Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Sambal yang Cocok Disantap dengan Ayam Goreng

List Artikel
17 Desember 2022 | 0 Komentar

Sambal menjadi kuliner tambahan yang wajib tersaji di meja makan orang Indonesia. Tanpa sambal, rasanya santapan makanan akan terasa ada sesuatu yang kurang. Sambal merupakan kuliner khas Indonesia yang dibuat dari bahan dasar bawang, cabai, dan garam. Rasanya yang pedas bisa menambah nafsu makan seseorang sehingga banyak disantap sebagai pelengkap pada aneka kuliner khas Indonesia. Salah satu kuliner yang cocok disantap dengan sambal adalah ayam goreng tradisional yang dibumbui dengan bumbu kuning lalu digoreng hingga matang.


Ada banyak jenis sambal jika dilihat dari daerah asalnya dan juga bahan tambahannya. Dari sekian banyak varian sambal yang dimiliki oleh Indonesia, ada lima yang paling cocok jika dikonsumsi dengan ayam goreng, yuk cek ada jenis sambal apa saja!

 

1. Sambal Bawang



Sumber: Kumparan.com


Varian sambal pertama yang cocok disantap dengan ayam goreng adalah sambal bawang. Sambal bawang merupakan varian sambal yang basic dan sangat mudah untuk dibuat karena hanya menggunakan bahan dasar bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Sambal bawang bisa ditumis terlebih dahulu atau dilangsung disajikan setelah diulek. Sambal bawang memiliki aroma .wangi yang khas sehingga cocok disantap dengan ayam goreng. Rasanya juga cenderung lebih pedas jika dibandingkan varian sambal lainnya.


2. Sambal Terasi



Sumber: Sajiansedap.grid.id


Sambal terasi merupakan salah satu sambal yang juga cocok disantap dengan ayam goreng. Sambal ini memiliki ciri khas aroma terasi yang menyengat dan rasa yang dominan. Untuk bahan utama pembuatannya sudah pasti menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, garam, gula, dan pastinya terasi. Terasi dibuat dari bahan dasar udang atau ebi yang difermentasikan.

 

3. Sambal Tomat



Sumber: Goodminds.id


Selanjutnya ada sambal tomat yang cocok disantap dengan ayam goreng. Sambal tomat merupakan sambal yang dibuat dari bahan dasar bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah keriting, dan tomat. Penggunaan tomat di dalam sambal bisa menjadikan rasanya menjadi agak asam manis dengan sensasi segar. Biasanya sambal tomat ini akan diberi tambahan kemiri dan sedikit saja terasi untuk menambah kelezatannya. Selain cocok disantap dengan ayam goreng, sambal tomat juga cocok disantap dengan aneka ikan goreng yang garing.

 

4. Sambal Lado Mudo



Sumber: Yummy.co.id


Mendengar namanya saja, Teman Kuliner pasti sudah tahu kalau sambal ini asalnya dari daerah Sumatera Barat. Sambal ladomudo adalah sambal yang dibuat dari bahan dasar cabai hijau rawit dan cabai hijau keriting yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, tomat hijau, garam, dan sedikit perasan jeruk nipis atau jeruk limau. Sambal ladomudo atau yang juga dikenal dengan nama sambal ladoijo ini cocok disantap dengan ayam goreng saat menyantap nasi padang. Rasa dan aromanya sangat berbeda dengan sambal yang dibuat dari cabai merah sehingga menjadikannya punya ciri khas tersendiri.

 

5. Sambal Korek



Sumber: Masakapahariini.com


Varian sambal terakhir yang cocok disantap dengan ayam goreng adalah sambal korek. Sambal korek dibuat dari bahan yang sangat sederhana yakni bawang merah atau putih dan cabai rawit. Meski dibuat dari bahan yang sama, perbedaannya dengan sambal bawang adalah sambal korek ini bahan-bahannya tidak ditumis atau digoreng terlebih dahulu. Untuk menghilangkan aroma langu, maka sambal yang sudah diulek harus disiram dengan minyak panas. Biasanya minyak panas yang digunakan ini adalah minyak bekas menggoreng ayam sehingga aromanya jadi lebih wangi. Selain bekas menggoreng ayam, minyak bekas menggoreng ikan juga bisa digunakan untuk siraman sambal korek. Sambal korek memiliki rasa yang terbilang sangat pedas karena menggunakan cabai rawit saja alias tidak ada campuran cabai keritingnya.

 

Itulah beberapa varian sambal yang cocok untuk disantap dengan ayam goreng. Buat kamu pecinta pedas dan menyukai jenis sambal di atas, bisa mampir ke tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini ya!

Sambal Bakar Sultan

Foto Sambal Bakar Sultan
Foto Sambal Bakar Sultan
Foto Sambal Bakar Sultan

Sambal Bakar Mang Ujang

Foto Sambal Bakar Mang Ujang
Foto Sambal Bakar Mang Ujang
Foto Sambal Bakar Mang Ujang

Sambal Bakar Mbak Pur

Foto Sambal Bakar Mbak Pur
Foto Sambal Bakar Mbak Pur
Foto Sambal Bakar Mbak Pur

Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?