Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tahu yang Bikin Kamu Ketagihan!

List Artikel
13 Juni 2019 | 0 Komentar
Bagi masyarakat Indonesia, selain tempe, tahu menjadi salah satu makanan yang murah meriah sehingga bisa disantap semua kalangan, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Meski harganya murah, tapi tahu memiliki nilai gizi yang sangat tinggi karena di dalamnya terdapat protein nabati yang sangat bagus untuk tubuh. Ada banyak sekali jenis tahu yang ada dan dijual di Indonesia, mulai dari tahu putih, tahu sutera, tahu kuning, tahu cokelat, hingga tahu sumedang. Berhubung ada banyak sekali jenis tahu yang ada di Indonesia, maka sudah pasti ada banyak pula jenis olahan tahu. Buat kamu yang suka nyemil, PergiKuliner punya aneka kudapan berbahan dasar tahu yang bisa bikin kamu ketagihan terus, yaitu:

 

Bakso Tahu


Sumber : Eatsfun.wordpress.com


Pertama ada bakso tahu yang sesuai dengan namanya merupakan kuliner perpaduan dari tahu dan bakso. Cemilan khas Semarang ini bisa kamu temukan dalam bentuk beku karena lebih banyak dijual sebagai oleh-oleh khas Semarang. Tahu yang digunakan untuk bakso tahu ini merupakan jenis tahu cokelat. Kamu bisa menyantap bakso tahu dengan cabai rawit atau cocolan saus sambal.

Lumpia Tahu



Sumber : Diahdidi.com


Kudapan berikutnya ada lumpia tahu yang dibuat dari tahu putih yang dihancurkan kemudian diberi tambahan jamur, daun bawang, daun seledri, merica, garam dan telur yang kemudian diletakkan di atas kulit lumpia lalu digulung dan dibentuk panjang kemudian baru digoreng hingga kecoklatan. Lumpia tahu ini sebenarnya sama saja dengan martabak telur, perbedaannya hanyalah dari segi bentuknya saja. Untuk martabak telur bentuknya lebih kotak segi empat.

 

Tahu Gejrot


Sumber : Gotravelly.com


Kalau kudapan yang satu ini sudah pasti kamu kenal. Tahu gejrot yang berasal dari Cirebon ini merupakan kudapan yang terbuat dari bahan dasar tahu sumedang. Tahu sumedang yang sudah dipotong-potong ini kemudian diberi bumbu bawang putih, cabai rawit dan air asam sehingga cita rasanya menjadi lebih pedas, asam dan gurih. Kamu bisa menemukan pedagang tahu gejrot di pinggir jalan karena tahu gejrot termasuk jajanan kaki lima.  

Tahu Brintik



Sumber : Tahubrintik.wordpress.com


Pernah mencoba tahu brintik? Tahu brintik merupakan jajanan yang dibuat dari bahan utama tahu yang dihancurkan lalu diberi tambahan tepung beras, tepung tapioka, bawang putih, merica, dan garam. Jika semua bahan sudah tercampur dengan rata, maka kamu bisa menggorengnya dalam minyak panas hingga matang. Saat disajikan, tahu brintik ini bisa disantap dengan saus sambal dan mayonaise.

Stik Tahu



Sumber : Cookpad.com


Terakhir ada kudapan yang saat ini sedang banyak digemari yakni stik tahu. Tidak seperti kudapan tahu lainnya yang cocok disantap panas-panas, stik tahu ini justru disajikan dalam keadaan tidak panas karena kebanyakan stik tahu dijual dalam bentuk kemasan. Stik tahu ini juga bisa awet dan tahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup. Kamu bisa menemukan stik tahu dengan mudah di pusat oleh-oleh daerah karena banyak dijual sebagai oleh-oleh.

Itulah beberapa kudapan berbahan dasar tahu yang cocok untuk cemilanmu kali ini. Selain kelima kudapan di atas, menurut kamu masih ada lagi tidak kudapan dari tahu lainnya?

Dapur Solo

Foto Dapur Solo

Tahu Kriuk Yes

Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes

Aromanis

Foto Aromanis

Kupat Tahu Gempol

Foto Kupat Tahu Gempol

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?