Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Alasan Jamur Truffle Mahal, Jamurnya Anak Sultan Nih!

List Artikel
5 Oktober 2021 | 0 Komentar

Kamu mungkin pernah mendengar atau bahkan mencicipi jamur truffle. Jamur ini dikenal sebagai salah satu makanan yang harganya termasuk fantastis. Bahkan jamur ini diklaim sebagai jamur termahal di dunia, dimana harganya bisa mencapai jutaan rupiah per gramnya. Alasan jamur truffle mahal,  tentu saja karena jamur ini tergolong langka dan sulit dicari. Berbeda dengan jenis jamur lainnya, seperti jamur tiram, jamur kuping dan jamur shirataki. Jamur truffle tidak tumbuh di atas tanah, melainkan jamur ini hidup di akar-akar pohon yang berdiameter 5 sampai 10 sentimeter di bawah tanah. Selain itu, dibutuhkan keahlian dan alat khusus untuk mencari keberadaan jamur truffle ini. Tak jarang juga, para pencari jamur truffle turut mengerahkan hewan khusus untuk menemukan jamur ini dengan cara mengendusnya.



Sumber: Panennews.com


Selain itu, alasan lainnya mengapa jamur truffle mahal, karena mereka mampu memberikan cita rasa yang elegan pada hidangan mewah. Setiap jamur truffle biasanya memiliki rasa yang berbeda. Hal ini bergantung pada cuaca, jenis akar pohon, dan bakteri yang hidup di dalamnya. Ada dua jenis jamur truffle yang memiliki harga termahal di pasaran, yaitu truffle hitam dan truffle putih. Truffle hitam biasanya tumbuh di wilayah Perigord, barat daya Prancis. Sedangkan, truffle hitam banyak ditemui di wilayah Piedmont, Italia Utara. Untuk harganya sendiri, truffle hitam dibanderol 5,5juta per 450 gram, sedangkan truffle putih bisa mencapai 30 juta per 450 gramnya.



Sumber: Girlgonegourmet.com


Manfaat Jamur Truffle

Jamur truffle mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat lengkap di dalamnya. Diantaranya jamur truffle mengandung karbohidrat, protein, serat, lemak tak jenuh, vitamin C, magnesium, zat besi dan fosfor. Begitu lengkapnya kandungan nutrisi pada jamur truffle, sehingga tak heran jika manfaat jamur truffle untuk kesehatan pun sangat baik apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Berikut adalah beberapa manfaat jamur truffle untuk kesehatan yang harus kamu ketahui:


1. Mencegah Kanker

Jamur truffle mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang cukup ampuh dalam mencegah penyebaran kanker. Bahkan manfaat ini juga telah didukung dengan penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa yang diekstraksi dari jamur truffle dapat membantu membunuh sel kanker payudara dan usus besar, serta tumor hati. Selain itu, penelitian lannya menemukan bahwa hasil ekstraksi dari truffle hitam dan truffle putih memiliki efek antikanker, khususnya pada kanker serviks, payudara dan usus besar. Tak hanya kanker, jamur truffle pun dapat menurunkan resiko terkena penyakit kronis lainnya.


2. Meningkatkan Nafsu Makan

Tidak nafsu makan biasanya dialami ketika orang sedang sakit atau stres berlebihan. Namun tidak nafsu juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lainnya, seperti terinfeksi oleh virus dan bakteri, konsumsi obat-obatan tertentu hingga gangguan pencernaan. Jika nafsu makan menurun, maka tubuh akan merasa lemas dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas. Pada kasus tertentu, tidak nafsu makan yang terjadi terus menerus dapat membuat seseorang kehilangan berat badan secara drastis. Salah satu manfaat jamur truffle ialah mampu membangkitkan nafsu makan. Konsumsi jamur truffle dapat meningkatkan andrenalin dalam tubuh, sehingga tubuh mudah berkeringat dan nafsu makan meningkat.


3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah gangguan pada organ vital jantung yang dapat mematikan. Ada berbagai jenis penyakit jantung yang paling umum dialami orang, seperti jantung koroner, aritmia, dan penyakit jantung bawaan. Sayangnya, masih banyak orang tidak menyadari dirinya tengah mengalami gejala penyakit jantung, karena gejalanya mirip gangguan pernapasan biasa. Padahal penyakit ini tidak boleh dianggap sepele dan jika dibiarkan bisa berujung dengan kematian. Cegah penyakit jantung dengan konsumsi jamur truffle. Makanan ini kandungan yang dapat mengontrol kadar kolesterol dan membersihkan saluran darah dalam arteri, sehingga resiko terkena penyakit jantung dapat diminimalisir.


4. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang penting bagi tubuh kita. Namun, jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, maka kolesterol dapat menumpuk dalam darah dan menimbulkan berbagai komplikasi serius. Contohnya seperti penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, kadar kolesterol dalam darah perlu dikontrol dengan cara melakukan pola hidup serta mengonsumsi makanan bergizi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jamur truffle. Jamur ini yang mengandung lemak tak jenuh dan asam amino yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat agar tetap seimbang.


5. Mengurangi Tingkat Stres

Tekanan pekerjaan dan ambisi dapat menjadi salah satu penyebab orang mengalami stres. Stres sendiri adalah kondisi psikologis dan fisik seseorang ketika menghadapi situasi yang berbahaya. Seperti perasaan cemas dan mudah gelisah. Meski terdengar sepele dan sering dialami, namun jika stres berkepanjangan tentu dapat mengganggu kesehatan fisik. Ketika mengalami stres biasanya seseorang akan cenderung melampiaskannya ke makanan. Jamur truffle adalah pilihan makanan yang tepat untuk mengatasi stres. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam jamur truffle dipercaya ampuh dalam meredakan stres ketika seseorang mengonsumsinya. Selan itu, kandungan jamur truffle juga dapat mengontrol perkembangan hormon dalam tubuh, sehingga dapat berfungsi juga sebagai makanan anti stres bahkan anti depresi. 


Itu dia alasan mengapa jamur truffle menjadi jamurnya anak Sultan. Kalau dari manfaatnya sih, tidak heran ya harga jamur truffle bisa melambung tinggi. Di Jakarta, Teman Kuliner bisa menemukan aneka makanan dengan jamur truffle di restoran-restoran mewah seperti restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

BAE by Socieaty

Foto BAE by Socieaty
Foto BAE by Socieaty
Foto BAE by Socieaty

Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski

Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski
Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski
Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski

Social Affair Coffee & Baked House

Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House

Caffe Milano

Foto Caffe Milano
Foto Caffe Milano
Foto Caffe Milano

Bottega Ristorante

Foto Bottega Ristorante
Foto Bottega Ristorante
Foto Bottega Ristorante

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?