Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Macam Bunsik, Makanan Cepat Saji Khas Korea

List Artikel
18 Januari 2016 | 0 Komentar

Jika selama ini kamu hanya tahu makanan cepat saji ala barat seperti burger, pizza, fried fries, dan sebagainya. Tahukah kamu bahwa Korea Selatan juga mempunyai makanan cepat saji? Makanan cepat saji versi Korea Selatan ini disebut dengan Bunsik. Bunsik merupakan makanan kaki lima yang bisa dengan mudah kamu temui di pinggir jalan.


Arti kata ‘bunsik’ sebenarnya adalah makanan yang terbuat dari tepung karena sekitar tahun 1960-an, Korea Selatan mengalami krisis padi atau beras sehingga pemerintah menyarankan alternatif pangan lain, yakni bunsik. Namun, seiring perkembangan zaman, bunsik mengalami pergeseran makna menjadi makanan cepat saji yang sering dijadikan snack. Berikut ada enam bunsik yang terkenal di Korea Selatan, yaitu:



1. Tteokbokki



Sumber: pergikuliner.com


Tteokbokki merupakan jenis kuliner yang terbuat dari kue beras yang diberi saus guchujang alias pasta cabai. Tteokkbokki biasanya disajikan bersama dengan telur rebus dan juga eomuk (fish cake). Citarasanya cukup pedas dan sangat cocok disantap saat cuaca sedang dingin.



2. Sundae



Sumber: koreandelicacy.wordpress.com


Kuliner non-halal ini terbuat dari bahan campuran darah babi. Sundae alias sosis darah ini bisa dimakan langsung setelah direbus atau biasanya dinikmati bersama dengan cocolan saus pedas tteokbokki.



3. Odeng



Sumber: ayookekorea.wordpress.com


Kuliner pinggir jalan ini terbuat dari eomuk (fish cake) yang ditusuk seperti sate dengan sosis ikan atau bakso ikan. Camilan tengah malam ini sangat pas disantap panas-panas bersama dengan kuahnya yang terbuat dari kaldu ikan teri.



4. Ramyun



Sumber: pergikuliner.com


Kalau ini kamu pasti sudah tahu. Ramyun alias ramen sangat populer hingga ke mancanegara. Konon, kalau kamu memakannya langsung dari panci berwarna emas, rasanya akan lebih lezat.



5. Mandu



Sumber: www.koreanbapsang.com


Jika China punya dimsum, Jepang punya gyoza, maka di Korea ada mandu. Mandu memang masuk dalam kategori dumpling yang pas disantap saat masih panas. Mandu memiliki banyak isian, mulai dari sayuran hingga daging. Mandu bisa dimasak dengan cara digoreng, dikukus, bahkan direbus untuk dijadikan sup.



6. Kimbab



Sumber: pergikuliner.com


Makanan yang mirip sushi gulung ini bisa kamu temukan di berbagai minimarket pinggir jalan. Kimbab ada yang berbentuk gulungan dan ada yang berbentuk segitiga. Penggemar kimbab biasanya anak sekolah dan kuliahan karena kuliner ini sangat praktis untuk dibawa dan dimakan di mana saja.

An.Nyeong

Foto An.Nyeong
Foto An.Nyeong
Foto An.Nyeong

Jjigae House

Foto Jjigae House
Foto Jjigae House
Foto Jjigae House

Born Ga

Foto Born Ga
Foto Born Ga
Foto Born Ga

Chung Gi Wa

Foto Chung Gi Wa
Foto Chung Gi Wa
Foto Chung Gi Wa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?