Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

List Artikel
30 Juni 2021 | 0 Komentar

Mengonsumsi buah sirsak sebagai sumber nutrisi yang ideal pasti sudah biasa, khususnya bagi penggemar buah asam tentu akan menyukai buah yang memiliki rasa asam kecut nan menyegarkan ini. Namun kalau mengonsumsi daun sirsak, apakah kamu sudah pernah mencobanya? Mungkin bagi sebagian orang akan enggan untuk mengonsumsinya karena rasanya yang pahit dan sedikit getir di lidah. Akan tetapi, di dalam daunnya ternyata tersimpan manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang begitu melimpah. 


Daun sirsak dapat dikonsumsi sebagai teh maupun sebagai bahan dasar pembuatan suplemen. Kira-kira apa saja manfaat daun sirsak untuk kesehatan ya? Bagaimana cara mengolahnya agar aman untuk dikonsumsi? Mari cari tahu selengkapnya di bawah ini yuk!



sumber: timescaribbeanonline.com


Manfaat Daun Sirsak Menurut Ilmu Kedokteran

Daun sirsak dipercaya dapat mencegah bahkan menyembuhkan berbagai penyakit kronis. Itulah mengapa daun sirsak juga dapat digunakan sebagai pengobatan herbal yang mudah didapat. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya mengenai manfaat daun sirsak menurut ilmu kedokteran:


1. Mencegah Kanker

Daun sirsak diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan daun sirsak memiliki kandungan acetogenin yang sangat tinggi. Acetogenin merupakan salah satu senyawa aktif yang bersifat sitotoksik di dalam tubuh dan bekerja dengan menghambat pertumbuhan se-sel kanker dan tumor. Sel kanker membutuhkan banyak energi untuk berkembang, sementara senyawa ini bekerja secara aktif menyerang sel-sel abnormal dalam tubuh, contohnya seperti sel kanker.


2. Menurunkan Kolesterol

Menurut ilmu kedokteran, daun sirsak juga terbukti ampuh dalam menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Dengan kandungan antioksidan yang dimiliki daun sirsak maka tubuh dapat menstimulasi pelepasan hormon insulin yang berguna untuk mengubah gula menjadi energi. Jika kadar gula dalam darah naik maka bisa mengakibatkan kerusakan pada saraf, darah dan organ vital. Bahkan yang paling fatal adalah meningkatkan resiko terjadinya gagal ginjal dan penyakit kardiovaskular seperti jantung.


3. Mengobati Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit radang sendi yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini bisa terjadi pada sendi manapun termasuk di pergelangan kaki, jari kaki, lutut, namun yang paling sering biasanya di jempol kaki. Dengan mengonsumsi daun sirsak secara rutin maka penyakit ini dapat dicegah karena kandungan daun sirsak mampu mencegah penumpukan kristal asam urat dan nyeri sendi.


4. Menyembuhkan Sariawan

Pada umumnya, sariawan sering terjadi karena kebersihan mulut yang kurang terjaga. Sehingga mudah terinfeksi oleh jamur atau bakteri yang kemudian menimbulkan peradangan di mulut. Sariawan dapat diobati dengan meminum air rebusan daun sirsak. Hal ini dikarenakan kandungan daun sirsak memiliki kemampuan dalam mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur Streptoccus yang kerap berkembang di dalam mulut apabila kita tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik.


5. Mengatasi Insomnia

Sering mengalami insomnia atau gangguan sulit tidur? Biasanya penderita gangguan tidur ini kerap terbangun di tengah malam atau bangun sangat pagi dengan kondisi tubuh yang lelah. Apabila dibiarkan berkepanjangan, penderita insomnia dapat mengalami beberapa gangguan kesehatan lainnya seperti lemahnya sistem imun tubuh, tekanan darah tinggi, gangguan pernapasan hingga penyakit jantung. Atasi insomnia dengan mengonsumsi segelas teh daun sirsak setiap malam sebelum tidur. Daun sirsak dipercaya memiliki sifat obat penenang, membantu meredakan stres dan membuat tidur lebih nyenyak.


