Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Apa Sih Perbedaan Pecel, Gado-gado, dan Karedok?

List Artikel
30 Juni 2017 | 0 Komentar

Kamu penyuka kuliner tradisional Indonesia? Tentunya sudah kenal dengan penggunaan bumbu kacang yang banyak kamu temui pada makanan Indonesia. Sebut saja sate yang terbuat dari daging ayam yang ditusuk lalu dibakar kemudian diolesi saus kacang. Nah, selain sate, ada juga nih kuliner Indonesia yang menggunakan bumbu kacang seperti pecel, gado-gado, dan karedok. Ada banyak orang yang tidak tahu bahkan tidak bisa membedakan pecel, gado-gado, dan karedok. Kenapa? Karena ketiganya sama-sama menggunakan sayuran dan bumbu kacang yang mirip sehingga susah untuk dibedakan. Meski sama-sama menggunakan sayuran dan bumbu kacang, tapi ketiga sangat berbeda lho guys. Ingin tahu perbedaannya? Yuk lihat!

 

Gado-gado



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner yang satu ini sering sekali dijuluki sebagai saladnya orang Indonesia. Gado-gado merupakan kuliner khas Jakarta yang terbuat dari aneka sayuran seperti kacang panjang, kangkung, bayam, kol, tauge, labu, pare, dan kentang yang direbus. Selain itu ada telur, kentang, tahu, dan tempe. Semua bahan dipotong-potong lalu disiram dengan bumbu kacang yang dibuat dari kacang tanah goreng, terasi, cabai, bawang putih, yang diulek halus dan diberi air asam jawa. Bumbu gado-gado terasa lebih legit dan kental dibanding bumbu pecel dan karedok. Warnanya juga lebih pucat. Gado-gado disajikan bersama dengan lontong, taburan bawang goreng, dan emping.

 

Pecel



Sumber: pergikuliner.com


Lain halnya dengan pecel yang berasal dari Jawa Timur ini. Meski sama-sama menggunakan sayuran matang dan bumbu kacang, tapi ternyata ada banyak perbedaan antara pecel dan gado-gado ini lho. Sayuran yang digunakan pecel tidak sebanyak gado-gado. Pecel hanya menggunakan sayuran kangkung, tauge, kol, bayam, serta tambahan daun kemangi dan daun singkong yang tidak ada pada gado-gado. Sedangkan bumbu pecelnya memang sama dengan gado-gado, hanya saja pecel diberi tambahan kencur serta daun jeruk purut sehingga aromanya jadi sangat berbeda dengan bumbu gado-gado. Bumbu kacang yang ada pada pecel ini juga merupakan bumbu matang alias ditumis terlebih dahulu. Untuk penyajiannya, pecel biasa disajikan dengan nasi sehingga sering dinamakan nasi pecel serta tambahan rempeyek khas Jawa Timur.  

 

Karedok



Sumber: pergikuliner.com


Jika kedua kuliner di atas menggunakan sayuran matang yang sudah direbus atau dikukus terlebih dahulu sebagai bahan bakunya, karedok yang berasal dari Jawa Barat ini menggunakan sayuran yang masih mentah sehingga teksurnya lebih garing. Sayuran yang ada pada karedok adalah kacang panjang, terong hijau, tauge, kol, mentimun, dan daun kemangi. Untuk bumbu kacangnya hampir mirip dengan bumbu kacang yang digunakan pada gado-gado, hanya saja pada karedok ada tambahan kencur dan perasan air jeruk limau sehingga rasanya jadi lebih segar dan aromanya lebih wangi.


Nah, sudah tau kan perbedannya? Sekarang waktunya kamu nikmatin gado-gado, pecel dan karedok di tempat makan yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Kafe Betawi

Foto Kafe Betawi

Pecel Madiun

Foto Pecel Madiun

Gado - Gado Ulek Ibu Noni

Foto Gado - Gado Ulek Ibu Noni

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara

Gado - Gado AA

Foto Gado - Gado AA

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?