Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Tips Agar Bisa Menikmati Gorengan Tanpa Rasa Bersalah

List Artikel
13 Maret 2021 | 0 Komentar

Teman kuliner suka makan gorengan? Rasanya hampir semua masyarakat Indonesia sangat suka menyantap gorengan. Bagi masyarakat Indonesia, gorengan tak hanya cocok dijadikan sebagai lauk pauk, tapi juga sebagai cemilan serta pendamping teman minum kopi atau teh. Gorengan merupakan makanan yang tak hanya disukai orang tua saja, tapi juga remaja hingga anak-anak. Gorengan memiliki tekstur yang sangat renyah dan garing pada bagian luarnya sehingga ketika disantap, bunyi kriuk tersebut bisa membuat nafsu makan bertambah. 



Sumber: Pergikuliner.com


Sayangnya, gorengan ini punya kadar lemak dan karbohidrat yang tinggi sehingga susah dicerna dengan baik oleh tubuh. Inilah salah satu alasan yang membuat mengapa saat menyantap gorengan, kita bisa merasa bersalah. Nah, buat teman kuliner yang ingin menyantap gorengan tanpa rasa bersalah, lebih baik ikuti tips dari PergiKuliner berikut ini yuk!


1. Tiriskan Minyak dengan Tisu

Tips pertama agar bisa menikmati gorengan tanpa rasa bersalah adalah dengan meniriskan minyak menggunakan tisu atau kertas roti terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Ketika selesai digoreng, gorengan pada umumnya memang sudah ditiriskan terlebih dahulu sebelum disajikan, tapi ingatlah kalau pastinya masih ada sisa minyak yang terserap dalam gorengan. Dengan meniriskan minyak pada gorengan menggunakan tisu sebelum menyantapnya, maka kadar minyak akan berkurang, dengan begitu lemak pada gorengan juga bisa berkurang.

 

2. Minum Air Putih Secukupnya Setelah Makan Gorengan

Setelah meniriskan minyak dengan tisu, kamu bisa meminum air minum setelah makan gorengan supaya bisa menikmatinya tanpa rasa bersalah. Air putih sangat bagus dikonsumsi setelah makan gorengan, apalagi air putih hangat karena bisa menetralisirkadar lemak yang terdapat pada gorengan. Dengan minum air putih yang cukup juga bisa membuat metabolisme tubuh tetap stabil saat menyantap gorengan.

 

3. Jus Buah Tanpa Gula atau Teh Hijau Juga Bagus Dikonsumsi Setelah Makan Gorengan

Selain air putih, kamu juga bisa meminum jus buah tanpa gula atau teh hijau tanpa gula sebagai salah satu cara supaya bisa menikmati gorengan tanpa rasa bersalah. Jus buah tanpa gula memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa mengikat lemak, sama halnya dengan meminum teh hijau tanpa gula. Tapi tidak seperti air putih, jus buah dan teh hijau ini sebaiknya diminum beberapa saat setelah makan gorengan seperti 2-3 jam setelahnya.

 

4. Konsumsi Salad Buah atau Sayur

Tak hanya bisa mengonsumsi jus buah dan teh hijau saja, kamu juga bisa mengonsumsi salad buah dan sayur sebagai salah satu cara supaya bisa menikmati gorengan tanpa rasa bersalah. Setidaknya konsumsi salad buah atau sayur satu kali dalam sehari guna menetralisir kandungan lemak yang terdapat pada gorengan karena kandungan seratnya tinggi dan pastinya memiliki kandungan vitamin tinggi yang bisa membuat tubuh lebih sehat.

 

5. Lakukan Aktivitas Setelah Makan Gorengan

Tips terakhir supaya bisa menikmati gorengan tanpa rasa bersalah adalah dengan melakukan aktivitas setelah makan gorengan. Hindari bermalas-malasan, tidur, serta tidak melakukan apa-apa setelah kamu mengonsumsi gorengan. Hal ini dilakukan supaya kandungan lemak dari gorengan tidak menumpuk dalam tubuh. Kamu bisa melakukan jalan santai atau mengerjakan aktivitas lain yang menggunakan energi tubuh.

 

Setelah mengetahui tipsnya, teman kuliner jadi tidak takut untuk menyantap gorengan sebagai cemilan kan?. Namun perlu diingat untuk mengonsumsi gorengan pada batas wajar alias tidak boleh berlebihan, karena kandungan minyak pada gorengan dapat memicu datangnya penyakit tertentu seperti kolesterol dan darah tinggi. Ada baiknya teman kuliner mengikuti tips yang telah PergiKuliner berikan ketika makan gorengan ya. 
Kalau teman kuliner cari tempat yang menjual gorengan enak untuk dijadikan cemilan bareng teman atau keluarga, PergiKuliner punya rekomendasi tempatnya di bawah ini!

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta

Tahu Go!

Foto Tahu Go!
Foto Tahu Go!
Foto Tahu Go!

Tahu Kriuk Yes

Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes

TAGAR (Tahu Garing)

Foto TAGAR (Tahu Garing)
Foto TAGAR (Tahu Garing)
Foto TAGAR (Tahu Garing)

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?