6. Menghilangkan Kutu dan Ketombe

Secara tradisional, daun sirsak sudah digunakan sebagai obat untuk membasmi kutu dan ketombe yang menempel di kulit kepala. Karena kandungan daun sirsak memiliki sifat yang sangat beracun bagi serangga dan parasit. Untuk itulah, kandungan daun sirsak dari air rebusannya sering digunakan untuk mengatasi masalah ini. Gunakan air rebusan daun sirsak selagi mencuci rambut atau sebelum keramas setiap pagi.


7. Meningkatkan Kesuburan

Kabar gembira bagi kamu yang sedang merencanakan program kehamilan dengan pasangan, karena mengonsumsi daun sirsak ternyata dapat meningkatkan kesuburan pada sistem reproduksi. Baik itu pria maupun wanita yang mengonsumsinya. Selain itu, konsumsi daun sirsak secara rutin juga dapat melancarkan siklus menstruasi dan menjaga kesehatan Rahim bagi wanita. Untuk merasakan manfaat kandungan daun sirsak, kamu dapat mengonsumsi teh daun sirsak setiap pagi dengan cara merebus 15 daun sirsak yang agak tua dengan 5 gelas air. Tunggu hingga airnya berubah warna dan berkurang menjadi setengah saja.


8. Menghilangkan Jerawat

Selain berkhasiat untuk kesehatan, kandungan daun sirsak ternyata juga memiliki khasiat yang bagus untuk kecantikan. Manfaat daun sirsak untuk kecantikan salah satunya adalah bisa menghilangkan jerawat di wajah. Kandungan daun sirsak diketahui mampu membunuh bakteri dan mengatasi peradangan jerawat. Selain itu, jika digunakan sebagai masker wajah maka daun sirsak juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan komedo, mencerahkan kulit wajah, serta mencegah penuaan dini. Cara menggunakan daun sirsak sebagai masker wajah yaitu tumbuk daun sirsak sebanyak 3 lembar sampai halus, kemudian campurkan madu dan perasan jeruk lemon secukupnya. Setelah itu, olehkan pada wajah sembari dipijat dengan lembut. Tunggu hingga masker mengering selama 20 menit lalu bilas wajah dengan air bersih. 


Cara Mengonsumsi Daun Sirsak



Sumber: Organicfacts.net


Setelah mengetahui manfaat daun sirsak yang luar biasa, kamu tentu perlu mengetahui cara mengonsumsi daun sirsak yang benar agar manfaatnya dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Cara merebus daun sirsak untuk pengobatan herbal sebenarnya sangat simpel dan mudah. Pertama cuci bersih daun sirsak menggunakan air dingin, rebus daun sirsak sebanyak 10 sampai 15 lembar dengan 3 gelas air. Tunggu hingga airnya mendidih dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Air rebusan daun sirsak dapat diminum selagi hangat maupun dingin. Konsumsi secara rutin setiap pagi agar hasilnya maksimal.


Mengonsumsi daun sirsak atau suplemennya memang dapat membantu meningkatkan kesehatan serta melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Namun kembali lagi, perlu diperhatikan juga jumlah dan cara pengolahannya karena beberapa kandungan pada daun sirsak mungkin bisa beresiko bagi kesehatan tubuh. Alangkah baiknya jika Teman Kuliner berkosultasi dahulu dengan dokter terpercaya untuk meminimalisir resiko tersebut. Semoga artikel mengenai manfaat daun sirsak ini bisa membantu menambah referensimu ya!

Serasa Salad Bar

Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Salad Bar by Hadi Kitchen

Foto Salad Bar by Hadi Kitchen
Foto Salad Bar by Hadi Kitchen
Foto Salad Bar by Hadi Kitchen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?