Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Jenis Keju Yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
14 September 2022 | 0 Komentar
Keju merupakan makanan olahan yang terbuat dari susu fermentasi. Seiring dengan perkembangannya, keju tidak hanya menjadi bahan pelengkap pada makanan tetapi keberadaannya kini seperti makanan primer yang selalu dicari banyak orang. Berkat kecanggihan teknologi pula, kini jenis-jenis keju pun kian beragam. Berdasarkan bahan dasarnya yakni susu, keju dapat dibuat dari susu sapi, kambing, domba, maupun kerbau. Sedangkan berdasarkan teksturnya, keju dapat dikategorikan menjadi dua jenis yaitu ada keju lunak atau soft cheese, dan keju keras atau hard cheese. Berikut ini adalah jenis-jenis keju yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia: 


Sumber: Alodokter.com

1. Ricotta 

Sumber: Thespruceeats.com

Keju ricotta merupakan jenis keju yang berasal dari Italia. Ia termasuk jenis keju lunak karena teksturnya yang sangat lembut dan rapuh. Bahan dasarnya yang terbuat dari susu sapi, membuat keju ini memiliki kadar lemak yang cukup tinggi yakni 65%. Tetapi kegurihan dan kelezatan rasanya tidak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu, keju jenis ini sering dijadikan campuran bahan makanan seperti spaghetti dan lasagna. 

2. Parmesan 

Sumber: Shutterstock.com

Siapa yang tidak mengenal keju parmesan? Rasanya yang begitu gurih dan sedikit manis ini biasanya sering dijadikan keju parut ataupun ditaburkan di atas pizza. Pada awalnya, keju ini diproduksi di kota Parma, Italia. Itulah mengapa namanya menjadi keju parmesan. Keju ini termasuk keju keras dan aroma keju parmesan begitu harum dan pekat, namun kandungan lemaknya juga tinggi mencapai 61%. 

3. Cream Cheese 

Sumber: Onceuponachef.com

Berbeda dengan keju sebelumnya, cream cheese atau keju krim ini memiliki rasa yang agak asam. Biasanya keju jenis ini digunakan untuk campuran dessert atau pastry seperti cheese cake, fla pudding, atau kue pie. Seiring perkembangannya, keju ini digolongkan menjadi dua macam yakni double cheese cream dengan kadar lemak mencapai 65% dan single cream cheese dimana kadar lemaknya hanya 45%. 

4. Edam 

Sumber: Luluhypermarket.com

Berlanjut ke negara Belanda, ada juga jenis keju edam yang terkenal di sana. Keju edam memiliki aroma yang sangat mirip dengan aroma kacang. Ia dikategorikan sebagai keju keras dengan kadar lemak mencapai 40%. Keju edam sering pula dijadikan bahan campuran pada beberapa makanan seperti dalam pembuatan kue kering atau cookie

5. Mozzarella 

Sumber: Seriouseats.com

Kalau keju yang ini pasti semua sudah pada tahu, bukan? Ya, keju mozzarella merupakan jenis keju yang berbahan dasar susu kerbau dan berasal dari negara Italia. Keju ini dikenal sebagai keju lunak dengan kandungan lemak mencapai 40% hingga 50%. Keju ini menjadi begitu terkenal seiring dengan populernya pizza di kalangan masyarakat. Siapa yang tidak mengetahui jika lezatnya seloyang pizza ternyata berasal dari campuran keju mozzarella yang telah dilelehkan. 

6. Cheddar 

Sumber: Freepik.com

Kali ini ada keju cheddar yang berasal dari Inggris dengan kandungan lemak yaitu 48%. Seperti keju mozzarella, keju ini pun sangat terkenal dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai negara. Berkat rasanya yang tidak terlalu gurih dan aromanya yang tidak begitu tajam membuat keju ini akhirnya dipilih sebagai bahan campuran makanan terfavorit diantara keju lainnya. beirkut jenis makanan yang biasa dipadukan dengan keju cheddar yaitu roti tawar, sandwich, dan salad. 

7. Emmenthal 

Sumber: Greedygourmet.com

Terakhir, ada keju emmenthal yakni jenis keju keras yang berasal dari Swiss. Tidak kalah populer dengan keju sebelumnya, keju emmenthal juga sangat digemari oleh masyarakat luas. kalau kamu sering nonton Tom and Jerry maka kamu pasti mengenal keju emmenthal ini. Ia memiliki tampilan yang khas yakni ketika dipotong akan terlihat lubang-lubang pada permukaan keju. Keju emmenthal ini sangat cocok dijadikan teman minum anggur atau disandingkan dengan sup atau kue.

Hokkaido Baked Cheese Tart

Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Mike Pizza

Foto Mike Pizza
Foto Mike Pizza
Foto Mike Pizza

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?