Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Buah Asli Indonesia yang Sulit Ditemukan di Negara Lain

List Artikel
26 April 2019 | 0 Komentar
Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Tidak hanya rempah-rempahnya saja, tapi juga buah-buahannya yang sangat banyak sekali. Inilah yang membuat buah-buahan yang ada di Indonesia memiliki harga yang terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan buah-buahan yang ada di negara lain. Dari sekian banyak buah-buahan yang ada di Indonesia, ternyata ada beberapa yang memiliki tampilan unik dengan cita rasa yang menarik dan tidak ditemukan di negara lain selain Indonesia, yaitu:

1. Kedondong



Sumber : Resepkoki.id


Buah pertama adalah kedondong. Buah ini memiliki bagian luar yang berwarna hijau kekuningan dengan bagian dalam buah berwarna putih. Buah kedondong memiliki cita rasa yang cukup asam meski sudah matang. Oleh karena itu buah ini lebih sering dijadikan sebagai salah satu campuran rujak yang disantap dengan cocolan sambal kacang yang pedas. Selain dijadikan rujak, buah ini sering dijadikan asinan.

2. Salak



Sumber : Titiknol.co.id


Dari segi tampilannya, buah yang satu ini tergolong sangat unik karena kulit buahnya memiliki bentuk seperti sisik ular. Kulit salak terbilang cukup tajam dan kasar dengan warna coklat kehitaman. Sedangkan bagian dalamnya berwarna putih kekuningan dengan tekstur yang cukup renyah. Buah ini banyak tumbuh di daerah Jawa dan Sumatera Selatan. Kamu bisa menyantap buah salak begitu saja, atau menjadikannya asinan buah.

3. Rambutan



Sumber : 1health.id


Rambutan menjadi buah yang bisa dengan mudah kamu jumpai di Indonesia karena beberapa penduduk Indonesia masih ada yang menanam buah ini di halaman rumahnya. Rambutan memiliki banyak jenis, seperti rambutan rapiah yang memiliki bentuk bulat kecil dengan tekstur kulit dan daging yang lebih keras dan tebal. Sementara untuk warnanya cenderung lebih hijau kekuningan. Meski demikian, cita rasanya super manis. Lalu ada rambutan si nyonya, rambutan binjai, dan rambutan antalagi yang kulitnya berwarna merah dengan cita rasa yang tidak terlalu manis.

 

4. Lahung



Sumber: : Malangtimes.com


Selanjutnya ada lahung, yang sekilas mirip dengan buah durian tapi ukurannya lebih kecil. Buah ini memiliki kulit yang cukup tajam dengan warna yang beragam mulai dari hijau, orange dan kuning. Pada bagian dalam buahnya juga memiliki warna yang beragam, mulai dari kuning hingga orange. Buah ini asli berasal dari Kalimantan dan sering dijuluki sebagai duriannya Kalimantan. Lahung memiliki cita rasa yang cukup manis jika telah matang.


5. Gandaria



Sumber : M.jitunews.com


Mendengar nama gandaria mengingatkan akan nama sebuah kawasan yang terletak di daerah Jakarta Selatan. Tapi gandaria di sini yang dimaksud adalah buah gandaria yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Buah gandaria memiliki tampilan luar yang berwarna kuning kehijauan. Sedangkan pada bagian dalamnya berwarna kekuningan dengan biji buah yang berwarna putih keunguan. Buah ini memiliki cita rasa yang cenderung asam manis sehingga sering digunakan untuk bahan rujak.


6. Gowok



Sumber : Life.108jakarta.com


Gowok merupakan buah khas Indonesia yang bisa ditemukan di pulau Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan. Buah ini tumbuh di hutan liar dan pekarangan rumah warga, jadi bisa dikatakan kalau gowok merupakan buah liar sehingga sulit ditemukan di pasar karena jarang penjual yang menjualnya. Bentuk luarnya meyerupai buah leci dengan tekstur kulit yang cukup keras dan berwarna merah tua kehitaman. Cita rasanya cenderung asam manis, tapi terasa segar di lidah.

 

7. Keledang



Sumber : Picpublic.com


Terakhir ada keledang yang merupakan buah langka yang hanya bisa ditemukan di pulau Kalimantan. Buah ini memiliki tampilan yang mirip dengan nangka dan cempedak karena memang masih satu kerabat. Pada bagian kulit luar keledang tergolong sangat keras, sedangkan bagian dalamnya alias daging buahnya tergolong cukup lembut dan kenyal dengan warna orange terang.

Nah, itu dia buah asli Indonesia yang sulit ditemukan di negara lain. Apa kamu pernah mencoba salah satunya? Mengetahui pentingnya buah untuk kesehatan, alangkah baiknya kamu mulai rajin menyantap aneka sajian buah-buahan tersebut ya. Jika tak mau repot mengolahnya, kamu bisa langsung membelinya di beberapa tempat di bawah ini!

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

Banainai

Foto Banainai
Foto Banainai
Foto Banainai

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Jamba Juice

Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?