Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jajanan Manis Tradisional Khas Jawa Timur yang Populer

List Artikel
14 Maret 2021 | 0 Komentar

Kuliner Jawa selalu terkenal akan rasa manisnya, termasuk aneka jajanan tradisionalnya. Hal ini dikarenakan masyarakat Jawa memang sudah turun temurun selalu mengonsumsi makanan yang manis sehingga sudah menjadi kebiasaan yang hingga saat ini tidak bisa dihilangkan. Alasan lainnya adalah karena di masa dulu, ada banyak sekali perkebunan tebu dan aren di area Pulau Jawa sehingga masyarakat Jawa bisa dengan mudah mendapatkan pemanis yang digunakan juga sebagai bahan pengawet alami makanan. 


Salah satu kuliner khas Jawa yang memiliki rasa manis adalah aneka jajanan dari Jawa Timur. Campuran gula aren dalam jajanan-jajanan ini membuat rasanya menjadi semakin manis dan legit. Ada 7 jajanan manis tradisional khas Jawa Timur yang populer, ini dia ulasannya!


1. Madu Mongso



Sumber: Idntimes.com


Jajanan manis tradisional khas Jawa Timur yang pertama adalah madu mongso. Kalau teman kuliner jalan-jalan ke daerah Jawa Timur, madu mongso menjadi salah satu buah tangan yang tidak boleh terlupakan. Madu mongso dibuat dari tape ketan alias ketan yang sudah difermentasikan sehingga ada perpaduan rasa manis dan asamnya. Tampilan madu mongso sangat menarik karena dibungkus menggunakan kertas warna-warni seperti permen.


2. Jenang Mirah



Sumber: Shopee.co.id


Jenang mirah merupakan jajanan tradisional khas Ponorogo, Jawa Timur. Jenang mirah ini punya tekstur yang sangat legit dan kenyal dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang pas. Sekilas jajanan ini memang mirip dodol sehingga orang kerap kali salah mengenalinya. Perbedaan besar dari jenang mirah dan dodol adalah tekstur jenang mirah tidak sepadat atau dodol sehingga lebih mudah dikunyah karena lebih empuk. Jenang mirah dibuat dari campuran beras ketan, gula merah, dan santan.

 

3. Kue Geti



Sumber: Inibaru.id


Jajanan manis tradisional khas Jawa Timur selanjutnya adalah kue geti, yang berasal dari kota Tulungagung. Kue geti seringkali disebut dengan julukan enting-enting. Teksturnya renyah dan padat dengan rasa manis yang legit. Kue geti dibuat dari bahan dasar kacang tanah sangrai, gula merah, dan biji wijen putih yang dicampur menjadi satu lalu dicetak berbentuk persegi atau kotak tipis.


4. Pudak Gresik



Sumber: Facebook.com


Pudak Gresik adalah jajanan manis khas Gresik, Jawa Timur. Pudak gresik memiliki tampilan yang unik karena berbentuk seperti limas dengan pembunngkus kulit jagung. Bahan utama pembuatannya adalah tepung beras ketan, gula, dan santan. Pudak Gresik ini punya dua varian yakni original dan pandan. Untuk yang original menggunakan gula merah sedangkan untuk pandan diberi daun pandan sehingga warnanya hijau.

 

5. Mancho Trenggalek



Sumber: Idntimes.com


Selanjutnya ada mancho trenggalek. Mancho trenggalek merupakan jajanan manis tradisional khas Jawa Timur yang berasal dari kota Trenggalek. Kue mancho ini memiliki rasa manis dengan tekstur kenyal. Kue mancho trenggalek dibuat dari bahan utama beras ketan, biji wijen, dan gula merah.Untuk cara pembuatannya memang sangat rumit karena harus melalui proses perendaman, penjemuran, pengadonan, hingga penggorengan.


6. Sale Pisang Anggur



Sumber: Tokopedia.net


Sale pisang anggur adalah jajanan manis khas Jawa Timur yang berasal dari kota Pacitan, tepatnya Dusun Krajen. Sale pisang anggur ini dibuat dari pisang yang dikeringkan lalu dipanggang, barulah kemudian dibentuk bulat dengan cara digulung dan dibungkus dengan plastik. Dinamakan sale pisang anggur karena setelah dibungkus, sale pisang akan dirangkai seperti bentuk anggur. Berhubung kadar airnya sudah berkurang banyak, sale pisang anggur ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan lamanya.


7. Gethuk Pisang



Sumber: Tokopedia.net


Jika biasanya getuk dibuat dari bahan dasar singkong atau ubi, gethuk ini dibuat dari bahan dasar pisang. Gethuk pisang merupakan jajanan khas dari kota Kediri, Jawa Timur. Untuk membuatnya dibutuhkan jenis pisang nangka, gula, dan sedikit garam. Setelah adonan dihaluskan dan dicampur hingga rata, gethuk pisang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang.


Ketujuh jajanan manis tradisional khas Jawa Timur yang PergiKuliner bahas kali ini hanyalah sebagian kecil dari banyaknya aneka jajanan manis tradisional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sebagai orang Indonesia, teman kuliner pasti bangga bukan? 
Kalau mulut teman kuliner jadi kepingin makan yang manis-manis, PergiKuliner udah siapkan rekomendasi tempat dimana teman kuliner bisa menjelajahi aneka makanan manis khas daerah lainnya di Jakarta. Simak rekomendasinya di bawah ini!

Serabi Solo Nggading

Foto Serabi Solo Nggading
Foto Serabi Solo Nggading
Foto Serabi Solo Nggading

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Roti Srikaya Ajung

Foto Roti Srikaya Ajung
Foto Roti Srikaya Ajung
Foto Roti Srikaya Ajung

Kue Balok Parikesit

Foto Kue Balok Parikesit
Foto Kue Balok Parikesit
Foto Kue Balok Parikesit

Roti Srikaya & Bakpao Achin

Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?