6 Alasan Kamu Harus Makan Sayuran Hijau Setiap Hari!

1 Maret 2019 | 0 Komentar
Siapa di antara kamu yang tidak suka makan sayuran hijau? Pastinya ada banyak orang yang tidak suka dengan sayuran hijau ini. Penyebab utama orang tidak suka menyantap sayuran hijau adalah karena sayuran  hijau memiliki citarasa yang agak pahit dan berbau langu. Berbeda dengan sayuran berwarna lain seperti sayuran berwarna oranye dan merah yang cenderung memiliki cita rasa agak manis. Meski rasanya tidak enak, tapi sayuran hijau seperti pok coy, sawi hijau, brokoli, asparagus, brokoli, mentimun, hingga paprika hijau memiliki banyak manfaatnya untuk tubuhmu. Coba kita langsung kita lihat apa saja manfaat yang dimiliki sayuran hijau di bawah ini!


Sumber : Balanceblog.bistro.md

1. Membuat Rasa Kenyang Lebih lama
Sayuran hijau ternyata bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan sayuran hijau memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga sulit dicerna oleh usus. Dengan begitu, pencernaan jadi memiliki waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi serta vitamin yang ada pada sayuran hijau tersebut. Dengan begitu, kamu akan merasakan efek kenyang yang lebih lama.

2. Membuat Tulang dan Gigi Jadi Lebih Kuat
Sayuran hijau juga memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Contohnya saja pada sawi hijau seberat 190 gram, kamu bisa mendapatkan asupan kalsium hingga 266 mg. Jumlah ini bisa memenuhi kebutuhan kalsium tubuh setidaknya 25% per hari. Dengan tingginya asupan kalsium, maka tulang dan gigimu bisa menjadi lebih kuat. Berhubung sayuran hijau memiliki kandungan zat besi yang tinggi, maka kamu yang tidak bisa minum susu bisa memenuhi asupan kalsium dalam tubuh dengan menyantap sayuran hijau.

3. Membuat Jantung Jadi Lebih Sehat
Kandungan vitamin K1 atau phylloquinone pada sayuran hijau bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, orang-orang yang kekurangan vitamin K1 sangat rentan terkena LVH (left ventiricular hypertrophy) yang merupakan kelainan jantung berupa penebalan dinding ventrikel kiri jantung. Hal ini bisa berakibat jantung yang tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh dengan cara efektif.

4. Membantu Mencegah Kanker
Dalam sayuran hijau juga mengandung karotenoid berupa lutein dan zeaxanthin serta senyawa saponin dan flavonoid yang tergolong dalam senyawa antioksidan yang bisa melawan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Sayuran hijau juga merupakan makanan yang tidak mengandung pati sehingga bisa melindungi tubuh dari kanker kolorektal alias kanker usus besar dan rektum. 

5. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Sayuran hijau memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhmu. Terdapat senyawa bioaktif dalam sayuran hijau yang mampu menjaga sel-sel kekebalan dalam tubuh di kulit dan saluran pencernaan. Sel kekebalan tubuh yang dinamakan intra epithelial lymphocytes (IELS) dapat berfungsi untuk melindungi dan memperbaiki sel tubuh yang rusak.

6. Membuat Kulit Jadi Awet Muda
Memiliki kulit yang awet muda menjadi dambaan banyak perempuan. Dengan menyantap sayuran hijau, kamu bisa membuat kulit jadi kenyal dan kencang. Dalam sayuran hijau terdapat banyak kandungan vitamin A, C, zinc, dan mineral yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk sayuran hijau seperti brokoli, kamu juga akan mendapat asupan kandungan lutein dan zeaxanthin yang bisa melindungi kulitmu dari radikal bebas sehingga tidak cepat keriput.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
Manfaat terakhir yang didapat dari menyantap sayuran hijau adalah bisa membantu pembentukan sel darah merah. Ini dikarenakan adanya kandungan zat besi yang sangat tinggi sehingga bisa membentuk hemoglobin yang bisa mengikat senyawa pengikat oksigen dalam sel darah merah. Kekurangan zat besi bisa membuatmu merasa lemah, pusing dan tidak bertenaga. Konsumsi minimal 100 gram sayuran hijau setiap harinya supaya bisa memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

Setelah mengetahui beragam manfaat dari sayuran hijau, diharapkan kamu tidak lagi menolak untuk makan sayuran hijau lagi ya teman PergiKuliner. Sayuran hijau juga bisa diolah menjadi beberapa sajian makanan yang oke dan nikmat kok! Kamu tidak percaya? Langsung saja yuk coba beberapa referensi tempat makan di bawah ini!

Crunchaus Salads

SaladStop!

The Betawi Salad

Serasa Salad Bar

6Pack Salad Bar


Topik artikel ini: