Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Makanan Khas Sulawesi yang Enaknya Bikin Ketagihan

List Artikel
3 Oktober 2017 | 0 Komentar

Sulawesi merupakan pulau ke-empat terbesar di Indonesia setelah Papua, Kalimantan, dan Sumatera. Sedangkan di dunia, Sulawesi masuk dalam deretan pulau ke-11 terbesar di dunia. Sulawesi yang terdiri dari enam provinsi yakni, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Gorontalo ini memiliki aneka makanan tradisional yang rasanya sangat khas. Sebagian besar dari makanan khas Sulawesi ini terdiri dari sop karena masyarakat Sulawesi sangat suka makanan yang berkuah. Nah, penasaran apa saja? PergiKuliner sudah merangkum tujuh makanan khas Sulawesi yang enak dan bikin ketagihan:


1. Coto Makassar


Sumber : pergikuliner.com


Coto Makassar menjadi makanan khas Sulawesi yang paling terkenal di Indonesia. Coto Makassar terbuat dari daging sapi dan jeroan yang direbus dalam waktu yang cukup lama dengan kacang tanah yang telah dihaluskan. Air yang digunakan untuk rebusan ini bukanlah air sembarangan, tapi air yang sudah digunakan untuk mencuci beras. Coto Makassar disantap saat masih hangat bersama dengan ketupat atau buras.


2. Sop Konro


Sumber : pergikuliner.com


Selain coto Makassar, ada sop konro yang juga sangat terkenal di Indonesia. Sop konro adalah sop iga sapi yang berasal percampuran makanan Bugis dan Makassar. Selain menggunakan iga sapi, sop konro juga ditambahkan dengan daging sapi. Warnanya sangat gelap berasal dari buah kluwek. Rasanya sangat kuat dan wangi karena ada banyak rempah seperti jahe, lengkuas, kayu manis, kapulaga, asam jawa, kunyit, kemiri, ketumbar, dan jinten yang digunakan.


3. Bubur Manado


Sumber : tokomesin.com


Bubur Manado memiliki tampilan serta rasa yang cukup berbeda dibandingkan dengan bubur gurih Indonesia kebanyakan. Bubur Manado ini terbuat dari bahan baku beras, labu kuning, ubi, jagung manis, bayam, kangkung, dan juga kemangi. Banyaknya sayuran yang digunakan untuk campurannya membuat bubur Manado kaya akan gizi, mineral, dan juga protein. Bubur Manado ini sangat diminati oleh para vegetarian sebagai menu sarapan.


4. Mie Titi


Sumber : hellomakassar.com


Jika di Aceh ada mie Aceh, di Sulawesi ada mie titi yang sudah sangat populer sejak tahun 70-an. Ciri khas dari mie titi ini adalah penggunaan mie kering yang lebih tipis dari mie biasa. Mie titi disajikan bersama dengan kuah kental yang mirip capcay dengan irisan daging ayam, hati, cumi, udang, dan jamur. Tekstur krispi dari mie yang bercampur dengan kentalnya kuah, mampu membuat makanan ini jadi favorit untuk disantap saat malam hari.


5. Kapurung


Sumber : oktaviani.blogspot.co.id 


Kapurung yang berasal dari Luwu ini terbuat dari tepung sagu yang dibumbui dengan aneka rempah, cabai rawit, dan perasan air jeruk limau. Kapurung lalu dimasak dengan potongan terong ungu, kangkung, pakis, dan daun katuk hingga matang. Rasanya sangat unik dan berbeda dengan sop kebanyakan.


6. Sop Saudara


Sumber : infopublik.id


Sop saudara merupakan makanan berkuah khas Pangkep yang lebih banyak dijumpai di Makassar. Sop saudara ini terbuat dari daging sapi yang dimasak hingga matang lalu ditambahkan aneka bumbu rempah, bihun, kentang goreng yang dibentuk bola-bola kecil, serta paru goreng. Sop saudara akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih, ikan bakar, dan telur rebus.


7. Pallu Basa


Sumber : tripadvisor.com 


Dari segi tampilan, pallu basa memang mirip dengan sop konro karena warna kuahnya yang gelap. Pallu basa dibuat dari daging dan jeroan sapi yang dimasak dengan santan kental dan kelapa parut sangrai sehingga rasanya sangat gurih dan aromanya sangat wangi. Pallu basa disajikan dengan telur mentah dan nasi putih hangat.


Itu dia beberapa makanan khas Sulawesi yang pasti rasanya mampu membuat kamu ketagihan banget. Kalau teman PergiKuliner belum pernah makan makanan khas Sulawesi, kamu nggak perlu khawatir untuk jauh-jauh menikmati makanan tersebut di Sulawesi ya, karena PergiKuliner sudah punya rekomendasi tempat makan dimana kamu bisa menikmati makanan khas Sulawesi di Jakarta. Yuk, di cek di bawah ini!

Mamink Daeng Tata

Foto Mamink Daeng Tata
Foto Mamink Daeng Tata

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Bumbu Den

Foto Bumbu Den

Sop Konro Karebosi

Foto Sop Konro Karebosi
Foto Sop Konro Karebosi
Foto Sop Konro Karebosi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?