Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Superfood Jepang yang Bisa Dikonsumsi untuk Tingkatkan Imun Tubuh

List Artikel
23 Juli 2020 | 0 Komentar

Jepang dikenal sebagai negara yang punya banyak ragam kuliner, salah satunya adalah makanan sehat. Kita seringkali mendengar bahwa Jepang punya tingkat hidup yang tinggi alias ada banyak orang yang berumur panjang. Hal ini dikarenakan mereka selalu menjaga pola makan dan makanan bergizi sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Berbicara tentang kuliner sehat, di tengah pandemi virus corona ini, kita memang diharuskan untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan imun tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menyantap aneka kuliner yang kaya akan kandungan gizi . Beberapa kuliner khas Jepang ternyata ada yang masuk dalam golongan superfood karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin, mineral, antioksidan, serta bakteri yang baik untuk tubuh. Nah, kamu bisa menyantap aneka superfood khas Jepang ini loh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Apa saja kira-kira superfood khas Jepang? Simak langsung di bawah ini ya!

 

1. Natto



Sumber: Healthline.com


Superfood khas Jepang yang pertama ada natto. Seperti yang kita ketahui, natto merupakan salah satu olahan khas kacang kedelai. Teksturnya sangat lengkep dan punya aroma yang tidak terlalu enak. Meski demikian, rasa dari natto ini sangat enak dan kaya akan gizi. Dalam natto terdapat kandungan bakteri ramah usus dan protein tinggi. Natto biasa disajikan dalam wadah kecil sebagai pendamping makan nasi. Tapi ada juga yang mencampurnya dalam adonan roti, suhi, hingga okonomiyaki.


2. Matcha



Sumber: Pergikuliner.com


Matcha sangat terkenal sebagai salah satu minuman enak yang sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi setiap harinya. Matcha punya kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan jenis teh lainnya sehingga bermanfaat untuk mencegah beragam penyamit kronis, mengurangi kerusakan sel, mencegah penyakit jantung hingga meningkatkan metabolisme pada tubuh. Konsumsi matcha dengan madu, jangan dengan gula sehingga manfaatnya bisa lebih maksimal.

 

3. Kaiso


Sumber: Sushi-halifax.com


Selanjutnya ada kaiso yang mungkin tidak terlalu terkenal di Indonesia. Kaiso ini merupakan salah satu superfood Jepang yang dibuat dari rumput laut segar dan dimasak dengan beragam bumbu. Kaiso ini sangat kaya akan kandungan gizinya. Mulai dari vitamin, mineral, zat besi, yodium, protein, dan pastinya serat yang sangat kaya. Kaiso ini sangat enak disantap begitu saja. Selain itu kamu juga bisa menyantapnya dengan nasi atau tambahan lauk lainnya.

 

4. Yuzu



Sumber: Bp-guide.id


Yuzu dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu jenis buah jeruk yang cocok dijadikan minuman, baik itu untuk teh, jus, maupun campuran yoghurt. Yuzu punya bulir-bulir kecil dan cita rasanya terbilang manis tapi ada sedikit rasa asamnya. Bisa dikatakan rasanya mirip campuran jeruk Bali dan lemon. Jeruk asal Jepang ini punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi karena bisa 3x lipat kandungan vitamin C nya dibanding jeruk lemon.


5. Umeboshi



Sumber: Akurat.co


Terakhir ada umeboshi yang menjadi superfood bernutrisi tinggi. Umeboshi adalah acar plum yang sudah matang lalu diasinkan dan dikeringkan dengan cara dijemur dalam waktu cukup lama. Cita rasanya asam dengan sedikit rasa manis di dalamnya. Umeboshi ini paling sering ditemukan dalam isian onigiri. Umeboshi punya kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin C, serta serat. Selain dijadikan isian onigiri, kamu juga bisa menyantapnya bersama dengan nasi putih dengan tanbahan lauk lainnya.


Itulah beberapa superfood khas Jepang yang dapat membantu kamu meningkatkan imunitas tubuh kamu. Jadi, kira-kira yang mana nih yang mau kamu coba?

Amausaan Uji Matcha

Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha

Uji Matcha

Foto Uji Matcha
Foto Uji Matcha
Foto Uji Matcha

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?