Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Alpukat Paling Terkenal dan Populer di Indonesia

List Artikel
23 September 2019 | 0 Komentar

Alpukat merupakan salah satu buah yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari bisa mencegah kanker, hipertensi, jantung, menurunkan stress, menurunkan berat badan dan masih banyak lagi. Alpukat memiliki bagian kulit luar yang berwarna hijau cenderung kecoklatan ketika sudah matang dan tekstur buah yang sangat lembut dan empuk. Selai bisa dimakan begitu saja, buah alpukat juga sering dijadikan sebagai olahan kuliner. Kamu bisa menemuinya pada kuliner yang bercitarasa manis. Seperti es teler, es cendol, es campur dan lain sebagainya. Sedangkan untuk makanan bercita rasa gurih, kamu bisa menjumpainya pada kuliner sushi, taco dan lain sebagainya. Ada banyak jenis buah alpukat di dunia. Tapi di Indonesia ada lima yang menjadi favorit, yaitu:

 

1. Alpukat Mentega



Sumber : Cintaihidup.com


Pertama ada alpukat mentega yang merupakan jenis alpukat unggulan dengan daging buah yang tebal dan tekstur yang kenyal tapi padat. Ciri khas dari buah alpukat mentega pada bagian luarnya adalah kulit permukaannya yang mulus, dan kulit buahnya akan kecoklatan ketika sudah matang. Kamu bisa menekan bagian kulit luarnya sedikit untuk mengetahui tingkat kematangannya. Jika sudah matang maka akan terasa lebih lunak.

 

2. Alpukat Wina



Sumber : Idntimes.com


Berikutnya ada alpukat wina yang ukurannya lebih besar dari alpukat mentega. Berat per buahnya bisa mencapai 2 kg. Alpukat ini banyak dibudidayakan di daerah Semarang, Jawa Tengah. Kulit buahnya tebal dan berwarna hijau tua mengkilap. Sedangkan daging buahnya cukup tebal dan padat tapi citarasanya lembut dan gurih. Alpukat wina ini mampu bertahan hingga 15 hari setelah dipetik. Tak heran kalau orang banyak memburunya karena buah ini tahan lama.

 

3. Alpukat Kendil



Sumber : SamudraBibit.com


Selain alpukat wina, salah satu jenis alpukat yang ukurannya cukup besar adalah alpukat kendil karena besarnya menyerupai kendil (wadah gerabah). Ciri alpukat ini menggembung pada bagian bawahnya. Meski tergolong cukup besar, tapi beratnya per buah hanya sekitar 300 gram saja. Untuk daging buah alpukat kendil tergolong cukup tebal dengan teksturnya yang lembut dan pulen sehingga lebih sering disantap begitu saja dengan menggunakan tambahan susu atau gula pasir.

 

4. Alpukat Miki



Sumber : Mekarbibit.com


Untuk alpukat miki menjadi salah satu varietas alpukat yang banyak dibudidayakan di rumah. Ukurannya tidak terlalu besar alias lebih kecil dibanding jenis-jenis alpukat di atas. Ciri khas dari alpukat miki ini adalah kulitnya yang cukup tebal sehingga tidak mudah diganggu hama. Untuk warna kulitnya berwarna hijau tua mengkilap jika sudah matang. Bentuknya lebih bulat dengan daging buah tebal dan kekuningan. Sedangkan tekstur daging buahnya sangat lembut.

 

5. Alpukat Pluwang



Sumber : Inkuiri.com


Terakhir ada alpukat pluwang yang bentuknya lebih panjang dan lonjong jika dibandingkan keempat jenis alpukat di atas. Ukurannya sangat jumbo karena per buahnya bisa mencapai berat 2 kg. Pada bagian kulitnya berwarna hijau gelap agak mengilap dengan daging buah yang padat tapi terasa lembut saat di lidah. Citarasa alpukat pluwang ini gurih tapi ada sensasi rasa manisnya yang membuat kamu ketagihan.

 

Itulah beberapa jenis buah alpukat yang populer di Indonesia. Kamu sendiri lebih suka buah alpukat yang mana nih? Daripada bingung, lebih baik langsung santap salah satu rekomendasi di bawah ini yuk!

King Mango Thai

Foto King Mango Thai

Avocado Lovers

Foto Avocado Lovers
Foto Avocado Lovers

Kedai Kopi Kulo

Foto Kedai Kopi Kulo
Foto Kedai Kopi Kulo

Amigos Bar & Cantina

Foto Amigos Bar & Cantina
Foto Amigos Bar & Cantina

Gonzo's Tex Mex Grill

Foto Gonzo's Tex Mex Grill
Foto Gonzo's Tex Mex Grill
Foto Gonzo's Tex Mex Grill

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?