Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Varian Saus Pasta Berwarna Merah, Mana Favoritmu?

List Artikel
3 Juli 2022 | 0 Komentar

Pasta merupakan salah satu kuliner khas Italia yang sangat populer di dunia. Ketenaran pasta membuat kuliner yang satu ini dicintai semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pasta selalu disajikan dengan saus pasta. Saus pasta ini bisa disiram di atas pasta pada saat disajikan atau dimasak bersama dengan pasta. Ada beragam saus pasta, mulai dari yang berwarna hijau, putih, hingga merah. Dari ketiganya ini, saus pasta berwarna merah lebih banyak disukai karena memang tampilannya yang lebih menarik serta cita rasanya yang lezat. Warna merah pada saus pasta dihasilkan dari tomat yang merupakan salah satu bahan utama pembuatan saus pasta merah. Tapi tahukah kamu kalau saus pasta berwarna merah ini ada banyak sekali jenisnya. Untuk mengetahuinya, coba cek dulu yuk apa saja ragamnya!

 

1. Saus Bolognaise



Sumber: Taste.com


Saus pasta berwarna merah yang pertama adalah saus bolognaise. Saus ini menjadi saus pasta berwarna merah yang paling banyak digunakan. Saus bolognaise terbuat dari bawang bombay, bawang putih, tomat, pasta tomat, daging giling, dan herbs khas Italia seperti oregano dan basil. Cita rasa dari saus bolognaise ini cenderung gurih, sedikit asam, dan manis. Biasanya saus bolognaise digunakan pada pasta jenis spaghetti atau fettucini.

 

2. Saus Marinara



Sumber: Hips.hearstapps.com


Saus marinara memang kerap kali salah dikenali sebagai saus bolognaise. Perbedaan saus marinata ini tidak menggunakan daging cincang sama sekali. Sedangkan bahan-bahan yang digunakan adalah tomat segar, pasta tomat, bawang putih, minyak zaitun, dan basil. Sebenarnya saus marinara ini merupakan cikal bakal dari saus bolognaise. Jadi sebelum saus bolognaise, saus marinara sudah terlebih dahulu ada.

 

3. Saus Romano



Sumber: Thelemonsqueezy.com


Berikutnya ada saus romano. Saus romano ini juga merupakan saus pasta berwarna merah yang juga sama-sama dikatakan mirip dengan saus bolognaise dan saus marinara. Perbedaannya adalah pada komposisi bahan yang digunakan. Untuk saus romano, porsi kejunya memang lebih banyak digunakan dibanding saus bolognaise dan marinara. Sedangkan untuk bahan-bahan lainnya sama saja seperti ada tomat segar, pasta tomat, minyak zaitun, bawang putih, dan rempah.

 

4. Saus Puttanesca



Sumber: Simplyrecipes.com


Saus puttanesca menjadi salah satu saus pasta berwarna merah yang bahan utamanya tidak hanya dari tomat, melainkan juga dibuat dari paprika merah. Selain paprika merah, saus puttanesca ini juga menggunakan ikan teri, minyak zaitun, cuka balsamic, parsley, dan bunga capers. Cita rasanya pasti akan sangat berbeda bukan dengan saus pasta berwarna merah lainnya? Saus ini banyak digunakan untuk jenis pasta spaghetti.

 

5. Saus Amatriciana



Sumber: Foodnetwork.com


Terakhir ada saus amatriciana yang bagi masyarakat Indonesia masih terdengar asing. Saus amatriciana ini merupakan salah satu saus klasik khas Italia. Bahan-bahan utama yang digunakan adalah tomat, keju, minyak zaitun, dan guanciale. Guanciale ini adalah daging babi berbumbu khas Italia. Dengan menggunakan guanciale, maka sajian saus pasta merah akan terasa perbedaan rasanya dibanding saus pasta lainnya.

 

Itulah beberapa saus pasta berwarna merah yang bisa membuatmu ketagihan. Dari semuanya, kamu suka yang mana?

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Popolamama

Foto Popolamama
Foto Popolamama
Foto Popolamama

Pasta, Bitte!

Foto Pasta, Bitte!
Foto Pasta, Bitte!
Foto Pasta, Bitte!

Mamma Rosy

Foto Mamma Rosy
Foto Mamma Rosy
Foto Mamma Rosy

Toodz House

Foto Toodz House
Foto Toodz House
Foto Toodz House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?