 


Salah satu negara yang memiliki ragam olahan pancake klasik adalah Italia. PergiKuliner sudah merangkum 5 jenis pancake klasik khas Italia, cocok banget untuk sarapan teman kuliner di rumah loh. Yuk simak!


1. Borlengo



Sumber: Lacucinaitaliana.it


Pancake klasik ala Italia yang cocok untuk sarapan adalah borlengo. Borlengo adalah pancake yang terbuat dari adonan tepung, telur, dan susu yang dibuat dadar tipis lalu digulung bentuk segitiga. Untuk menyantapnya, teman kuliner cukup mengoleskan olesan khusus yang dibuat dari lemak bacon, rosemary, dan bawang putih. Cita rasanya sudah pasti gurih dan aromanya sangat wangi karena ada rosemary dan bawang putihnya.


2. Necci



Sumber: En.julkitchen.com


Necci menjadi pancake klasik ala Italia yang cocok untuk sarapan. Sama seperti borlengo, necci ini termasuk dalam jenis pancake tipis. Ciri khas dari pancake ini adalah bahan dasarnya bukanlah tepung terigu melainkan tepung kastange sehingga aroma dan tekstur yang dihasilkan jadi berbeda. Untuk membuatnya, tepung kastange dicampur dengan bahan air, minyak zaitun, dan sedikit garam. Setelah matang, nantinya necci akan diberi keju ricotta lalu digulung dan diberi taburan cinnamon serta madu di atasnya.


3. Farinata



Sumber: Thetortillachannel.com


Selanjutnya ada farinata yang merupakan pancake klasik ala Italia dengan bahan utama tepung kacang arab atau chick pea sehingga menghasilkan pancake dengan tekstur yang cukup padat. Selain tepung kacang arab, bahan tambahan lainnya adalah air, lada, garam, dan rosemary. Farinata adalah tipe pancake tebal sehingga seringkali di dalamnya dicampurkan aneka sayuran seperti daun rempah segar atau bawang bombay. Hal ini dilakukan untuk memperkaya tekstur dan cita rasanya.


4. Scrippelle Mbusse



Sumber: Memoriediangelina.com


Scrippelle mbusse menjadi salah satu pancake klasik ala Italia yang cocok untuk sarapan. Untuk membuat adonannya sangat mudah karena menggunakan adonan dasar pancake biasa yakni dengan campuran tepung terigu, telur, susu, dan sedikit garam. Meski adonannya adalah adonan dasar pancake, tapi scripplle mbusse ini terbilang unik karena cara penyajiannya yang harus disiram dengan kuah kaldu lalu diberi taburan keju parmesan di atasnya. Cita rasa dan teksturnya tentu jadi unik karena kamu seperti menyantap dua kuliner sekaligus, yakni pancake dan sup.

 

5. Manfrigole



Sumber: Pinimg.com


Terakhir ada manfrigole yang merupakan perpaduan antara pancake gulung dengan pancake panggang. Manfrigole dibuat dari bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan tepung gandum, susu, telur, dan garam. Cara penyajiannya terbilang unik karena setelah pancake matang, nantinya akan digulung dan ditata di atas loyang lalu disiram saus bachamel dan diberi taburan keju lalu dipanggang hingga bagian atasnya kecoklatan. Berhubung menggunakan keju, cita rasa dari manfrigole ini sangat gurih.


Nah, sekarang sudah tahu kan jenis pancake klasik ala Italia? Kalau teman kuliner ingin menikmati pancake yang enak, langsung aja yuk dateng ke tempat-tempat di bawah ini!

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Gram Cafe & Pancakes

Foto Gram Cafe & Pancakes
Foto Gram Cafe & Pancakes
Foto Gram Cafe & Pancakes

Pan & Co.

Foto Pan & Co.
Foto Pan & Co.
Foto Pan & Co.

Kamakura Japanese Cafe

Foto Kamakura Japanese Cafe
Foto Kamakura Japanese Cafe
Foto Kamakura Japanese Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?